Panduan Lengkap Cara Budidaya Lengkuas Agar Sukses Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Budidaya Lengkuas Agar Sukses Bagi Pemula – Lengkuas atau Laos (Alpinia galanga) yaitu salah satu tumbuhan umbi yang berasal dari Famili Zingiberaceae yang biasanya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur dan juga obat.


Tumbuhan lengkuas mempunyai batang lunak bertipe semu dan tegak dengan ketinggian sekitar 2 meter lebih serta seluruh bab batangnya ditutupi pelepah. Daunnya tunggal berbentuk lanset memanjang berujung runcing dan berpangkal tumpul serta bab tepi rata dan bertangkai pendek, ukuran daunya yaitu sekitar 25 hingga 50 cm x 7 hingga 15 cm.


Umbinya hijau sewaktu muda dan coklat bila sudah tua. Umbi lengkuas mempunyai anyir harum dengan warna ada yang putih dan merah. Rimpang lengkuas merayap, berdaging, kulit berwarna mengkilap, mempunyai aroma khas, berserat kasar, dan mempunyai rasa pedas bila sudah tua.


Klasifikasi Lengkuas

Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Liliopsida

Ordo: Zingiberales

Famili: Zingiberaceae

Upafamili: Alpinioideae

Bangsa: Alpinieae

Genus: Alpinia

Spesies: A. galanga


Cara Budidaya Lengkuas


Persiapan Bibit Lengkuas


Pilihlah bibit yang berasal dari tumbuhan induk yang sudah renta dan bebas dari hama dan penyakit yaitu tumbuhan yang telah berumur sekitar 9 hingga 10 bulan.


Sebelum ditanam bibit lengkuas terlebih dahulu disemai dalam peti kayu, caranya yaitu

jemur dahulu bibit namun jangan hingga terlalu kering kemudian simpan sekitar 1 hingga 1,5 bulan.


Kemudian potong bibit lengkuas menjadi 4 bab dengan setiap bab masing-masing mempunyai 3 atau 4 mata tunas, sehabis dipotong jemur lagi selama sehari. Selanjutnya, celupkan bibit dalam larutan fungisisda selama satu menit dengan memakai karung anyaman. Setelah bibit kering, masukkan bibit lengkuas dalam peti. Letakkan bibit pada lapisan paling bawah dan tutup dengan lapisan debu sekam pada bab atasnya, begitu seterusnya. Lalu diamkan selama sekitar 2 hingga 4 minggu.


Persiapan Lahan Tanam Lengkuas


Lahan yang akan dipakai untuk menanam lengkuas dibersihkan terlebih dahulu dari gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya. Setelah itu, gemburkan tanah pada lahan dengan dibajak sedalam 30 cm, kemudian diamkan lahan selama 2-4 ahad biar gas beracun tanahnya menguap. Jika dirasa belum gembur lakukan kembali penggemburan sekitar 2-3 ahad sebelum tanam kemudian lakukan pemupukan dasar dengan pupuk kandang.


Selain pemupukan, bila pH tanah rendah dan beberapa unsur hara yang diperlukan tumbuhan lengkuas tumbuh tidak tersedia, maka lakukan pengapuran dengan memakai kapur dolomit.


Jika kondisi air tanah lahan tanam buruk maka untuk mencegah genangan air sanggup dibentuk bedengan dengan ukuran tinggi sekitar 20-30 cm, lebar sekitar 80-100 cm, sedangkan panjangnya diadaptasi dengan kondisi lahan. Lalu, buatlah lubang tanam sedalam 3-7,5 cm untuk menanam bibit.


Cara Menanam Lengkuas


Setelah semuanya siap, lakukan penanaman segera. Tanam sekitar 2 hingga 3 rimpang bibit lengkuas didalamnya dengan posisi tunas berada di atas pada lubang tanam yang telah disiapkan sebelumnya dan timbun kembali. Setelah jawaban menanam, lakukan penyiraman secukupnya.


Cara Merawat Tanaman Lengkuas


Jika ada tumbuhan yang mati atau tidak tumbuh optimal maka sanggup segera dilakukan penyulaman dengan menggantinya dengan tumbuhan yang baru. Penyulaman ini setidaknya dilakukan sekitar 2-3 ahad sehabis tanam.


Lakukan pula penyiangan pada gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar tumbuhan lengkuas. Penyiangan pertama sanggup dilakukan dikala tumbuhan berumur 2-4 minggu, dilanjutkan sehabis berumur 3-6 ahad sekali.


Agar nutrisi yang diperlukan tumbuhan tumbuh terpenuhi, maka lakukan pemupukan. Pemupukan tersebut sanggup dilakukan dengan memakai pupuk sangkar atau pupuk kompos dan juga pupuk buatan. Tanaman lengkuas tidak membutuhkan banyak air, namun pada masa awal tanam diusahakan pada awal isu terkini hujan.


Masa Panen Lengkuas


Pemanenan lengkuas sanggup dipenen sehabis berumur 10-12 bulan. Pemanenan ini dilakukan dengan cara membongkar rimpang secara hati-hati biar tidak rusak.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Lengkuas Agar Sukses Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Lengkuas Agar Sukses Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel