Cara Menanam Jeruk Dekopon Dalam Pot (Tabulampot Jeruk Dekopon) Di Rumah Bagi Pemula

Cara Menanam Jeruk Dekopon Dalam Pot (Tabulampot Jeruk Dekopon) Di Rumah Bagi Pemula – Jeruk Dekopon ialah salah satu jenis jeruk yang berasal dari Jepang.Jeruk dekopon ini merupakan jeruk hasil persilangan antara jeruk kiyomi dan ponka asal Jepang. Jeruk derkopon ini mempunyai bentuk yang unik dan berukuran besar, rasa jeruk dekopon lebih bagus dari varietas jeruk lokal dan bertekstur lunak serta berserat halus tanpa biji. Berat buah jeruk dekopon ini sanggup mencapai 1,4 kg.


Harga jeruk dekopon ini berkisar antara 50-80 ribu/kg, jadi tak heran kalau banyak orang yang mulai membudidayakan jeruk dekopon untuk dijadikan peluang perjuangan yang menjanjikan. Di Indonesia, jeruk dekopon ini banyak di budidayakan di kawasan bandung parongpong ciwidey.


Jika kalian ingin menanam jeruk dekopon ini tapi kalian tidak mempunyai lahan yang luas, kalian sanggup menanam jeruk dekopon dalam pot atau tabulampot jeruk dekopon. Berikut selengkapnya.


Cara Menanam Jeruk Dekopon Dalam Pot atau Tabulampot Jeruk Dekopon


Persiapan Bibit Jeruk Dekopon


Perbanyakan jeruk dekopon sanggup diperoleh melalui cangkok dan okulasi. Namun kalau tidak ingin ribet, bibit jeruk dekopon sanggup diperoleh dengan membelinya di toko bibit.


Pastikan bibit yang dipilih bersertifikat unggul, sehat, tidak berpenyakit, berdaun segar, berbatang kokoh dan bercabang rindang.


Persiapan Tempat Tanam dan Media Tanam Jeruk Dekopon


Siapkan tempat tanam berupa pot dengan diameter sekitar 20 cm (jika bibit berukuran kecil) dan 40 cm (jika bibit berukuran besar)


Siapkan media tanam berupa adonan tanah, sekam dan pupuk organik dengan perbandingan 3:1:1. Ketiga materi tersebut dicampur sampai rata, selanjutnya diamkan adonan media tanam tersebut selama sekitar 3-5 hari biar mikroorganisme yang sanggup mengganggu pertumbuhan jeruk dekopon mati.


Penanaman Jeruk Dekopon Dalam Pot


Jika semuanya sudah siap, segera lakukan penanaman. Bagian dasar pot diberi pecahan bata atau genting biar nantinya air penyiraman sanggup keluar dan tidak menggenang. Selanjutnya, masukkan media tanam sampai setengah penggalan dari volume pot yang digunakan. Letakkan bibit jeruk dekopon sempurna ditengah pot dengan posisi tegak. Setelah itu, masukkan kembali media tanam sampai sekitar 2 cm dari bibir pot dan sedikit padatkan biar bibit sanggup bangkit dengan kokoh. Setelah itu, lakukan penyiraman secukupnya sampai tanah tampak lembab.


Perawatan Tabulampot Jeruk Dekopon


Lakukan penyiraman sebanyak 1-2 kali sehari pada 2 ahad pertama penanaman jeruk dekopon. Setelah itu, penyiraman sanggup dilakukan cukup 1 kali saja tapi sesuai kondisi kelembabannya. Lakukan pemangkasan pada ranting-ranting yang tidak perlu serta penyiangan pada gulma atau tumbuhan pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar pohon jeruk dekopon.


Agar nutrisi tumbuh yang dibutuhkan tumbuhan jeruk dekopon terpenuhi, lakukan pemupukan. Pemupukan tersebut sanggup dilakukan dengan memakai pupuk kombinasi kimia ataupun pupuk organik ibarat pupuk NPK buah dan pupuk sangkar atau pupuk kompos.


Demikian artikel ihwal “Cara Menanam Jeruk Dekopon Dalam Pot (Tabulampot Jeruk Dekopon) Di Rumah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Jeruk Dekopon Dalam Pot (Tabulampot Jeruk Dekopon) Di Rumah Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel