6 Panduan Lengkap Cara Budidaya Ubi Ungu Bagi Pemula Agar Cepat Panen

6 Panduan Lengkap Cara Budidaya Ubi Ungu Bagi Pemula Agar Cepat Panen – Ubi Jalar atau Ketela Rambat atau Mantang atau Sweet Potato merupakan salah satu jenis tumbuhan umbi yang kaya akan karbohidrat. Tanaman umbi ini bernam latin Ipomoea batatas. Terdapat 3 jenis ubi jalar yaitu ubi ungu, ubi kuning/oranye dan ubi putih.


Klasifikasi Ubi Jalar

Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Solanales

Famili: Convolvulaceae

Genus: Ipomoea

Spesies: Ipomoea batatas


Dari tiga jenis ubi jalar yang paling diminati yaitu jenis ubi ungu. Ubi ungu ini sering dimanfaatkan sebagai materi masakan menyerupai ice cream ubi ungu. Selain dimanfaatkan sebagai materi masakan yang lezat, berdasarkan penelitian dengan mengkonsumsi ubi ungu efektif menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke; menjaga berat badan; anti kanker dan anti inflamasi.


Cara Budidaya Ubi Jalar Ungu


Syarat Tumbuh Ubi Ungu


Ubi ungu sanggup tumbuh dengan baik pada kawasan kering maupun basah, mempunyai suhu udara antara 21-27 derajat celcius dan mendapat sinar matahari sekitar 11-12 jam salam sehari. Tanah yang baik untuk menanam ubi ungu yaitu tanah yang mempunyai derajat keasaman atau pH sekitar 5,5-7,5.


Persiapan Bibit Ubi Ungu


Perbanyakan bibit ubi ungu sanggup dilakukan dengan 2 (dua) cara yaitu dengan cara generatif melali umbi dan cara vegetatif melalui stek batang.


Cara pembibitan secara generatif yaitu pilihlah bibit yang mempunyai kualitas baik dan sehat, sehabis umbi diperoleh umbi dibiarkan pada tempat yang lembab sampai tunas keluar. Setelah tunas keluar, tunas dipotong dan siap dibesarkan. Namun cara ini jarang dilakukan untuk budidaya skala besar, namun dalam skala kecil saja.


Cara pembibitan secara vegetatif yaitu pilih tumbuhan ubi jalar yang telah berumur 2 bulan lebih yang beruas pendek. Batang yang akan dijadikan bibit di potong sepanjang 15-25 cm dan minimal batang yang akan dipotong tersebut mempunyai 2 ruas batang, daunnya di buang biar mengurangi penguapan. Setelah itu, ikat bibit stek tersebut dan letakkan pada tempat teduh selama seminggu. Disarankan perbanyakan ubi jalar melalui cara ini hanya dilakukan pada 3-5 generasi penanaman alasannya ialah cara ini sanggup menurunkan kualitas tumbuhan umbi.


Persiapan Lahan Tanam Ubi Ungu


Lahan yang akan dipakai untuk budidaya ubi ungu diolah terlebih dahulu. Buang gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya yang ada di sekitar lahan. Kemudian, lakukan penggemburan tanah dengan cara dicangkuli atau dibajak. Setelah itu, buatlah bedengan dengan ukuran tinggi sekitar 30-40cm, lebar 60c-100cm dengan panjang diadaptasi dengan lahan, beri jarak antar bedengan sekitar 40c-60cm. Kemudian lakukan pemupukan dasar dengan pupuk kompos atau pupuk sangkar yang telah matang dengan takaran sekitar 20 ton per hektar lahan.


Cara Menanam Tanaman Ubi Ungu


Setelah semuanya siap, segera lakukan penanaman. Benamkan 2/3 penggalan batang bibit stek batang ke dalam tanah bedengan. Dalam satu bedengan dibentuk 2 baris tumbuhan bibit dengan jarak antar 1 barus sekitar 30 cm dan jarak antar baris sekitar 40 cm.


Perawatan Tanaman Ubi Ungu


Pada awal tanam, lakukan penyiraman secara rutin untuk menjaga kelembaban tanahnya yaitu setiap pagi dan sore. Jika tumbuhan sudah mulai tumbuh optimal penyiraman sanggup dilarang alasannya ialah tumbuhan ubi termasuk tumbuhan yang tahan terhadap kekeringan.


Setelah 2-3 ahad penanaman, lakukan pemeriksaan. Jika ada tumbuhan ubi ungu yang mati atau tidak tumbuh optimal segera lakukan penyulaman dengan menggantinya dengan bibit yang gres biar bibit tetap tumbuh serempak.


Setelah satu bulan tanam, lakukan pembongkaran pada tanah di sisi kanan dan kiri tumbuhan dengan jarak 10 cm, tujuannya biar akar tumbuhan tidak menjalar kemana-mana. Bersamaan dengan ini lakukan pula penyiangan pada gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya disekitar tumbuhan ubi ungu.


Kemudian, sehabis 6-8 ahad lakukan penutupan kembali tanah yang dibongkar dan lakukan juga perapihan pada akar tang keluar biar ubi tumbuh tidak terlalu besar.


Masa Panen Ubi Ungu


Pemanenan ubi ungu sanggup dilakukan sehabis tumbuhan berumur 3,5-4 bulan tanam. Dalam satui hektar laha sanggup dihasilkan umbi sebanyak 25-40 ton.


Demikian artikel pembahasan tentang”6 Panduan Lengkap Cara Budidaya Ubi Ungu Bagi Pemula Agar Cepat Panen“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa




Belum ada Komentar untuk "6 Panduan Lengkap Cara Budidaya Ubi Ungu Bagi Pemula Agar Cepat Panen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel