Cara Menanam dan Merawat Putsa atau Apel India Dalam Pot Bagi Pemula

Cara Menanam dan Merawat Putsa atau Apel India Dalam Pot Bagi Pemula – Putsa atau Apel India (Ziziphus Mauritiana Lam) yakni salah satu jenis tumbuhan buah yang berasal dari India yang mempunyai buah menyerupai tomat belum masak tapi rasanya manis, renyah menyerupai apel, berukuran kecil yaitu sekitar 5 cm. Pohon apel india ini merupakan tumbuhan semak berduri dengan batang dan daun hijau


Tanaman apel India ini sanggup tumbuh diberbagai kondisi. Di Indonesia, tumbuhan putsa atau apel India sulit didapatkan, kalau ada harga bibit bisa sangat tinggi bisa mencapai 100 ribuan per bibit.


Cara Menanam dan Merawat Putsa atau Apel India Dalam Pot


Syarat Tumbuh Putsa


Putsa termasuk tumbuhan buah yang gampang mengikuti keadaan di banyak sekali kondisi dan lingkungan. Habitatnya berada di dataran dengan ketinggian daerah 0-1.500 m dpl, bisa bertahan pada kondisi kering dengan curah hujan hanya 150-2.500 mm per tahun, membutuhkan cahaya matahari berkisar 50-60% per hari dan suhu sekitar 16-27° C dengan kelembapan sekitar 80%.


Pemilihan Bibit Putsa


Bibit putsa sanggup diperoleh dengan membelinya di toko tumbuhan dengan harga bibit putsa berkisar antara 100 sampai 500 ribu rupiah. Pilihlah bibit yang baik, yang sehat dan bebas dari hama dan penyakit.


Cara Menanam Putsa Dalam Pot


Pot yang dipakai bisa berupa pot tanah atau pot plastik dengan ukuran yang diubahsuaikan dengan ukuran bibit pohon putsa atau apel india tersebut serta pastikan mempunyai lubang drainase yang baik.


Selanjutnya siapkan media tanam berupa adonan tanah merah, pupuk kandang, sekam mentah dengan perbandingan 1:1:1 atau adonan tanah merah, sekam bakar, dan pupuk sangkar dengan perbandingan 1:2:3.


Jika semua sudah siap, segera lakukan penanaman. Masukkan media tanam ke pot kemudian buat lubang tanam dan tanam bibit kemudian timbun kembali dan sedikit padatkan.


Cara Merawat Putsa Dalam Pot


Lakukan penyiraman secara rutin yaitu setiap 2 kali sehari atau bisa juga diubahsuaikan dengan kondisi cuaca.


Lakukan pula pemupukan biar nutrisi yang diperlukan tumbuhan terpenuhi. Bibit putsa yang berumur setahun sesudah okulasi, diberi pupuk NPK dengan takaran sekitar 25 gram. Jika tumbuhan sudah lebih besar, takaran pupuk ditingkatkan menjadi 2-3 kali lipat. Untuk menambah kesuburan, berikan pula pupuk sangkar dengan takaran 5-10 kg per pot setiap 6 bulan sekali.


Masa Panen Putsa atau Apel India


Buah putsa atau apel india, umumnya sanggup berbuah sesudah berumur sekitar 1 sampai 2 tahun. Tanaman apel india atau putsa ini sanggup berbuah sepanjang tahun dan menghasilkan buah yang produktif.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Putsa atau Apel India Dalam Pot Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Putsa atau Apel India Dalam Pot Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel