Petai Cina Obat Bengkak

 Namun bukan itu khasiat anggota famili Rosalles bagi Rizal  Petai Cina Obat BengkakBuah petai cina Leucaena glauca lazim digunakan menjadi materi sayur. Namun bukan itu khasiat anggota famili Rosalles bagi Rizal (32 tahun). Pria di Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat itu memanfaatkan daun petai cina sebagai obat nanah jawaban luka luar.


Rizal menuturkan pengalaman setelah terjatuh dari motor pada medio 2016. “Tangan kanan lecet-lecet dan luka. Lukanya pun membengkak,” ujarnya. Sang ayah, Soekardi (62 tahun) berinisiatif mencari daun petai cina untuk mengobati luka nanah Rizal tersebut. “Itu obat alami untuk bengkak,” kata Rizal menjiplak ucapan sang ayah.


Segenggam daun petai cina dicuci kemudian digerus halus dalam cobek. Daun petai halus itu lantas dibalurkan pada bab luka. Setiap 4-5 jam, diulang lagi. “Hanya 2 hari, bengkaknya kempes serta luka mulai menutup,” tuturnya.


Sejumlah riset menyebutkan khasiat dan manfaat daun petai cina yang berefek antiinflamasi alias antiradang. Sejatinya, inflamasi merupakan respon badan terhadap luka jaringan jawaban aneka pemicu menyerupai luka fisik serta zat kimia serta mikrobiologik. Singkat kata, proses inflamasi itu diawali kondisi eritema (kemerahan), edema (pembengkakan) yang acapkali disertai rasa panas dan demam, pun berujung timbul nyeri.


Senyawa saponin pada daun petai cina bisa menekan kegiatan radang tersebut dengan menghambat perantara radang. Itu lantaran daun petai cina bisa mengempeskan bengkak. Yang menarik, senyawa lain pada daun petai cina ternyata bersifat antiseptik. Sifat itu sanggup meminimalisir munculnya infeksi pada luka.


Belum ada Komentar untuk "Petai Cina Obat Bengkak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel