Panduan Lengkap Cara Menanam Cherry/Ceri dari Biji Agar Cepat Berbuah Lebat Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Menanam Cherry/Ceri dari Biji Agar Cepat Berbuah Lebat Bagi Pemula – Ceri atau Cherry yaitu tumbuhan buah dari marga Prunus. Selain itu bunga dan buah ceri juga dijadikan hiasan hidangan masakan atau minuman. Buah ceri mengandung antosianin, yaitu pigmen warna merah yang baik untuk kesehatan alasannya yaitu merupakan antioksidan. Musim tanam Ceri sangat singkat dan sanggup tumbuh didaerah beriklim sedang. Musim puncak untuk panen ceri yaitu di ekspresi dominan panas. Ada bayak jenis buah ceri, tetapi jenis ceri yang sering kita konsumsi yaitu Prunus avium (Ceri manis) dan Prunus cerasus (Ceri asam).


Klasifikasi ilmiah Ceri

Kerajaan: Plantae

Divisi: Tumbuhan berbiji

Upadivisi: Tumbuhan berbiji tertutup

Kelas: Tumbuhan berkeping satu

Ordo: Rosales

Famili: Rosaceae

Upafamili: Prunoideae

Genus: Prunus

Upagenus: Cerasus

Species:

Prunus apetala

Prunus avium (Ceri manis)

Prunus campanulata

Prunus canescens

Prunus cerasus (Ceri asam)

Prunus concinna

Prunus conradinae

Prunus dielsiana

Prunus emarginata (Ceri pahit)

Prunus fruticosa

Prunus incisa

Prunus litigiosa

Prunus mahaleb (Ceri Santo Lusi)

Prunus maximowiczii

Prunus nipponica

Prunus pensylvanica (Ceri pin)

Prunus pilosiuscula

Prunus rufa

Prunus sargentii

Prunus serotina (Ceri hitam)

Prunus serrula

Prunus serrulata (Ceri Jepang)

Prunus speciosa

Prunus subhirtella

Prunus tomentosa


Adapun manfaat ceri/cherry diantaranya yaitu: pinjaman antioksidan, sanggup meredakan asam urat, sanggup menyehatkan jantung, sanggup meredakan rasa sakit, sanggup membantu meredakan nyeri otot usai berolahraga, sanggup menciptakan tidur lebih nyenyak, sanggup membantu mencegah stroke, baik untuk diabetes.


Di Indonesia, ceri biasanya sanggup tumbuh di kawasan yang mempunyai udara dingin, salah satunya yaitu perkebunan ceri yang ada di wilayah Lembang, Bandung, ataupun beberapa titik di dataran tinggi. Karena sanggup dikatakan langka di Indonesia, maka harganya tergolong cukup tinggi. Meskipun begitu, buah ini tetap digemari masyarakat luas dan sudah banyak yang mencoba membudidayakan sendiri.


Cara Menanam Cherry dari Biji


Persiapan Lahan Tanam Cherry/Ceri


Cherry/Ceri sanggup ditanam di tanah atau di pot. Jika menanam pohon ceri hingga besar dan berbuah banyak, maka sebaiknya pilih tanah saja. Buatlah lubang pada tanah kurang lebih berukuran 50 cm x 50 cm x 50 cm. Isi lubang tersebut dengan pupuk kompos atau sangkar pada lubang dengan kurang lebih hingga 2/3 penggalan terpenuhi. Kemudian, istirahatkan tanah kurang lebih selama 3 minggu.


Jika tidak mempunyai lahan yang cukup luas, maka sanggup memakai pot dan diletakkan di pekarangan rumah. Hanya saja harus rajin memangkas semoga tidak tumbuh besar dan sanggup menyebabkan selesai hidup jikalau nutrisi di dalam pot tidak tercukup untuk memenuhi tumbuhan yang besar. Selain itu, pengakaran dalam pot juga tidak begitu berpengaruh dibanding di dalam tanah secara langsung


Sebaiknya, pilih pot yang berukuran besar semoga sanggup mendapat hasil yang lebih optimal. Selanjutnya, isi pot tersebut dengan adonan tanah dan pupuk kompos atau kandang. Biarkan adonan tersebut semoga menyatu dengan tepat sehingga tanah sanggup subur.


Persiapan Biji Benih Cherry/Ceri


Pilih biji dari buah ceri yang tua, besar, dan tidak cacat, dan kondusif dari segala macam hama penyakit ibarat kutu, tungau, ulat, larva, wereng, dan sebagainya. Setelah itu, bersihkan daging buah cerinya, kemudian pisahkan bijinya.


Kemudian, jemur biji di bawah terik matahari secara pribadi kurang lebih selama 1 hari. Pindahkan ke tempat yang teduh selama beberapa ketika kemudian balut ceri dengan kertas tisu. Setelah itu, masukkan ke lemari pendingin dan biarkan selama kurang lebih 1 minggu, cara ini ditujukan semoga biji ceri lebih cepat untuk bertunas selanjutnya. Jika waktu tanam sudah tiba, keluarkan dari lemari pendingin dan biarkan selama kurang lebih 1 jam.


Jika tidak mempunyai pohon ceri dan sulit memperoleh biji, bibit cherry sanggup membelinya di toko bibit terdekat, meskipun cukup langka.


Penanaman Cherry/Ceri


Semaikan biji ceri ke dalam lubang atau pot yang sudah disediakan sebelumnya. Jika membeli bibit dari toko yang pada umumnya ditanam pada polybag, maka lepaskan secara hati-hati dan jangan hingga perakarannya putus. Bibit harus ditaruh dengan posisi yang tegak lurus.

Tutup media tanam dengan cara memadatkan serapi mungkin semoga perakaran dan pertumbuhan ke depannya akan kuat. Jika menanam di dalam pot, taruh pot di tempat yang teduh.


Perawatan Cherry/Ceri


Lakukan penyiraman secara rutin sehari sekali untuk menjaga kelembaban. Lakukan pemupukan secara rutin sebulan sekali. Bisa juga tambahkan hormon perangsang buah ketika pohon ceri sudah mulai terlihat berbuah dengan komposisi yang sesuai.


Jika ada penggalan tumbuhan yang sudah layu atau mati semoga tidak merambat pada penggalan yang lain, maka lakukan penyulaman. Penyulaman sanggup berupa pemotongan ataupun mengganti dengan tumbuhan gres dengan cara vegetatif.


Pemberantasan hama sanggup berupa penyiangan, pemangkasan, dan memakai pestisida. Penyiangan dan penggunaan pestisida cukup dilakukan jikalau ceri ditanam di tanah saja. Hal ini juga diharapkan untuk membersihkan tanah dari rumput liar yang tumbuh semoga tidak mengganggu pertumbuhan tanaman. Sebagai alternatif sanggup juga dengan memelihara binatang yang sanggup memburu hama atau mempelajari cara mengatasi hama tumbuhan dengan pestisida alami. Sedangkan pemangkasan penting dilakukan jikalau ceri ditanam di dalam pot semoga memudahkan pemilik dan tidak tumbuh besar alasannya yaitu sanggup tidak terkontrol lagi.


Demikian artikel pembahasan wacana “Panduan Lengkap Cara Menanam Cherry/Ceri dari Biji Agar Cepat Berbuah Lebat Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Menanam Cherry/Ceri dari Biji Agar Cepat Berbuah Lebat Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel