Cara Menanam Kecipir Dalam Pot/Polybag Di Rumah Bagi Pemula

Cara Menanam Budidaya Tanaman Kecipir Dalam Pot/Polybag Di Rumah Bagi Pemula – Kecipir (Psophocarpus teragonolobus) merupakan salah satu jenis tumbuhan kacang-kacangan. Kecipir merupakan tumbuhan merambat anggota suku Fabaceae (Leguminosae), dimana bab pucuk dan polong mudanya dimanfaatkan sebagai sayuran. Tanaman kecipir ini diduga berasal dari tempat Asia tropika dan adapula yang menduga tumbuhan ini berasal dari Afrika Utara dan Madagaskar, namun ketika ini Tanaman kecipir telah menyebar luas termasuk di Indonesia. Tanaman Kecipir masuk ke Indonesia sekitar kurun ke 17 dibawa oleh para pedagang Arab. Di Indonesia, Kecipir mempunyai nama yang berbeda di setiap daerah ibarat cipir (Jawa Tengah dan Jawa Timur), Kacang Embing (Palembang), Kaceper (Madura), Jaat (Sunda), Kalongkang (Bali) dan Kacang blimbing (Sumatera Barat).


Ciri-ciri tumbuhan kecipir yakni mempunyai akar utama membentuk umbi dengan diameter sekitar 2-4 cm dengan panjang sekitar 8-12 cm, mempunyai batang merambat dengan warna batang hijau, cokelat atau ungu, mempunyai daun 3 helai setiap tangkainya, mempunyai bunga dengan warna putih kebiruan, biru atau ungu, mempunyai buah polong yang berbentuk persegi empat atau mempunyai siku empat dengan tiap sisi bersayap bergelombang . Warna polong hijau dengan setiap polong mempunyai 5 sampai 20 butir biji berwarna putiih, kuning, hitam, sawo matang atau cokelat muda.


Terdapat dua jenis tumbuhan kecipir yakni Psophocarpus teragonolobus (Kecipir konsumsi) dan Psophocarpus polustris (Kecipir hutan), kecipir hutan ini banyak dimanfaatkan untuk epilog tanah pada lahan perkebunan karet maupun sawit.


Klasifikasi Kecipir

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Fabales

Famili: Fabaceae

Subfamili: Faboideae

Genus: Psophocarpus

Spesies: P. tetragonolobus


Cara Menanam Kecipir Dalam Pot/Polybag Tanam


Syarat Tumbuh Kecipir


Tanaman kecipir sanggup tumbuh dengan baik sepanjang tahun pada daerah berhawa panas dan sedang dengan temperatur sekitar 15°C-32°C. Tanaman kecipir sanggup tumbuh pada daerah dataran rendah sampai ketinggian 2000 mdpl. Kondisi tanah yang baik untuk menanam kecipir yakni tanah yang mempunyai kandungan materi organik yang rendah, mempunyai struktur berpasir atau lempung. Selain itu, tumbuhan kecipir ini juga sanggup tumbuh pada tanah yang subur ataupun tanah yang kurus alasannya tumbuhan kenikir tahan terhadap kekeringan.


Persiapan Bibit Kecipir


Perbanyakan bibit kecipir sanggup diperoleh dari biji benih. Benih kecipir sanggup diperoleh dengan membuatnya sendiri. Ambil buah kecipir yang sudah renta kemudian kupas dan keringkan di bawah sinar matahari sampai biji benar-benar kering. Jika tidak ingin repot, benih sanggup diperoleh dengan cara membelinya di toko pertanian.


Persiapan Pot Tanam dan Media Tanam Kecipir


Pot/ polybag tanam yang perlu disiapkan sanggup diubahsuaikan dengan besarnya tumbuhan nantinya. Sedangkan media tanam yang perlu disiapkan yakni adonan tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 1:2, keduanya diaduk sampai tercampur merata kemudian masukkan dalam pot atau polybag yang sudah disiapkan kemudian siram media tanam sampai merata.


Cara Menanam Kecipir Dalam Pot


Sebelum dilakukan penanaman, seleksi terlebih dahulu benih kecipir dengan cara merendamnya terlebih dahulu. Gunakan benih yang karam saja sedangkan yang mengapung dibuang alasannya kualitasnya buruk.


Jika semua sudah siap, segera lakukan penanaman. Tanam 2-3 benih pada media tanam dengan kedalaman sekitar 3 cm kemudian timbun kembali benih dengan media tanam.


Cara Merawat Kecipir Dalam Pot


Tanaman yang gres tumbuh atau masih kecil disiram setiap pagi dan sore, tapi penyiraman tersebut dilakukan secukupnya saja atau diubahsuaikan dengan kebutuhan tumbuhan jangan terlalu berlebihan.


Lakukan pula penyiangan pada gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya yang tumbuh di sekitar tumbuhan dalam pot. Karena kecipir salah satu jenis tumbuhan merambat maka sehabis berumur 2 ahad lakukan santunan ajir atau tajuk. Ajir/tajuk tersebut sanggup dibentuk dari bilah bambu yang besar lengan berkuasa dan kokoh. Tujuan santunan ajir/tajuk ini yakni supaya tumbuhan sanggup tumbuh merambat dengan baik dan tertata rapi.


Umur Panen Kecipir


Setelah 7-8 ahad tanam, tumbuhan kecipir sudah mulai berbunga dan 2 ahad sehabis berbunga polong kecipir sanggup dipanen. Setelah pemanenan pertama, pemanenan berikutnya sanggup dilakukan sehabis satu minggu. Pemenanen tersebut sanggup dilakukan selama 4-5 bulan.


Demikian artikel pembahasan perihal “Cara Menanam Kecipir Dalam Pot/Polybag Di Rumah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Kecipir Dalam Pot/Polybag Di Rumah Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel