Cara Menanam Bunga Kertas (Bougenville) Dalam Pot Agar Cepat Tumbuh dan Berbunga

Cara Menanam Bunga Kertas (Bougenville) Dalam Pot Agar Cepat Tumbuh dan Berbunga – Bunga Kertas atau Bunga Bougenville atau Bugenvil (Bougainvillea) yaitu salah satu tumbuhan bunga hias yang termasuk dalam famili Nyctaginaceae. Tanaman bunga ini berasal dari Amerika Selatan. Tanaman bunga ini mempunyai bentuk pohon yang kecil dan susah untuk tumbuh tegak. Spatha atau selundang bunga pada tumbuhan bunga ini memilii ukuran yang cukup besar yang tumbuh menyelumbungi seluruh bab bunga beragam sebelum mekar. Spata tersebut berukuran tipis dan mempunyai ciri menyerupai kertas, warna bunganya bermacam-macam ada putih, merah muda, kuning,dan lain-lain. Batang bunga ini mempunyai duri yang tajam dan bercabang.


Klasifikasi Bunga Bougenville

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Caryophyllales

Famili: Nyctaginaceae

Genus: Bougainvillea

Spesies:

Bougainvillea buttiana

Bougainvillea glabra

Bougainvillea peruviana

Bougainvillea spectabilis

Bougainvillea spinosa


Dengan warnanya yang bermacam-macam dan indah, banyak orang yang mencoba menanam bunga ini sebagai bunga hias pekarangan maupun bunga hias dalam pot. berikut cara menanam bunga kertas:


Cara Menanam Bunga Kertas/Bougenville Dalam Pot


Persiapan Bibit Bunga Kertas/Bougenville


Bibit bunga kertas/bougenville sanggup diperoleh melalui stek batang dan juga sambung pucuk. Cara stek batang bunga kertas yaitu: pilihlah batang calon bibit pada tumbuhan bougenville yang sudah tua, kemudian potong batang yang sudah dipilih menyerong atau meruncing, sehabis itu sanggup eksklusif ditanam.


Cara sambung pucuk bunga kertas/bougenville yaitu menyambungkan cabang bunga yang muda dengan tumbuhan bunga yang sudah bau tanah dengan warna bunga berbeda dan biarkan cabang tersebut menyatu dan tumbuh tepat melalui batang utama.


Cara Menanam Bunga Kertas/Bougenville Dalam Pot


Media tanam yang dipakai untuk menanam bunga kertas yaitu adonan tanah dan pasir alasannya yaitu tumbuhan bunga kertas/bougenville sangat menyukai media tanam berpasir.


Sedangkan pot tanam yang dipakai sanggup diadaptasi dengan bibit bunga kertasan/bougenville yang akan ditanam.


Jika semuanya sudah siap, segera lakukan penanaman. Bibit stek batang ditanam dengan cara ditancapkan ke media tanam dengan kedalaman sekitar 5 cm. Metode penanaman ini sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau malam hari alasannya yaitu pada waktu tersebut tingkat pertumbuhan tunas gres pada tumbuhan akan semakin meningkat.


Cara Merawat Bunga Kertas/Bougenville


Perawatan yang perlu dilakukan pada bunga kertas/bougenville, diantaranya yaitu:



  • Penyiraman, penyiraman dilakukan untuk menjaga kelembapan media tanam. Penyiraman ini sanggup dilakukan 2 kali sehari.

  • Pemangkasan cabang, pemangkasan ini dilakukan agara tumbuhan bunga bougenville sanggup tumbuh dengan baik dan tidak terganggu.

  • Pemupukan, semoga nutrisi yang diharapkan tumbuhan terpenuhi dan tumbuhan bunga kertasan sanggup tumbuh dengan baik maka lakukan pemupukan. Pemupukan tersebut sanggup dilakukan dengan memakai pupuk organik maupun pupuk anorganik.


Selain perawatan tersebut, lakukan pula penyiangan pada gulma yang tumbuh disekitar tumbuhan bunga di pot, lakukan penyemprotan insektisida untuk mengendalikan hama dan penyakit, dan perawatan lainnya.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Bunga Kertas (Bougenville) Dalam Pot Agar Cepat Tumbuh dan Berbunga“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Bunga Kertas (Bougenville) Dalam Pot Agar Cepat Tumbuh dan Berbunga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel