Cara Menanam Dan Merawat Bunga Dandelion Sebagai Tanaman Hias Di Rumah

Cara Menanam Dan Merawat Bunga Dandelion Sebagai Tanaman Hias Di Rumah – Dandelion atau Randa Tapak (Taraxacum officinale) yaitu tumbuhan berbunga dengan ukuran bunga kecil yang akan terbang kalau tertiup angin. Bunga ini merupakan bab dari Taraxacum yaitu suatu genus besar dalam keluarga Asteraceae. Tanaman bunga dandelion berasal dari Eropa dan Asia kemudian menyebar ke segala tempat. Tanaman bunga dandelion ini yaitu tumbuhan liar.


Klasifikasi ilmiah

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Asterales

Famili: Asteraceae

Genus: Taraxacum


Ada banyak sekali macam varietas bunga dandelion, bunga dandelion berwarna putih kalau sudah bau tanah dan kuning dikala awal berbunga. Namun kebanyakan orang mengetahui bunga dandelion berwarna putih dengan bentuk bundar dan mempunyai banyak biji. Nah biji inilah yang nantinya akan dijadikan benih untuk perbanyakan tumbuhan dandelion. Sedangkan di alam aslinya, perbanyakan dandelion dibantu oleh angin. Ada banyak sekali filosofi bunga dendalion yaitu meniup bunga dandelion menjadi simbol pengharapan “Blow a dandelion and make wish”. Filosofi hidup bunga dandelion juga patut ditiru yaitu sanggup tumbuh dan berbunga dimana saja meski daerah itu ekstrim dan gersang. Artinga sekeras dan sesulit apapun hidup yang dijalani kita harus tetap tumbuh dengan indah.


Manfaat bunga dandelion yaitu daunnya sanggup dijadikan salad, bab umbinya sanggup dibakar sebagai pengganti kopi. Selain itu, tumbuhan dandelion merupakan sumber vitamain H yang baik bagi tubuh dan sanggup membantu menurunkan berat tubuh secara alami.


Cara Menanam dan Merawat  Bunga Dandelion


Persiapan Bibit Bunga Dandelion


Untuk mendapat benih bibit dandelion, sanggup dengan mencarinya di alam liar. Namun kalau tidak ingin repot, benih dandelion sanggup diperoleh dengan membelinya di toko yang menjual bibit.


Persiapan Lokasi Tanam Bunga Dandelion


Lokasi yang dipilih untuk menanam bunga dandelion sebaiknya dipilih sesuai dengan habitat aslinya yaitu lo9kasi yang terbuka dan terkena cahaya matahari pribadi menyerupai di pekarangan.


Buatlah lubag tanam dengan ukuran sekitar 20 cm x 20 cm x 20 cm. Kemudian, tambahkan 1-2 kg pupuk sangkar ke dalam lubang tanam dan biarkan selama satu minggu. Gemburkan tanah yang ada disekitar lubang tanam. Jika sudah satu minggu, lubang tanam sudah siap ditanami bibit dandelion.


Cara Menanam Tanaman Dandelion


Penanaman bunga dandelion sanggup dilakukan dengan 2 cara yaitu biji benih dandelion ditanam pribadi ke dalam lubang tanam atau biji benih bunga dandelion disemai terlebih dahuludi polybag gres sehabis tumbuh ditanam ke lahan tanam. Namun disarankan pembibitan dandelion dilakukan dengan cara menyemaikan benihnya terlebih dahulu alasannya yaitu angka kehidupan bibit lebih tinggi. Cara menyemai benih bunga dandelion yaitu:


Benih disimpan terlebih dahulu ditempat yangh sejuk dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Selanjutnya, siapkan polybag berisi media tanam berupa adonan tanah halus, pupuk sangkar dan sedikit pasir. Bagian bawah polybag dilubangi semoga air sanggup keluar.


Jika sudah siap, semaikan biji dandelion tersebut ke media tanam dalam polybag. Setelah disemai, lakukan penyiraman dengan air secukupnya. Tapi kalau biji keluar dikala penyiraman, maka timbun kembali dengan media tanamnya.


Cara Merawat Bunga Dandelion


Sama halnya dengan tumbuhan hias lainnya, perawatan bunga dandelion tidak begitu sulit. Lakukan penyiraman secara rutin sebanyak 2 kali sehari. Pemupukan sanggup dilakukan setiap 3 ahad sekali dengan memakai pupuk kandang, pemupukan ini dilakukan pada bab tajuk tanaman. Selain itu, lakukan pula penyiangan pada gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya secara rutin.


Masa Berbunga Bunga Dandelion


Setelah 3 bulan tanam, tumbuhan dandelion akan mulai berbunga. Pada awal berbunga,bunga dandelion berwarna kuning dan akan berwarna putih dikala mulai menua.


Kepala bunga dandelion berdiameter sekitar 2-5 cm dan seluruhnya terdiri dari sinat kuntum. Bunga yang matang akan berubah menhadi kepala am yaitu berbentuk bulat. Bunga yang sudah bau tanah akan terbang kalau tertiup angin.


Demikian artikel pembahasan perihal “Cara Menanam Dan Merawat Bunga Dandelion Sebagai Tanaman Hias Di Rumah“,  semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Dan Merawat Bunga Dandelion Sebagai Tanaman Hias Di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel