Panduan Lengkap Cara Budidaya dan Merawat Kura-Kura Brazil Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Budidaya dan Merawat Kura-Kura Brazil Bagi Pemula – Kura-kura brazil atau kura-kura red ear slider (trachemys scripta elegans) adal;ah jenis kura-kura yang berasal dari bab selatan Amerika Serikat, mempunyai warna tempurung adonan antara hijau dan kuning. Karena termasuk binatang air, jari-jari kaki belakang dihubungkan oleh selaput menyerupai bebek.


Untuk membedakan kura-kura brazil dengan jenis pseudemys lain sangat gampang dibedakan oleh rahang bawahnya, kura-kura brazil mempunyai rahang bawah yang lebih lingkaran sedangkan jenis pseudemys lebih kotak.


Sedangkan untuk membedakan kura-kura brazil jantan dan betina sanggup dilihat dari fisiknya yaitu kura-kura brazil jantan mempunyai cakar yang lebih panjang di kaki depannya. sedangkan kloaka pada betina lebih bersahabat ke tempurungnya daripada jantan.


Cara Budidaya dan Merawat Kura-Kura Brazil


Persiapan Tempat Budidaya Kura-Kura Brazil


Ada 2 bak yang perlu disiapkan untuk melaksanakan budidaya kura-kura brazil ini yaitu bak wadah kura-kura dan bak tempat pemijahan.


Kolam wadah kura-kura yang perlu disiapkan harus berukuran yang besar atau luas yaitu enam kali lipat besar kura-kura. Selain itu, bak juga harus terdapat dua lingkungan di dalam bak yaitu daratan seluas 10% dari bak dan sisanya (90%) untuk lingkungan berair atau perairan.


Sedangkan bak pemijahan dibentuk dengan ukuran 2×3 meter. pada bab tengah bak ini perlu dipasang sekat yang membagi bak menjadi kawasan daratan pasir dan air. Sekat ini berkhasiat menghalangi air supaya tidak tercampur dengan pasir alasannya yaitu pasir harus selalu dalam keadaan kering. Selain itu, usahakan kura-kura sanggup mencapai daratan untuk meletakkan telur-telurnya. Di atas daratan, diberi lampu bohlam 10 watt dengan jarak lampu dengan pasir yaitu sekitar 10 cm.


Memilih Indukan Kura-Kura Brazil


Pilihlah indukan kura-kura yang sehat dengan ciri-ciri mempunyai ukuran badan yang gemuk dan juga tempurungnya bersih, serta telah berumur sekitar 2 tahun.


Pembenihan Kura-Kura Brazil


Dalam satu bak diletakkan seekor jantan dan dua ekor betina. Air dalam bak harus selalu bersih, untuk itu buatlah ajaran kecil dalam bak supaya terjadi pertukaran air. Makanan yang sanggup diberikan sanggup menawarkan sayuran menyerupai kangkung atau serangga menyerupai jangkrik. Usahakan pinjaman pakan tidak berlebihan supaya bak tidak kotor. Apabila semua langkah telah dijalankan, tinggal tunggu beberapa hari sembaru mengusut di dalam pasir apakah sudah ada telur atau belum.


Cara Merawat Anak Kura-kura Brazil


Anak kura-kura brazil yang gres lahir tidak perlu diberi pakan selama satu hari alasannya yaitu anakan masih mempunyai sumber masakan yang berasal dari telurnya. Jika sudah lewat sehari, anakan sanggup diberi pakan berupa pelet atau pakan alami menyerupai ikan.


Pemberian Pakan Kura-Kura Brazil


Kura-kura brazil termasuk binatang omnivora atau pemakan segala, namun pakan yang diberikan perlu diperhatikan. Kura-kura brazil anakan lebih suka makan daging-dagingan, sedangkan kura-kura brazil remaja biasa lebih suka memakan tumbuh-tumbuhan. Pakan yang sanggup diberikan untuk kura-kura brazil diantaranya sayuran hijau menyerupai lettuce, sayuran putih menyerupai sawi dan wortel, serta sayuran yang mengandung banyak kalsium; pelet, buah-buahan menyerupai pepaya, pisang dan tomat; serangga; cacing; ikan; daging ayam dan tulang sotong.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya dan Merawat Kura-Kura Brazil Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya dan Merawat Kura-Kura Brazil Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel