Panduan Lengkap Teknik Cara Budidaya dan Merawat Kuda Laut Bagi Pemula Agar Sukses

Panduan Lengkap Teknik Cara Budidaya dan Merawat Kuda Laut Bagi Pemula Agar Sukses – Kuda bahari merupakan jenis ikan yang hidup di bahari dari genus Hippocampus dan famili Syngnathidae. Kuda bahari ini mempunyai ukuran yang bervariasi yaitu sekitar 16 mm sampai 35 cm. Kuda bahari sanggup ditemukan di perairan tropis dan menengah di seluruh dunia. Kuda bahari merupakan satu-satunya spesies dimana jantannya sanggup hamil. Kuda bahari ini sedikitnya mempunyai 54 jenis dan 9 jenis diantaranya ditemukan secara luas di Indonesia.


Sirip dorsal pada kuda bahari ada pada bab bawah sedangkan sirip pektoral kuda bahari ada pada bab kepala, di bersahabat insang. Ada beberapa spesies kuda bahari mempunyai warna yang transparan sebagian, sehingga tidak gampang terlihat.


Klasifikasi Kuda Laut

Kingdom: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Actinopterygii

Ordo: Syngnathiformes

Famili: Syngnathidae

Genus: Hippocampus


Cara Budidaya dan Merawat Kuda Laut


Pemeliharaan Induk Kuda Laut


Induk kuda bahari yang paling baik yakni indukan yang diambil eksklusif dari bahari alasannya yakni niscaya mempunyai kualitas yang baik. Induk ini lalu dipelihara dalam bak khusus yang di tempatkan di laboratorium. Dalam bak tersebut, dipasang sebuah piramid yang terbuat dari bambu yang nantinya akan menjadi media induk untuk meletakkan telur-telurnya. Agar induk kuda bahari tetap sehat, maka perlu di beri pakan sebanyak 2-3 kali sehari yaitu pada pagi , siang, dan sore hari. Pakan yang diberikan untuk indukan kuda bahari ini sanggup berupa udang jambret atau udang rebon.


Pemijahan dan Pengeraman Kuda Laut


Dalam Kolam atau akuarium, indukan kuda bahari sanggup memijah secara alami tanpa sumbangan manusia. Telur hasil pijahan lalu akan dierami oleh kuda bahari jantan.


Induk kuda bahari jantan yang sedang mengeram sanggup dipisahkan atau boleh juga digabungkan alasannya yakni intinya induk kuda bahari jantan tidak akan saling mengganggu. Pengeraman telur kuda bahari sanggup mencapai sekitar 10 hari atau lebih tergantung pada kondisi telur yang dierami. Selama proses pengeraman, sebaiknya induk jantan dihindarkan dari hal yang sanggup mengakibatkan stres alasannya yakni akan kuat pada Juwana yang sedang dierami, jikalau indukan jantan stress hal yang sanggup terjadi yaitu juwana akan dikeluarkan lebih awal (Juwana prematur).


Kelahiran Juwana atau Kuda Laut Muda


Jika sudah memasuki masa pengeraman hari ke-9, silahkan pindahkan indukan jantan dari bak terkontrol alasannya yakni pada hari ke-10 Juwana akan dikeluarkan dari kantung badan induk jantan. Pengeluaran Juwana oleh induk jantan kuda bahari biasanya dilakukan pada malam hari. Setelah juwana dikeluarkan, selanjutnya pindakan induk jantan ke bak pemeliharaan.


Penebaran Benih dan Pemberian Pakan Kuda Laut


Juwana atau kuda bahari muda sanggup hidup baik di bak yang terlindungi dari sinar matahari maupun bak yang terkena sinar matahari secara langsung.


Pakan yang sanggup diberikan pada kuda bahari yaitu Nauplii Copepoda, Artemia, dan Fitoplankton. Juwana yang berumur 5-8 hari sebaiknya diberi pakan berupa Nauplii Copepoda sedangkan Juwana yang berumur sekitar 14 hari sebaiknya diberikan pakan Artemia. Pemberian pakan di usia 1-15 hari sangat penting alasannya yakni Juwana usia tersebut sedang mengalami pertumbuhan yang sangat pesat.


Perawatan Kolam atau Aquarium Kuda Laut


Air bak perlu diganti secara rutin. Sebaiknya pergantian air bak tersebut dilakukan setiap tiga hari sekali sampai kuda bahari muda berumur 30 hari. Selain itu, juga perlu dilakukan penyiponan untuk membersihkan segala jenis kotoran dan sisa pakan yang melekat pada kolam/aquarium.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Teknik Cara Budidaya dan Merawat Kuda Laut Bagi Pemula Agar Sukses“, supaya bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Teknik Cara Budidaya dan Merawat Kuda Laut Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel