Cara Menanam Zucchini atau Zukini Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula

Cara Menanam Zucchini atau Zukini Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula – Zucchini atau Zukini (Timun Jepang) ialah salah satu jenis labu-labuan yang buahnya dipanen sebelum matang untuk dijadikan sayuran. Warna kulit zucchini atau zukini ada yang hijau muda, hijau dan kuning. Bentuk zucchini atau zukini hampir sama dengan mentimun biasa dan adapula yang berbentuk lingkaran ibarat botol tergantung kultivarnya.


Zucchini atau Zukini mempunyai banyak manfaat. Adapun manfaat zucchini atau zukini diantaranya sanggup sebagai antioksidan sebab Zucchini merupakan sumber yang baik dari Vitamin C, Vitamin A dan juga mangan. Kandungan anti oksidan lain yang ada pada zucchini antara lain lutein dan zeaxanthin. selain kandungan tersebut zucchini juga mengandung Vitamin B kompleks( B1,B2,B3,B6,folat dan kolin) dan juga serat pangan.


Biasanya zucchini atau zukini ini dimasak dengan kuah encer ibarat halnya oyong/gambas dan blusdru. zukini ini juga ada yang memasaknya dengan cara dipotong-potong kemudian digoreng dan tak jarang pula yang memakannya secara eksklusif tanpa diolah.


Jika anda ingin menanam zucchini ini tapi tidak mempunyai lahan yang luas, anda sanggup menanam zucchini dalam pot atau tabulampot zucchini.


Cara Menanam Zucchini/Zukini Dalam Pot Atau Tabulampot Zukini


Persiapan Benih Zukini


Benih zukini sanggup anda peroleh dengan membelinya di toko pertanian, pilihlah benih dengan kualitas terbaik biar zukini yang dihasilkan berkualitas terbaik pula. Setelah benih diperoleh, selanjutnya benih direndam selama sekitar 2 jam. Benih yag dipakai ialah benih yang karam saja yang mengapung dibuang saja sebab kualiatasnya kurang bagus.


Penyemaian Benih Zukini


Setelah benih direndam, lakukan penyemaian. Namun sebelumnya siapkan dahulu media semainya, media semai yang dipakai berupa tanah dan arang sekam padi. Kemudian kedua media semai tersebut di campur, sesudah itu masukkan dalam polybag semai. Jika sudah selesai, selanjutnya semaikan benih zukini dan letakkan di daerah yang tidak terkena hujan biar nantinya bibit tidak gampang patah.


Penanaman Zucchini atau Zukini Dalam Pot


Siapkan pot berukuran cukup besar (karena bibit zucchini akan membesar) atau sanggup juga diadaptasi dengan ukuran bibit yang kan ditanam. Selanjutnya, isi pot dengan media tanam berupa gabungan tanah, peat moss dan kompos. Jika sudah siap segera lakukan penanaman. Karena zukini membutuhkan sinar matahari, maka tempatkan pada daerah yang terkena sinar matahari sepanjang hari.


Perawatan Tanaman Zukini


Lakukan pemangkasan pada daun yang telah renta biar tumbuhan tidak terlalu rimbun yang menimbulkan tumbuhan lembab dan berakibat jamur akan cepat berkembang. Lakukan penyiraman pada zukini apabila tidak terjadi hujan. Selain itu, jikalau tumbuhan zukini terjangkit hama dan penyakitdapat dilakukan pengendalian secara manual yaitu membunuh hama yang ada pada tumbuhan dan secara kimiawi yaitu dengan cara melaksanakan penyemprotan memakai pestisida alami.


Masa Panen Zukini


Pemanenan zukini sanggup dilakukan sesudah berumur sekitar 7-10 hari sesudah tumbuh putik. Pemanenan ini dilakukan dengan cara memotong pangkal buahnya.


Demikian artikel pembahasan perihal “Cara Menanam Zucchini atau Zukini Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Zucchini atau Zukini Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel