Panduan Lengkap Cara Budidaya Kailan Hidroponik Di Rumah Agar Sukses Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Budidaya Kailan Hidroponik Di Rumah Agar Sukses Bagi Pemula – Kailan (Brassica oleraceae) merupakan salah satu jenis sayuran yang termasuk dalam keluarga Brassicaceae (kubis-kubisan). Sayuran ini mempunyai banyak sekali kandungan gizi diantaranya mineral, vitamin B, Vitamin C, serat, antioksidan, kalsium, zat besi dan beberapa kandungan baik lainnya. Kalian juga disebut dengan Brokoli Cina alasannya yakni tumbuhan ini berasal dari cina.


Batang dan bunga kailan ini sering diolah menjadi banyak sekali masakan, biasanya kailan ini dimasak dengan cara ditumis. Karena banyak yang menyukainya, banyak orang pula yang memanfaatkan kesempatan ini untuk melaksanakan budidaya kailan. Budidaya kailan ini sanggup dilakukan dengan banyak sekali metode, diantaranya yaitu dengan cara hidroponik.


Cara Budidaya Kailan Secara Hidroponik


Sebelum melaksanakan budidaya kailan secara hidroponik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu tumbuhan kailan harus terkena sinar matahari secara pribadi dengan suhu optimal untuk pertiumbuhan kailan yaitu sekitar 23 hingga 35 derajat celcius dengan kelembapan tinggi.


Alat dan Bahan Yang Perlu Disiapkan


Adapun alat dan materi yang perlu dilakukan sebelum melaksanakan hidroponik kailan, diantaranya yaitu bibit kailan, rockwool, nampan plastik, air, cutter, botol plastik bekas minuman kemasan dan juga sumbu.


Pembibitan Kailan


Bibit kailan direndam terlebih dahulu dengan memakai air hangat kuku selama kurang lebih 2 jam. Sembari menunggu bibit, potong rockwool kecil-kecil dengan ukuran kurang lebih 3 cm x 3 cm kemudian susun di atas nampan. Tuangkan air ke nampan hingga rockwool berair namun tidak hingga menggenang.


Selanjutnya, tusuk masing-masing rockwool dengan memakai lidi di potongan tengahnya. Setelah 2 jam, pilih bibit yang karam dan letakkan pada rockwool dengan 1 biji/rockwool. Letakkan nampan pada daerah minim cahaya dan perhatikan 2 hingga 3 hari. Saat biji sudah berkecambah, pindahkan nampan ke daerah yang terkena cahaya matahari. Buatlah rockwool semoga tetap lembab. Saat benih sudah mempunyai sebanyak 4 helai daun, bibit kailan sudah siap dipindahkan ke hidroponik kit.


Pemindahan Bibit Kailan Ke Hidroponik Kit


Hidroponik kit sanggup diperoleh dengan cara membeli atau membuatnya sendiri. Membuat hidroponik kit paling gampang yaitu dengan memakai botol bekas air mineral. Cara membuatnya yaitu dengan memotong botol plastik ukuran besar menjadi dua kemudian lubangi tutup botol dengan diameter kira-kira 1 cm, kemudian masukkan sumbu kedalamnya dan tutupkan kembali pada botol dan selipkan sumbu didalamnya.


Buatlah lubang kecil pada pundak botol dengan paku. Tuangkan air nutrisi ke potongan bawah botol dan letakkan potongan atas botol diatasnya secara terbalik. Letakkan adonan tanah dan kompos di potongan atas botol kemudian pindahkan benih kailan kedalamnya. Pastikan air nutrisi hidroponik kailan selalu tersedia alasannya yakni itu merupakan sumber nutrisi untuk pertumbuhan tumbuhan kailan.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Kailan Hidroponik Di Rumah Agar Sukses Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa





Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Kailan Hidroponik Di Rumah Agar Sukses Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel