5 Panduan Lengkap Cara Ternak Kelabang atau Lipan Bagi Pemula Agar Sukses

5 Panduan Lengkap Cara Ternak Kelabang atau Lipan Bagi Pemula Agar Sukses – Kelabang atau Lipan ialah salah satu binatang berbisa yang mempunyai sepasang kaki disetiap ruas tubuhnya. Bagi sebagian orang, kelabang ialah binatang yang angker sebab kecepatan lari dan racun dari gigitannya.


Tapi justru ada sebagian orang yang melaksanakan budidaya atau ternak kelabang ini. Mungkin belum banyak yang tahu bahwa ternak atau budidaya kelabang ibi termasuk perjuangan tang menjanjikan, sebab banyaknya pecinta ikan hias dan juga burung kicau yang membelinya untuk pakan binatang peliharaan mereka. Nah untuk itu kali ini kita akan membahas perihal cara ternak kelabang bagi pemula, berikut selengkapnya:


Cara Ternak Budidaya Kelabang atau Lipan


Persiapan Kandang Ternak Kelabang


Sebelum melaksanakan ternak kelabang, siapkan terlebih dahulu sangkar untuk daerah memelihara kelabang. Kandang atau wadah tersebut sanggup memakai akuarium, toples, baskom bekas, konteiner plastik atau mika. Tapi yang terpenting daerah tersebut terbuat dari materi yang licin. Hal tersebut bertujuan semoga kelabang tidak sanggup memanjat dan kabur dari wadah.


Selanjutnya, letakkan wadah di daerah yang teduh, lembab dan hening sebab kelabang lebih suka ketenangan dan pastikan wadah atau sangkar terhindar dari sinar matahari secara eksklusif dan jauh dari jangkauan anak-anak.


Persiapan Media Ternak Kelabang


Jika sangkar sudah siap, selanjutnya siapkan media untuk daerah tinggal kelabang, sebab kelabang dihabitat aslinya suka pada daerah yang lembab ibarat dibawah batu, kayu lapuk, atau daun terurai.


Maka, ketika dipelihara harus menyediakan media yang ibarat mirip habitat aslinya yaitu dengan memakai tanah, sanggup memakai tanah bekas cacing/rayap, serta sediakan pula kelengkapan lainya ibarat kayu lapuk, daun terurai, atau kerikil lapuk.


Masukkan Bibit Pada Kandang


Jika semua sudah siap, selanjutnya masukkan bibit kelabang yang sudah cukup umur sebanyak 5-7 ekor ke dalam setiap kandang, jumlah indukan kelabang yang dimasukkan jangan terlalu banyak sebab kelabang sanggup memakan kelabang lain yang berukuran lebih kecil ketika mereka kelaparan.


Jika sudah dimasukkan kelabang masih mondar-mandir dan berusaha keluar dari kandang, itu berarti kelabang belum cocok atau nyaman dengan media dalam kandang, jadi anda harus menggantinya dengan media yang gres sampai kelabang merasa nyaman.


Pemberian Pakan Kelabang


Makanan yang diberikan pada kelabang sanggup berupa serangga kecil ibarat laba-laba, jangkrik, belalang, belatung, ulat hongkong dan juga jasad renik yang dihasilkan dalam tanah.


Pakan tersebut sanggup diberikan pada sore atau malam hari sebab kelabang lebih aktif di malam hari, kelabang akan memakan serangga dengan cara membunuh dan menggenggam mangsanya dengan taringnya yang berpengaruh dan menyuntikkan racun ke dalamnya.


Cara Berkembangbiak Kelabang


Kelabang akan berkembangbiak atau bertelur sepanjang isu terkini panas dan mengeraminya dalam tanah, sedangkan lipan cukup umur yang lain akan melindungi telur-telur tersebut dengan cara menjaga tanah dimana daerah betina mengerami telurnya.


Kelabang berkembang biak dengan cara pejantan menyimpan sperma dalam jaring kantong di dalam tanah, kemudian kelabang jantan akan membujuk betinanya untuk masuk kedalam jaring tersebut kemudian kelabang betina akan mengambil sperma dan memindahkan ke organ reproduksinya.


Selanjutnya kelabang betina akan menggali ruang pada kayu lapuk atau di dalam tanah dan meletakkan telurnya, kemudian lipan betina akan melingkari telur tersebut dengan tubuhnya, untuk menjaganya dari predator lain. Lipan betina akan terus menjaga telur tersebut sampai menetas, dan akan tetap tinggal bersama sampai anak-anaknya sanggup berdikari atau berburu masakan sendiri, biasanya jumlah telur yang dihasilkan kelabang sanggup mencapai 80-100 butir telur dalam sekali produksi.


Demikian artikel pembahasan perihal “5 Panduan Lengkap Cara Ternak Kelabang atau Lipan Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "5 Panduan Lengkap Cara Ternak Kelabang atau Lipan Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel