Panduan Lengkap Cara Menanam Nangka Dalam Pot Di Rumah Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah

Panduan Lengkap Cara Menanam Nangka Dalam Pot Di Rumah Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah – Nangka (Artocarpus heterophyllus) atau dalam bahasa inggris disebut dengan Jackfruit yaitu sejenis pohon buah yang masuk dalam suku Moraceae. Pohon nangka mempunyai tinggi yang sanggup mencapai 20 meter sampai 30 meter, batang bundar silindris dengan diameter sekitar 1 meter. Tajuk pohonnya padat lebat, melebat dan membulat kalau pada daerah terbuka. Semua bab pohon nangka akan mengeluarkan getah putih kalau terluka atau dilukai. Buah nangka berbentuk gelondong memanjang dengan panjang sanggup mencapai sekitar 100 cm dengan sisi luar buah terdapat duri lunak yang pendek. Daging buahnya berwarna kuning keemasan, kalau sudah matang buahnya akan mempunyai kedaluwarsa harum yang sangat menyengat dengan biji bundar lonjong.


Klasifikasi Nangka

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Rosales

Famili: Moraceae

Genus: Artocarpus

Spesies: Artocarpus heterophyllus


Banyak orang yang menyukai buah ini, baik dimasak sebagai sayur ketika masih muda dan dimakan sebagai buah ketika masak. Jika anda ingin melaksanakan budidaya nangka namun tidak mempunyai lahan yang luas, anda sanggup menanam nangka dalam pot atau yang sering disebut dengan tabulampot nangka. Berikut cara menanam nangka dalam pot:


Cara Menanam Nangka Dalam Pot Atau Tabulampot Nangka


Persiapan Bibit Nangka


Bibit nangka sanggup diperoleh dari biji maupun teknik okulasi. Jika ingin menanam buah nangka dari biji maka harus dipilih biji yang renta dan matng kemudian di bersihkan dengan air kemudian dijemur sekitar 2 jam. Setelah di jemur, rendam kembali biji nagka dengan air hangat selama sekitar 2 hari, barulah sesudah itu lakukan penyemaian.


Sebelum penyemaian, siapkan dahulu daerah persemaian berupa polybag yang diisi dengan media tanam berupa adonan tanah dan pupuk kandang. Jika sudah siap,lakukan penyemaian. Benamkan biji benih nangka 1 biji benih/polybag. Lakukan penyiraman secara rutin sekali sehari yaitu pada sore hari. Jika bibit sudah mempunyai tinggi sekitar 60-70 cm dan mempunyai diameter batang sekitar 1,5 cm, bibit nangka sanggup di pindahkan ke pot tanam yang berukuran lebih besar.


Jika ingin menanam nangka memakai bibit nangka dari teknik okulasi, bibit sanggup dibentuk sendiri atau dengan membelinya di toko tumbuhan yang menjual bibit buah, Setelah bibit dibeli, biarkan bibit selama sekitar 2 ahad biar sanggup mengikuti keadaan dengan lingkungan. Kelebihan dari bibit hasil okulasi atau sambung pucuk ini tumbuhan buah akan cepat berbuah.


Cara Menanam Nangka Dalam Pot


Pertama, siapkan pot tanam berukuran besar atau diadaptasi dengan bibit nangka yang akan ditanam. Selanjutnya, berikan ganjal dasar berupa sterofoam bekas yang di potong dadu biar air dalam pot sanggup poros dan tidak menggenang.


Setelah itu, masukan media tanam dalam pot, media tanam tersebut yaitu berupa adonan tanah gembur, sekam mentah, kompos daun, kompos kotoran hewan, sekam bakardengan perbandingan 1 : 0,5 : 1 : 1 : 0,5 yang diaduk rata sampai tercampur sempurna.


Jika sudah, selanjutnya masukkan bibit nangka ke media tanam kemudian timbun kembali dengan media tanam dengan sedikit dipadatkan. Jika penanaman sudah selesai, tempatkan pada daerah yang sejuk terlebih dahulu, kalau sudah kuar barulah sanggup dipindahkan ke daerah yang panas.


Cara Merawat Tanaman Nangka Dalam Pot


Penyiangan

Lakukan penyiangan terhadap gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya disekitar tumbuhan nangka di pot biar nutrisi yang diharapkan oleh nangka tidak direbut oleh gulma atau tumbuhan pengganggu tersebut.


Pemupukan Susulan

Setelah pohon nangka dalam pot tumbuh dengan baik, maka lakukan pemupukan susulan dengan memakai pupuk organik menyerupai pupuk sangkar atau pupuk organik cair. Pemberian pupuk tersebut sanggup dilakukan sesudah tumbuhan berumur sekitar 6 bulan.


Masa Panen Nangka


Nangka yang ditanam dari biji akan berbuah sesudah berumur sekitar 6-7 tahun. Sedangkan nangka yang ditanam dari bibit okulasi maka nangka akan mulai berbuah sesudah berumur sekitar 3-5 tahun sesudah tanam. Pemanenan nangka sanggup dilakukan ketika nangka masih muda ataupun sudah tua/ matang.


Demikian artikel tentang”Panduan Lengkap Cara Menanam Nangka Dalam Pot Di Rumah Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Menanam Nangka Dalam Pot Di Rumah Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel