Panduan Lengkap Cara Menanam Srikaya Dalam Pot (Tabulampot Srikaya) Agar Cepat Berbuah

Panduan Lengkap Cara Menanam Srikaya Dalam Pot (Tabulampot Srikaya) Agar Cepat Berbuah – Srikaya atau buah nona (Annona squamosa) merupakan nama tumbuhan sekaligus buah yang dihasilkan yang masuk dalam genus Annona. Tanaman srikaya berasal dari tempat tropis. Buah Srikaya mempunyai kulit dengan mata banyak berbenjol hampir serupa dengan sirsak, daging buah sirsak berwarna putih, bentuk buahnya bulat atau ibarat kerucut cemara dengan ukuran diameter sekitar 6-10 cm. Terdapat beberapa jenis srikaya diantaranya srikaya lumut, srikaya gading, srikaya bangkok, srikaya australia (srikaya merah, pinks mammoth)


Klasifikasi ilmiah

Kingdom: Plantae

(tidak termasuk): Angiospermae

(tidak termasuk): Magnoliids

Ordo: Magnoliales

Famili: Annonaceae

Genus: Annona

Spesies: Annona squamosa


Karena Srikaya merupakan sumber zat besi yang baik, selain itu akar tumbuhan srikaya sanggup dimanfaatkan sebagai anti radang dan juga anti depresi. Daun srikaya dimanfaatkan sebagai astringen, antiradang, peluruh cacing usus (anthelmintik), serta mempercepat pemasakan bisul dan abses. Biji srikaya sanggup dimanfaatkan untuk memacu enzim pencernaan, abortivum, anthelmintik, dan pembunuh serangga (insektisida). Kulit kayu tumbuhan sirkaya sanggup dimanfaatkan sebagai astringen dan tonikum. Buah srikaya muda dan biji sanggup dimanfaatkan sebagai antiparasit.


Cara Menanam Srikaya Dalam Pot atau Tabulampot Srikaya


Persiapan Bibit Srikaya


Perbanyakan tumbuhan srikaya sanggup dilakukan secara generatif melalui biji yang disemai pada lahan semai, kemudian biji akan mulai berkecambah sesudah 2-4 ahad sesudah semai, sesudah bibit berumur 6 bulan maka selanjutnya sanggup ditanam pada lahan tanam.


Selain dengan cara generatif atau memakai biji, perbanyakan tumbuhan srikaya sanggup dilakukan juga secara vegetatif ibarat grafting, okulasi dan juga cangkok. Tapi kalau tidak ingin repot, anda sanggup membeli bibit tumbuhan srikaya di toko tanaman.


Penanaman Bibit Srikaya Dalam Pot


Jika bibit sudah siap, selanjutnya sanggup dilakukan penanaman. Siapkan pot berdiameter 40 cm atau diadaptasi dengan ukuran bibit yang akan ditanam.


Siapkan media tanam berupa adonan tanah, pupuk sangkar dan serbuk gergaji dengan perbandingan 2:1:1 atau sanggup juga adonan tanah, sekam dan humus berbatu dengan perbandingan 1:1:1.


Jika semua sudah siap, segera lakukan penanaman. Pada bab dasar pot diberi pecahan, watu bata atau ijuk kemudian masukkan media tanam sampai setengah ketinggian pot, masukkan bibit ke dalam pot sempurna di tengah-tengah tapi sebelumnya buka dulu pobybagnya. Setelah itu, masukkan kembali media tanm sampai ketinggian 2 cm dari bibit pot tanam dan padatkan. Lakukan penyiraman dan letakkan pada tempat ternaungi selama sekitar satu minggu.


Perawatan Tabulampot Srikaya


Penyiraman sanggup dilakukan sebanyak dua kali sehari kalau demam isu kemarau dan dilakukan kalau media tanam terlihat kering dikala demam isu hujan.


Lakukan pemupukan dengan memakai pupuk NPK setiap 3 bulan sekali dan pupuk sangkar setiap 6 bulan sekali. Selain itu, berikan pula pupuk hayati setiap 2 ahad sekali.


Setelah muncul bakal bunga, berikan pupuk cair untuk bunga dan buah setiap 2 ahad sekali. Ketika bunga sudah muncul, berikan pupuk NPK dan sesudah buah muncul, berikan pupuk cair untuk buah.


Untuk mempercepat pertumbuhan bunga dan buah, lakukan pemangkasan. Pangkas batang utama tanaman, nantinya batang utama tersebut akan menghasilkan beberapa cabang primer dan pertahankan dan pelihara tiga cabang agara pertumbuhan tumbuhan maksimal.


Kemudian tiga cabang primer tersebut dipangkas sampai menyisakan cabang sepanjang 50-70 cm, pemangkasan cabang primer akan menghasilkan cabang sekunder. Dari keseluruhan cabang sekunder yang tumbuh, sisakan 3 cabang. Setelah 3 cabang sekunder tersebut tumbuh maksimal, pangkas cabang untuk menghasilkan cabang tersier. Pada cabang tersier nantinya bunga akan muncul dan tumbuh menjadi buah. Setelah buah muncul, bungkus buah biar tidak terjangkit hama.


Pemanenan Srikaya


Tanaman srikaya mulai berbunga sesudah berumur sekitar 3-4 tahun, Buah akan sanggup mulai dipanen sesudah buah berumur sekitar 110-120 hari sesudah masa pembungaan. Biasanya tumbuhan yang berumur 6 tahun mempunyai produksi buah sebanyak 50-60 buah/tanaman.


Demikian artikel perihal “Panduan Lengkap Cara Menanam Srikaya Dalam Pot (Tabulampot Srikaya) Agar Cepat Berbuah” semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Menanam Srikaya Dalam Pot (Tabulampot Srikaya) Agar Cepat Berbuah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel