Cara Menanam Budidaya Jahe Merah Di Lahan Terbuka atau Kebun Bagi Pemula

Cara Menanam Budidaya Jahe Merah Di Lahan Terbuka atau Kebun Bagi Pemula – Jahe merah yakni salah satu jenis jahe yang tidak hanya dipakai sebagai jamu atau obat herbal, jahe merah juga dimanfaatkan dalam bidang farmasi kesehatan, kecantikan, parfum dan lainnya. Manfaat jahe merah antara lain sanggup membantu menurunkan berat badan, menjaga kondisi jantung, mengatasi gangguan pencernaan dan lain sebagainya.


Minyak atsiri yang terdapat dalam rimpang jahe merah mengandung trans-geraniol, geranil asetat, zingiberen, sitral, kurkumen, oleoresin, gingerole, -shogaol, gingerdiol, 10-dehydroginger-dion, 10-ginger-dion, 6-gingerdion, dan kapsaisin. Di samping itu terdapat pula α-Pinen, β-felandren, kamfen, limo-nen, Linalool, Borneol, Sitral, Noni-alde-hida, desil aldehida, Metil heptenon, Sineol, Bisabolen, α-Kurkumen, Farnesen, Humulen dan Zingiberol.


Klasifikasi Jahe Merah

Divisi: Spermatophyta

Sub Divisi: Angiospermae

Kelas : Monocotyledoneae

Famili : Zingiberales

Genus : Zingiber

Species : Zingiber officinale Rosc.


Cara Menanam Jahe Merah


Syarat Tumbuh


Jahe merah sanggup tumbuh baik pada kawasan dengan ketinggian sekitar 0-1500 mdpl, mempunyai curah hujan sekitar 2500-3000 mm/tahun, mempunyai kelembaban udara sekitar 70%-80%. Tanah yang baik untuk budidaya jahe merah yaitu tanah yang mempunyai unsur hara yang tinggi dan mempunyai pH sekitar 5,5-7.


Persiapan Bibit Jahe Merah


Bibit jahe merah diperoleh dari rimpang tumbuhan induk yang sehat dan telah berumur sekitar 9-10 bulan yang ditandai dengan kulit rimpang jahe yang mengering berwarna merah kecoklatan.


Persemaian Bibit Jahe Merah


Setelah rimpang diperoleh, selanjutnya rimpang dipotong dengan memakai pisau atau yang lainnya dan ambil mata tunasnya. Selanjutnya semaikan bibit pada media persemaian kemudian tutup dengan sungkup plastik transparan sampai seminggu lebih. Lakukan penyiraman secara teratur sebanyak 2 kali sehari yaitu pagi dan sore hari kemudian tutup kembali sungkupnya.


Pemilihan Lahan Tanam Jahe Merah


Lahan yang akan dipakai untuk menanam jahe merah diolah terlebih dahulu dengan cara dibajak dengan kedalaman sekitar 30 cm. Setelah digemburkan selanjutnya tanah dibiarkan selama sekitar 2 ahad sampai 4 ahad biar gas beracun dalam tanah menguap serta bibit penyakit dan hama akan mati terkena sinar matahari. JIka dirasakan tanah pada pengolahan pertama dirasa belum gembur, maka sanggup dilakukan pengolahan tanah untuk kedua kalinya pada sekitar 2 ahad atau 3 ahad sebelum tanam. Setelah itu, berikan pupuk sangkar dengan takaran 1.500 kg-2.500 kg. Apabila pH tanah kurang sanggup dilakukan pengapuran dengan memakai dolomit.


Selanjutnya buatlah bedengan dengan ukuran tinggi sekitar 20 cm-30 cm, lebar sekitar 80 cm-100 cm, sedangkan untuk panjangnya diadaptasi dengan kondisi lahan. Lalu buatlah lubang tanam dengan kedalaman sekitar 3 cm sampai 7,5 cm untuk menanam bibit.


Cara Menanam Jahe Merah


Setelah semuanya siap, lakukan penanaman engan cara meletakkan bibit rimpang secara rebah ke dalam lubang tanam yang sudah disiapkan. Penanaman jahe sebaiknya dilakukan pada awal animo hujan sekitar bulan September dan Oktober.


Cara Merawat Jahe Merah


Penyiangan

Lakukan penyiangan pada gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya yang tumbuh di sekitar tumbuhan jahe merah. Penyiangan tersebut dilakukan secara manual dengan cara mencabutinya dengan tangan biar nutrisi yang diharapkan untuk pertumbuhan jahe merah tidak berebut dengan gulma tersebut.


Pemupukan

Agar ketersedian unsur hara di dalam tanah tetap terjaga maka perlu dilakukan pemupukan. Pemupukan tersebut dilakukan dengan memakai pupuk NPK.


Masa Panen Jahe Merah


Pamanenan jahe merah sanggup dilakukan sehabis tumbuhan jahe berumur sekitar 9-10 bulan atau sanggup juga lebih awal bila tumbuhan mulai terjangkit hama penyakit yaitu pada sekitar umur 6-7 bulan. Setelah dipanen, jahe tersebut di basuh sampai higienis selanjutnya jahe merah sanggup dijual atau dipakai sendiri.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Budidaya Jahe Merah Di Lahan Terbuka atau Kebun Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami selanjutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Budidaya Jahe Merah Di Lahan Terbuka atau Kebun Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel