Cara Menanam Budidaya Tanaman Peterseli Yang Kaya Manfaat Di Rumah Bagi Pemula

Cara Menanam Budidaya Tanaman Peterseli Yang Kaya Manfaat Di Rumah Bagi Pemula  – Peterseli ialah tumbuhan herba yang sanggup tumbuh dengan ketinggian sekitar 10 sampai 1 meter. Tanaman peterseli ini sering dipakai sebagai herba atau garnish (penghias makanan) dan juga bumbu masakan. Nama lain paterseli yaitu Parsley.


Tanaman paterseli ini kaya akan zat besi. Tanaman yang masih keluarga erat wortel dan seledri ini mempunyai daun yang beraroma segar. Tanaman paterseli ini sanggup baik tumbuh dengan baik pada tanah yang subur kaya mikroorganisme penyubur tanaman, serta memerlukan cahaya matahari penuh.


Klasifikasi Peterseli

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Apiales

Famili: Apiaceae

Genus: Petroselinum

Spesies

Petroselinum crispum

Petroselinum crispum var. neapolitanum


Cara Budidaya Tanaman Peterseli


Persiapan Bibit Peterseli


Perbanyakan tumbuhan peterseli sanggup dilakukan melalui benih atau tumbuhan muda (anakan). Bibit peterseli kemudian direndam terlebih dahulu dengan pupuk organik cair sebanyak 2 cc/liter selama 12 jam. Tiriskan benih tersebut kemudian keringkan dengan cara diangin-anginkan.


Siapkan media semai berupa adonan kompos, arang sekam dan tanah dengan perbandingan 1:1:1, campurkan adonan tersebut sampai tercampur rata kemudian tambahkan Soil treatment 5 sdm/10 liter dan pupuk organik padat 1 sdm/10 liter. Lalu campur kembali sampai rata.


Cara Menanam Peterseli Dalam Pot


Jika semuanya sudah siap, masukkan media tanam pada pot/polybag tanam yang telah disiapkan, kemudian siram media tanam dengan air secukupnya, kemudian campur benih dengan bubuk atau pasir (benih yang kecil). Tanam benih ke dalam pot atau polybag sedalam ½ cm kemudian tutup kembali dengan media tanam tersebut.


Cara Merawat Tanaman Peterseli Dalam Pot


Lakukan pengecekan kelembaban tanah dan kebutuhan air, pengecekan hama dan penyakit, serta penyemprotan dengan zat pengatur tumbuh. Lakukan pemupukan berupa sumbangan pupuk makro sebanyak 2 sdm dan pupuk cair organik sebanyak 3 tutup dilarutkan dalam 2 liter air, diamkan semalaman kemudian siramkan untuk 10 pot tumbuhan dengan media tanam 3-5 liter media tanam. Pemupukan tersebut dilakukan dengan interval seminggu sekali, penyiangan dilakukan jikalau pada media pot terdapat gulma. Lakukan penggemburan jikalau media tanam terlalu padat.


Masa Panen Peterseli


Pemanenan atau umur panen peterseli binual dan pemanenan peterseli ini sanggup dilakukan dengan memanen daun, akar maupun minyak atsiri dari bijinya.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Budidaya Tanaman Peterseli Yang Kaya Manfaat Di Rumah Bagi Pemula“, Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Budidaya Tanaman Peterseli Yang Kaya Manfaat Di Rumah Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel