Cara Menanam dan Merawat Bunga Pagoda Yang Kaya Akan Manfaat

Cara Menanam dan Merawat Bunga Pagoda Yang Kaya Akan Manfaat – Bunga pagoda (Clerodendron paniculatum) termasuk tumbuhan meranggas yang sering dijadikan sebagai tumbuhan hias di pekarangan rumah atau jalan raya. Tanaman bunga pagoda ini termasuk dalam famili Verbenaceae, berbentuk semak tahunan dengan tinggi 1-2 meter. Batang tumbuhan ini tegak, bulat, sedikit bercabang, berwarna putih kehitaman. Daunnya tunggal berseling, berbentuk jantung, tepi neringitujung runcing, pangkal bertoreh dengan ukuran panjang sekitar 15-30 cm dan lebar 10-25 cm, pertulangan melengkung serta permukaan kasar. Bunga pagoda ini majemuk, berbentuk payung, terletak diujung batang atau cabang, tangkai silindris. Kelopak berbentuk corong, bercangap, mahkota bunganya berbentuk tabung dengan ujung bercangap lima dan berwarna oranye. Ada berberapa jenis bunga pagoda diantaranya putih, kuning dan merah.


Tanaman bunga pagoda ini mempunyai banyak manfaat, adapun manfaat bunga pagoda yaitu: akar bunga pagoda sanggup dipakai sebagai anti radang, peluruh kencing, menyembuhkan infeksi dan menghancurkan darah beku; daunnya sanggup digunakanuntuk mengeluarkan nanah dan sebagai obat anti radang dan bunga pagoda sendiri bsa dipakai untuk menghentikan pendarahan.


Klasifikasi Ilmiah Bunga Pagoda

Kingdom: Plantae

Subkingdom: Tracheobionta

Superdivisi: Spermatophyta

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Super Kelas: Asteridae

Ordo: Lamiales

Famili: Verbenaceae

Genus: Clerodendron

Spesies: Clerodendron paniculatum


Cara Menanam dan Merawat Bunga Pagoda


Syarat Tumbuh Bunga Pagoda


Pada umumnya, bunga pagoda sanggup ditanam di pekarangan rumah, taman atau tepi jalan. Tanaman ini sanggup tumbuh didaerah dataran tinggi dengan ketinggian 1.300 mdpl. Spesies ini tumbuh di hampir semua habitat tropis, hutan hujan ropis, semak belukar dan akrab dengan sumber air.


Tempatkan tumbuhan pada pot


Pada ketika menanam, letakkan ijuk pada dasar pot untuk pengikat air dan memperlihatkan rongga udara semoga akar sanggup bernafas kemudian masukkan media tanam.


Pilih media tanam yang baik


Gali lubang tanam di media tanam yang digunakan, kemudian letakkan batang tumbuhan dan padatkan dengan tanah. Jangan lupa sisakan 2 cm antara permukaan tanah dengan bibir pot.


Lakukan penyiraman secara rutin, idealnya pada pagi dan sore hari


Baiknya ketika melaksanakan penyiraman, lakukan dengan memakai semprotan. Semprotlah pada bab akar, jangan hingga terkena daun dan bunga semoga tidak cepat layu.


Perhatikan asupan cahaya matahari yang cukup pada tanaman


Jika tumbuhan bunga pagoda diletakkan di dalam ruangan, maka lakukan penjemuran selama 3-4 jam dibawah sinar matahari pagi, jikalau sudah letakkan kembali ke dalam ruangan.


Agar tumbuhan tidak layu dan tetap tumbuh subur


Agar tumbuhan tidak cepat layu, lakukan penyuntikkan dengan cairan pestisida semoga tidak terjangkit hama. Ketika daun terlihat layu dan kering, lakukan pemangkasan dengan memakai gunting. Pemangkasan ini dibutuhkan semoga tumbuhan tumbuh dengan baik dan subur.


Demikian artikel pembahasan ihwal “Cara Menanam dan Merawat Bunga Pagoda Yang Kaya Akan Manfaat“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa





Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Bunga Pagoda Yang Kaya Akan Manfaat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel