6 Panduan Lengkap Cara Budidaya Jambu Air Citra Agar Cepat Berbuah Lebat

6 Panduan Lengkap Cara Budidaya Jambu Air Citra Agar Cepat Berbuah Lebat – Jambu air ialah jenis tumbuhan yang masuk kedalam suku Myrtaceae atau jambu-jambuan,  tumbuhan ini berasal dari tempat Asia Tenggara. Buah jambu menyerupai buah buni, bentuknya seperti gasing dengan belahan pangkal kecil dan belahan ujung melebar serta biasanya bagian ujung dengan pangkal di pisahkan oleh lekukan. Buah jambu air biasanya berwarna merah, merah hati, putih atau hijau dan berwarna putih pada belahan dalam, mengandung banyak air, serta rasanya ada yang manis, masam dan ada yang sedikit sepat.


Jenis-jenis jambu air yang sering ditemui dipasaran antara lain: jambu air cengkih, jambu air madu, jambu air king citra, jambu air kampret, jambu air king rose, jambu air lilin, jambu air maduran, jambu air irung petruk, dan jambu air kancing.


Karena rasanya yang segar, banyak orang yang menyukai jambu air ini untuk dikonsumsi baik sebagai buah meja ataupun dibentuk olahan masakan menyerupai rujak atau manisan. Nah kali ini kita akan membahas ihwal cara budidaya jambu air citra.


Ciri-ciri jambu air gambaran yaitu mempunyai bentuk batang bundar dengan permukaan batang halus dan berwarna cokelat serta bercabang; mempunyai daun dengan bentuk tombak memanjang, berwarna merah keunguan dikala muda dan hijau renta dikala tua; Memiliki tipe bunga spatula dengan mahkota berwarna kuning; buah jambu air gambaran berbentuk lonceng tak berlekuk dengan 1-10 buah/tandan.


Cara Budidaya Jambu Air Citra


Syarat Tumbuh Jambu Air Citra


Jambu air gambaran sanggup tumbuh dengan baik pada tanah yang subur, gembur dan mempunyai banyak kandungan materi organik. Tanaman jambu air gambaran ini cocok di tanam pada daerah dengan curah hujan atau kering yaitu sekitar 500-3.000 mm/tahun dan mempunyai isu terkini kemarau lebih dari 4 bula. Selain itu, tumbuhan jambu gambaran juga sanggup di tanam di daerah tropis mulai dari dataran rendah sampai dataran tinggi dengan ketinggian 1000 mdpl.


Persiapan Bibit Jambu Air Citra


Perbanyakan bibit jambu gambaran sanggup dilakukan melalui cara gereratif dengan biji dan vegetatif dengan cara cangkok dan sambung pucuk. Namun disarankan memakai bibit yang berasal dari perbanyakan vegetatif sebab bibit yang dihasilkan aan mempunyai sifat yag sama dengan tumbuhan induknya dan membutuhkan waktu berbuah yang lebih singkat yaitu sekitar 2-3 tahun; sedangkan bibit dari perbanyakan generatif membutuhkan waktu 7-10

tahun untuk berbuah.


Persiapan Lahan Tanam Jambu Air Citra


Lahan yang akan dipakai untuk membudidayakan jambu gambaran dibersihkan terlebih dahulu dari gulma dan tumbuhan pengganggu lainnya, selanjutnya gemburkan tanah dengan cara dicangkul atau dibajak.


Kemudian, buatlah lubang tanam berukuran 60 cm x 60 cm sedalam 40 cm dengan jarak tanam sekitar 4 x 3 m atau 4 x 4 m. Jika sudah, selanjutnya masukkan pupuk sangkar atau pupuk kompos sebanyak 10-15 kg/lubang tanam. Setelah itu, diamkan selama 1-2 minggu.


Cara Menanam Jambu Air Citra


Jika semua sudah siap, segera lakukan penanaman. Tanam bibit jambu gambaran yang telah berumur 5-6 bulan ke dalam lubang tanam kemudian timbun kembali lubang tanam dengan tanah lapisan atas kemudian padatkan dan ratakan.


Cara Pemupukan Jambu Air Citra


Untuk menambah ketersediaan unsur hara pada tanah, lakukan pemupukan. Pupuk yang dipakai sanggup berupa pupuk organik maupun pupuk kimia.


Pada dikala pohon jambu berumur 1 tahun, berikan pupuk NPK sebanyak 250-500 gram/tanaman. Pada asaat berumur 2 tahun, berikan pupuk NPK sebanyak 1 kg/tanaman dan 1,5 kg/tanaman sesudah berumur 3 tahun. Pemberian pupuk dilakukan dengan memakai sistem rorak atau selokan yang melingkari tumbuhan jambu sedalam 10-15 cm. tebarkan pupuk pada rorak tersebut kemudian tutup kembali dengan tanah.


Masa Panen Jambu Air Citra


Pemanenan jambu air gambaran sanggup dilakukan sesudah tumbuhan berumur 2,5 sampai 3 tahun. Tanaman jambu ini sanggup berbunga sebanyak 2 kali dalam setahun yaitu pada juli dan september serta pemasakan buah pada bulan agustus dan november.


Demikian artikel pembahasan tentang”6 Panduan Lengkap Cara Budidaya Jambu Air Citra Agar Cepat Berbuah Lebat” semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "6 Panduan Lengkap Cara Budidaya Jambu Air Citra Agar Cepat Berbuah Lebat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel