Cara Menanam Budidaya Ketumbar Di Dalam Pot Di Rumah Bagi Pemula

Cara Menanam Budidaya Ketumbar Di Dalam Pot Di Rumah Bagi Pemula – Ketumbar merupakan salah satu jenis tumbuhan rempah yang sangat populer. Tanaman dengan nama latin Coriandrum Sativum ini mempunyai daun yang segar berwarna hijau pekat atau gelap yang biasanya di gunakan untuk penyedap banyak sekali kuliner asia. Ketumbar ini juga sering disebut dengan nama Coriender (Chinese Parsley).


Klasifikasi ilmiah Ketumbar

Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Apiales

Famili: Apiaceae

Genus: Coriandrum

Spesies: Coriandrum sativum


Selain dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, ternyata ketumbar mempunyai banyak manfaat diantaranya ibarat sebagai pelancar pencernaan, peluruh kentut atau carminative, peluruh ASI atau lactago, dan penambah nafsu makan atau stomachica, meredakan pusing, muntah-muntah, influenza, wasir, radang lambung dan radang payudara, campak, masuk angin, tekanan darah tinggi, dan lemah syahwat dan masih banyak lainnya. Ketumbar mempunyai banyak manfaat alasannya yaitu ketumbar mempunyai kandungan ibarat sabinene, myrcene, a-terpinene, ocimene, linalool, geraniol, dekanal, desilaldehida, trantridecen, asam petroselinat, asam oktadasenat, d-mannite, skopoletin, p-simena, kamfena, dan felandren.


Karena keuntungannya sebagai bumbu dapur dan mempunyai manfaat kesehatan lainnya, banyak oramh yang membudidayakan tumbuhan ketumbar ini, tapi kalau anda tidak mempunyai lahan yang luas untuk melaksanakan budidaya tumbuhan ketumbar ini, anda sanggup menanam ketumbar di dalam pot/polybag. Berikut selengkapnya:


Cara Menanam Budidaya Ketumbar Di Dalam Pot


Persiapan Bibit dan Penanaman Ketumbar Dalam Pot


Ketumbar biasa diperbanyak melalui bijinya. Bibit ketumbar didapat dari biji yang telah dewasa dan sehat. Jika biji-biji ketumbar tersebut sudah siap, sebelum ditanam biji diseleksi terlebih dahulu.


Biji ketumbar tersebut kemudian direndam di dalam air hangat selama 2 hingga 12 jam untuk mengaktifkan biji ketumbar. Setelah itu, siapkan pot, polybag atau wadah bekas dan isi dengan media tanam berupa adonan tanah yang gembur dan pupuk kandang/kompos dengan kedalaman 1-2 cm. Lalu, semaikan biji dengan kedalam sekitar 1/4 inchi dengan jarak tanam dalam barisan sekitar 6-8 inchi dan beri jarak sekitar 30 cm antar barisan.


Setelah itu, letakkan ketumbar di tempat yang mendapat banyak sinar matahari. Ketumbar perlu sinar matahari yang cukup untuk tumbuh dengan baik. Letakkanlah tumbuhan ketumbar dalam pot di jendela yang mendapat banyak sinar matahari atau letakkan di rumah kaca.


Ketumbar menghendaki kondisi tanah yang lembab untuk germinasi maka penyiraman harus sering dilakukan. Ketumbar membutuhkan air yang cukup pada setiap ahad alasannya yaitu tumbuhan ini mulai germinasi dalam jangka waktu dua hingga tiga minggu.


Biji akan tumbuh dalam masa 7-10 hari. Ketumbar mempunyai masa pertumbuhan yang cukup cepat. Selanjutnya, lakukan penanaman biji yang gres setiap 2 hingga 3 ahad sekali untuk memastikan persediaan ketumbar.


Cara Merawat Ketumbar Dalam Pot


Setelah tumbuhan ketumbar tumbuh dengan ketinggian 2 inchi, sanggup dilakukan pemupukan dengan memakai pupuk nitrogen yang dilarutkan dalam air. Pemupukan tersebut dilakukan seperlunya saja jangan berlebihan, jumlah pupuk yang diharapkan yaitu sekitar 1/4 cangkir untuk setiap 6-7 meter area tanam.


Karena berasal dari tempat beriklim kering, sesudah tumbuhan ketumbar tumbuh kuat, penyiraman sanggup dilakukan seperlunya saja, jangan terlalu banyak. Penyiraman hanya dilakukan guna menjaga kelembaban media tanam.


Jika ketumbar sudah terlalu besar dengan ketinggian telah mencapaui 2-3 inchi, potonglah tumbuhan tersebut. Cabut tumbuhan yang lebih kecil supaya tidak terlalu rapat. Biarkan tumbuhan yang sudah tumbuh lebih besar supaya terus tumbuh hingga antar tumbuhan berjarak 8-10 inchi.


Masa Panen Ketumbar


Saat pemanenan potong daun tunggal dan batang dari kepingan dasar tumbuhan yang berada di erat tanah. Ini juga sanggup dilakukan dikala batang tumbuhan telah mencapai tinggi 4-6 inchi. Potong tumbuhan hingga 2-3 kepingan daun pada setiap minggu. Hal itu akan memacu tumbuhan untuk terus tumbuh.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Budidaya Ketumbar Di Dalam Pot Di Rumah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikui postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Budidaya Ketumbar Di Dalam Pot Di Rumah Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel