Panduan Lengkap Cara Budidaya Mangga Agar Cepat Tumbuh dan Berbuah Lebat

Panduan Lengkap Cara Budidaya Mangga Agar Cepat Tumbuh dan Berbuah Lebat – Mangga (Mangifera indica) atau mempelam ialah nama buah sekaligus nama pohon yang termasuk dalam marga Mangifera dan suku Anacardiaceae yang mempunyai sekitar 35-40 anggota. Tanaman dan buah mangga Berasal dari sekitar perbatasan India dengan Burma. Pohon mangga termasuk tumbuhan tingkat tinggi yang struktur batangnya (habitus) termasuk kelompok arboreus, yaitu tumbuhan berkayu yang sanggup tumbuh sampai ketinggian batang lebih dari 5 m. Pohon mangga sanggup mencapai tinggi sekitar 10–40 m.


Buah mangga termasuk dalam kelompok buah kerikil (drupa) berdaging dengan ukuran dan bentuk buah berbeda tergantung spesies mangganya, ada yang bulat, lingkaran telur sampai lonjong memanjang. Jika sudah masak, daging buah mangga berwarna jingga, kuning atau krem, ada yang berserabut dan tidak, anggun sampai msam dengan banyak air dan berbau berpengaruh sampai lemah.


Klasifikasi Mangga

Kerajaan: Plantae

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Sapindales

Famili: Anacardiaceae

Genus: Mangifera

Spesies: Mangifera indica


Cara Budidaya Mangga


Pembibitan Buah Mangga


Pembibitan sanggup dilakukan dengan aneka macam cara ibarat okulasi, sambung pucuk dan juga cangkok.


Pilih buah mangga dari pohon dengan kualitas terbaik, kupas buah dan pisahkan bijinya kemudian jemur sampai kering. Jika ingin tunas cepat tumbuh dalam waktu 2-5 minggu, buang kulit bijinya. Setelah itu, semaikan benih mangga ke media tanam yang dibentuk dari adonan tanah, pasir dan sekam bakar dengan perbandingan 1:1:1 pada polybag semai. Letakkan polybag semai pada daerah yang teduh. Lakukan penyiraman dan pemupukan secara rutin hingg muncul batang dan daun muda.


Setelah 4 ahad maka bibit sanggup pribadi dilakukan okulasi, sambung pucuk dengan varietas unggul sesuai keinginan. Setelah bibit mangga tumbuh normal maka bibit sanggup dipindahkan ke lahan tanam yang sudah disiapkan.


Jika anda tidak mau repot, anda sanggup membeli bibit pohon mangga di toko tumbuhan bibit.


Cara Menanam Mangga


Pertama, tanah pada lahan tanam diolah terlebih dahulu. 1-2 ahad sebelum diola, lakukan pemupukan dasar dengan memakai pupuk kandang/kompos. Setelah itu, lakukan pembajakan atau pencangkulan semoga tanah dan pupuk sanggup tercampur dengan sempurna. Selanjutnya, buatlah lubang tanam berukuran lebar dan kedalaman antara 50-100 cm dengan jarak tanam sekitar 5-10 m per pohon. Jika lubang tanam sudah dibuat, masukkan jerami atau sampah kering ke dalam lubang tersebut kemudian dibakar, kemudian diamkan selama 1-2 minggu. Masukkan bibit dalam lubang tanam beserta dengan media tanam pada polybag semai, kemudian timbun kembali dengan tanah.


Cara Merawat Pohon Mangga


Penyiraman sanggup dilakukan seperlunya saja atau diadaptasi dengan kondisi dan cuaca lahan tanam. Lakukan penyiangan pada gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya yang ada di sekitar pohon mangga semoga nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan pohon mangga tidak berebut dengan gulma tersebut.


Selain itu, sehabis 2 bulan tanam lakukan pemupukan pada bibit mangga. Pemupukan tersbeut sanggup dilakukan dengan memakai pupuk organik ibarat pupuk kompos/pupuk kandang. Jika ingin lebih maksimal, pohon mangga sanggup diberikan pupuk buatan ibarat ZA, KCl, atau NPK.


Umur Panen Mangga


Setelah 3-4 tahun tanam, mangga sudah mulai berbunga dan berbuah. Pemanenan mangga sanggup dilakukan satu bulan sehabis berbunga.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Mangga Agar Cepat Tumbuh dan Berbuah Lebat“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Mangga Agar Cepat Tumbuh dan Berbuah Lebat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel