Alternatif Media Aklimatisasi Kantong Semar

Sphagnum moss alias lumut selama ini menjadi pilihan utama media aklimatisasi planlet kult Alternatif Media Aklimatisasi Kantong SemarSphagnum moss alias lumut selama ini menjadi pilihan utama media aklimatisasi planlet kultur jaringan nepenthes alias kantong semar. Sifat sphagnum moss yang bisa mengikat air sekaligus menjaga kelembapan media dalam waktu usang efektif mujarab mengurangi stres tanaman pada proses aklimatisasi itu. Meski demikian, harga sphagnum moss yang mahal acapkali menjadi kendala.


Alternatif media aklimatisasi pengganti sphagnum moss yang murah sanggup menggunakan kombinasi arang sekam serta cocopeat dengan perbandingan 1:1. Caranya, kedua materi itu dicampurkan terlebih dahulu lantas direndam dalam wadah air selama sehari semalam. Sebelum digunakan di pot, materi media itu diperas. Pemindahan planlet kantong semar dilakukan dengan mengisi ¾ pot dengan media aklimatisasi itu.


Selanjutnya, planlet yang dipisahkan dari media semoga di wadah air, akarnya terlebih dahulu dibungkus media tanam tersebut. Berikutnya, planlet ditanam di dalam dalam pot. Selama berada dalam media aklimatisasi sekitar 3 bulan, tanaman harus tertutup.


Belum ada Komentar untuk "Alternatif Media Aklimatisasi Kantong Semar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel