Cara Menanam dan Merawat Bunga Desember Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula Di Rumah

Cara Menanam dan Merawat Bunga Desember Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula Di Rumah – Bunga desember atau yang berjulukan ilmiah Scadoxus multiflorus (dulu Haemanthus multiflorus) merupakan bunga hias yang termasuk ke dalam family bakung bakungan (Amarillydaceae). Tanaman bunga desember ini berasal dari Afrika (dataran afrika potongan selatan), Arab Saudi, Oman, Yemen dan Seychelles. Pemberian nama desember pada bunga ini mungkin alasannya yaitu bunga desember mekar pada bunlan november-desember. Nama lain bunga desember yaitu blood lily, oxtongue lily, Katherine wheel, blood flower dan powderpuff lily.


Tanaman bunga desember sanggup tumbuh hingga ketinggian sekitar 30-90 cm. Bentuk bunga desember unik yaitu membulat berdiameter 10-30 cm dengan warna merah mencolok dan mempunyai daun berwarna hijau cerah.


Klasifikasi Bunga Desember

Kingdom: Plantae

Subkingdom: Tracheobionta

Super Divisi: Spermatophyta

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Liliopsida

Sub Kelas: Liliidae

Ordo: Liliales

Famili: Amaryllidaceae

Genus: Haemanthus

Spesies: Haemanthus multiflorus


Manfaat bunga desember terletak pada umbinya yang banyak mengandung saponin, flavonoida dan polifenol berguna sebagai obat luka bakar.


Cara Menanam Bunga Desember


Pemilihan Bibit Bunga Desember


Perbanyakan bibit bunga desember sanggup dilakukan dengan memakai umbi. Pilih umbi yang berukuran besar, berwarna cerah dan mengkilap, sehat, tidak ada luka.


Setelah umbi diperoleh, selanjutnya basuh umbi hingga bersih. Biarkan umbi diruangan higienis dan gelap selama beberapa hari hingga umbi bertunas.


Siapkan media tanam berupa gabungan tanah yang gembur, subur dan porous dengan pasir dan kompos atau humus dengan perbandingan 1:1:1. Ayak media tersebut dan hanya ambil potongan yang halusnya saja, setelahnya aduk media secara merata.


Masukkan media tanam tersebut ke pot/polybag berukyran sedang dengan diameter sekitar 10 cm atau sanggup diubahsuaikan dengan ukuran umbi yang akan ditanam. Siram media tanam, maka media tanam akan menyusut kemudian isi lagi hingga penuh.


Jika sudah siap, tanam umbi ke media tanam dengan hati-hati jangan hingga merusak umbi dan melukai potongan tunas. Buatlah lubang tanam seukuran umbi kemudian masukkan umbi dan timbun kembali. Lakukan perawatan secara rutin yaitu penyiraman sebanyak 2 kali sehari atau diubahsuaikan dengan kondisi media tanam dan juga cuaca, sesudah bibit bunga desember berumur sekitar 2 ahad sesudah tanam lakukan penyemprotan fungisida dan pestisida.


Penanaman Bunga Desember


Setelah 3-4 bulan umbi di tanam, pindahkan bibit ke pot atau lahan tanam yang sebenarnya. Siapkan pot berukuran besar dengan diameter sekitar 25-35 cm kemudian isi pot dengan media tanam berupa gabungan tanah, kompos dan pasir dengan perbandingan 1:1:1 yang diayak terlebih dahulu. Namun sebelumnya potongan dasar pot diberi pecahan kerikil bata biar nantinya air tidak menggenang.


Jika semua sudah siap, segera lakukan penanaman. Lepaskan polybag pada bibit bunga desember dengan hati-hati biar tidak merusak perakaran dan media tanamnya, kemudian masukkan bibit ke media tanam dalam pot kemudian tutup kembali hingga umbi tertutup semua dan lakukan penyiraman secukupnya sesudah itu. Letakkan pot bunga desember pada daerah yang teduh tapi tetap mendapat sinar matahari.


Perawatan Bunga Desember


Jangan terlalu sering melaksanakan penyiraman dikala cuaca lembab alasannya yaitu sanggup menjadikan kebusukan umbi. Pada dikala kemarau penyiraman sanggup dilakukan 2 kali sehari dengan memakai hand sprayer.


Lakukan pemangkasan atau mebuangan pada daun yang rusak atau menguning. Selain itu, lakukan pemupukan dengan memakai pupuk NPK.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Desember Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula Di Rumah”, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Bunga Desember Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula Di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel