Cara Menanam Kacang Kedelai di Pot atau Polybag Bagi Pemula Agar Cepat Panen

Cara Menanam Kacang Kedelai di Pot atau Polybag Bagi Pemula Agar Cepat Panen – Kedelai (Glycine max (L.) Merill.) merupakan tumbuhan polong-polongan semusim, berupa semak rendah, tumbuli tegak, dan berdaun lebat. Tinggi tumbuhan berkisar antara 30 cm-100 cm. Batangnya beruas-ruas dengan 3-6 cabang.


Kedelai mempunyai akar tunggang. Daun kedelai berbentuk oval. Tanaman kedelai mempunyai bunga tepat dengan warna ungu atau putih. Di Indonesia, tumbuhan kedelai pada umumnya mulai berbunga pada umur 30-50 hari sehabis tanam.


Buah kedelai berbentuk polong, setiap polong berisi 1 hingga 4 biji. Biji umumnya berbentuk bundar atau bundar pipih hingga bundar lonjong. Warna kulit biji bervariasi, antara lain kuning, hijau, cokelat, dan hitam. Kacang kedelai banyak dimanfaatkan dalam pembuatan tempe, kecap, dan susu. Kedelai mempunyai beberapa nama lokal, di antaranya kacang bulu, gadela, kacang jepung, dan kedele.


Klasifikasi Kacang Kedelai

Kingdom: Plantae

Divisi: Spermatophyta

Subdivisi : Angiospermae

Kelas: Dicotyledonae

Ordo: Polypetales

Famili: Leguminoceae/Papilionaceae

Subfamili: Papilionaideae

Genus: Glycine

Spesies: Glycine max (L) Merill, sinonim dengan G. soya (L.) Sich & Zucc., atau Soya max atau S. hispida.


Cara Budidaya Kacang Kedelai di Pot atau Polybag Tanam


Syarat Tumbuh Kedelai


Di Indonesia, tumbuhan kedelai sanggup tumbuh dengan baik di tempat dataran rendah hingga tempat dengan ketinggian 1.200 m dpl. Suhu optimal bagi pertumbuhan tumbuhan kedelai sekitar 25°C hingga 30°C, curah hujan berkisar antara 150 mm-200 mm/bulan dengan usang penyinaran matahari 12 jam/hari, dan kelembapan rata-rata (RH) 65%. pH bagi pertumbuhan kedelai dan basil Rhizobium yaitu 6,0-6,8.


Pemilihan Benih Bibit Kacang Kedelai


Kualitas benih sangat memilih kualitas kedelai pula. Oleh alasannya yaitu itu, biar sanggup memperlihatkan hasil yang memuaskan, harus dipilih varietas kedelai yang sesuai dengan kebutuhan, bisa mengikuti keadaan dengan kondisi media tanam, mempunyai daya tumbuh yang cepat dan seragam serta memenuhi standar mutu benih yang baik.


Persiapan Tempat Tanam dan Media Tanam Kacang Kedelai


Tempat tanam yang perlu disiapkan sanggup berupa pot, polybag atau wadah yang sudah tida terpakai dengan ukuran minimal sekitar 30 cm, bab bawah tempat tanam diberi lubang biar air sanggup mengalir.


Siapkan media tanam berupa adonan tanah, pupuk kandang/pupuk kompos, sekam padi dan arang dengan perbandingan 1:1:1. Semua materi tersebut diayak biar didapatkan media tanam yang halus, aduk hingga semua materi tercampur rata. Selain itu, tambahkan pula pupuk Urea sekitar 3 sendok/pot tanam.


Jika sudah, selanjutnya masukkan media tanam ke pot/polybag tanam. Setelah itu, lakukan penyiraman secukupnya dan diamkan.


Cara Menanam Kacang Kedelai Dalam Pot/Polybag


Jika semuanya sudah siap, segera lakukan penanaman. Buatlah lubang tanam tapi jangan terlalu dalam biar tidak menghambat pertumbuhan kecambah, kemudian masukkan sekitar 4 biji kedelai/polybag tanam.


Cara Merawat Kedelai Dalam Pot/Polybag


Lakukan penyiraman setiap 10 hari sekali untuk suhu normal dan sanggup ditingkatkan apabila suhu tinggi biar terjaga kesegarannya. Jangan hingga tergenang alasannya yaitu sanggup mengakibatkan pembusukan tanaman.


Lakukan pemupukan dengan memakai pupuk Urea, TSP dan KCl dengan perbandingan 1:2:1 atau sesuai kebutuhan tanaman. Pemupukan ini dilakukan selama tiga periode yaitu pemupukan dasar, sehabis 25 hari tanam dan ketika tumbuhan kedelai berumur 40-45 hari sehabis tanam.


Masa Panen Kedelai


Pemanenan kacang kedelai sanggup dilakukan ketika tumbuhan kedelai berumur 75-100 hari sehabis tanam atau sehabis daun dan polong mulai menguning dan rontok.


Demikian artikel tentang”Cara Menanam Kacang Kedelai di Pot atau Polybag Bagi Pemula Agar Cepat Panen“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Kacang Kedelai di Pot atau Polybag Bagi Pemula Agar Cepat Panen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel