Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Jeruk Sambal Agar Cepat Berbuah Lebat

Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Jeruk Sambal Agar Cepat Berbuah Lebat – Jeruk sambal atau jeruk limau atau jeruk limo (Citrus amblycarpa) yaitu salah satu varietas jeruk yang mempunyai aroma bacin dan masuk sebagai materi bumbu masakan. Jeruk sambal ini sering dipakai sebagai penambah aroma bacin dan segar pada masakan menyerupai soto, bumbu siomay atau sambal. Jeruk sambal hampir menyerupai dengan jeruk purut tapi bentuknya lebih kecil.


Pohon jeruk sambal berbentuk perdu kecil dengan ketinggian sekitar 1-2 meter; daunnya berupa daun beragam berwarna hijau, tipis dan beraroma wangi; bunga jeruk sambal berwarnba putih dan beraroma wangi; Buah jeruk sambal berukuran kecil dengan diameter sekitar 2-3 cm, berwarna hijau dikala masih muda dan akan menjelma kuning kalau semakin tua, berkulit tebal, berkerut-kerut dan beraroma wangi; daging buah jeruk sambal berwarna putih dan mempunyai rasa asam.


Cara Menanam Budidaya Jeruk Sambal


Pemilihan Bibit Jeruk Sambal


Bibit jeruk sambal sanggup didapatkan dengan melaksanakan pembibitan terlebih dahulu, pembibitan tersebut sanggup memakai cara vegetatif berupa penyambungan tunas pucuk ataupun generatif dari biji. Jika anda tidak ingin repot, kalian sanggup membeli bibit jeruk sambal di toko tanaman. Pilihlah bibit yang sehat bebas hama dan penyakit, subur, mempunyai diameter batang 2-3 cm, permukaan batang halus, akar serabut banyak, akar tunggang berukuran sedang dan mempunyai sertifikasi penangkaran bibit.


Pemilihan Lokasi Tanam Jeruk Sambal


Tanaman jeruk sambal termasuk tumbuhan yang gampang tumbuh dimana saja. Jeruk sambal sanggup tumbuh baik pada tempat di dataran rendah hingga dataran tinggi. Lokasi tanam yang perlu disiapkan untuk menanam jeruk sambal harus higienis dari rerumputan , mendapat matahari secara pribadi tidak ada yang menaungi serta tanahnya kaya akan materi organik.


Persiapan Lubang Tanam Jeruk Sambal


Jika lahan tanam sudah siap, selanjutnya buatlah lubang tanam. Lubang tanam dibentuk dengan ukuran 50 cm x 50 cm x 50 cm. Jika lubang tanam sudah final dibuat, biarkan lubang tersinari sinar matahari kurang lebih 2-3 hari tujuannya untuk mematikan basil yang ada dalam lubang tanam.


Kemudian, buatlah media tanam berupa adonan tanah dengan kompos/pupuk sangkar yang sudah terfermentasi dan juga sekam untuk menutup lubang tanam kalau bibit sudah sudah siap untuk ditanam.


Penanaman Jeruk Sambal


Jika semuanya sudah selesai, segera lakukan penanaman. Letakkan pangkal bibit ke dalam lubang tanam. Jika bibit di beli dari toko bibit biasanya bibit sudah tertanam dalam media polybag, maka sebelum ditanam robek plastik polybagnya terlebih dahulu namun jangan hingga media tanamnya rusak dan akarnya terputus alasannya akan mengganggu perkembangan akar. Selanjutnya, letakkan pada lubang tanam dan posisikan bibit tegak lurus jangan miring.


Selanjutnya, tutup lubang tanam dengan media tanam berupa adonan tanah dengan kompos/pupuk sangkar dan sekam yang telah disiapkan sebelumnya. Tutup lubang tanam hingga rata, kemudian padatkan sedikit biar bibit tidak gampang roboh, kemudian siram media tanamnya hingga benar-benar meresap. Penyiraman tersebut sanggup dilakukan dengan pertolongan alat menyerupai gembor.


Perawatan Tanaman Jeruk Sambal


Pemasangan Ajir

Tanaman jeruk sambal yang gres ditanam membutuhkan penyangga dalam proses pembiasaan dengan lingkungan barunya. Maka dari itu, diharapkan ajir untuk menopang bibit jeruk limo biar tidak gampang roboh atau berubah posisi yang diakibatkan oleh gangguan dari luar menyerupai angin atau yang lainnya. Ajir tersebut sanggup dibentuk dari bambu yang dibelah menjadi beberapa serpihan dengan ukuran diadaptasi dengan ukuran bibit.


Pemupukan

Tanaman jeruk sambal memerlukan asupan nutrisi secara bersiklus dalam kelangsungan pertumbuhannya. Tanaman yang nutrisinya tercukupi tentu pertumbuhannya akan lebih cepat, subur, dan tidak gampang terjangkit penyakit. Untuk itu perlu dilakukan pemupukan secara rutin, setidaknya lakukan setiap 1 bulan sekali.


Penyiangan, Penyiraman dan Pemangkasan

Lakukan penyiangan pada gulma atau tumbuhan pengganggu lain yang ada disekitar tumbuhan jeruk sambal biar pertumbuhannya tidak terganggu. Selain itu lakukan penyiraman secara rutin yaitu sebanyak 1-2 kali sehari tergantung kelembaban tanah pada lahan tanam. Jika ada cabang-cabang yang kering atau tidak perlu, anda sanggup melaksanakan pemangkasan.


Merangsang Munculnya Bunga/Buah Jeruk Sambal


Agar tumbuhan jeruk sambal cepat berbuah dengan kualitas baik maka perlu diaplikasikan hormon perangsang buah. Pemberian hormon perangsang buah ini sanggup menciptakan tumbuhan cepat memproses munculnya buah. Buah yang dihasilkan akan lebih baik, sehat dan lebih padat. Tak hanya itu, hormon perangsang buah akan memproduksi buah lebih banyak, sehingga tumbuhan menjadi lebat buah. Untuk mengaplikasikan hormon perangsang buah ini sanggup dilakukan dengan cara disemprotkan ke tumbuhan jeruk sebanyak 1 bulan sekali.


Demikian artikel ihwal “Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Jeruk Sambal Agar Cepat Berbuah Lebat“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Jeruk Sambal Agar Cepat Berbuah Lebat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel