Bebeja 12th Agrinex Expo 2018 (3): Buah Naga Merah Supermanis

Lima belas buah naga merah yang dipajang Asroful Uswatun dari Desa Sidomulyo Bebeja 12th Agrinex Expo 2018 (3): Buah Naga Merah SupermanisLima belas buah naga merah yang dipajang Asroful Uswatun dari Desa Sidomulyo, Kecamatan Semboro, Kabupaten Jember, Jawa Timur pada 12th Agrinex Expo 2018 sepintas sama menyerupai umumnya buah naga merah. Namun dia memiliki keunggulan: supermanis. Kadar kemanisan mencapai 18-19 derajat briks. Kadar kemanisan buah naga merah rata-rata 13-15 derajat briks.


Kunci mendongkrak kadar kemanisan buah naga merah hasil seleksi itu berdasarkan Asroful karena dia melaksanakan pemupukan berbeda. Lazimnya setiap tiang yang berisi 4 tanaman diberi pupuk 10 kg/tiang saban 3 bulan. Namun pemilik Mitra Tani Unggul itu mengubah dengan membenamkan 20 kg pupuk/tiang setiap 1,5 bulan.


Pupuk yang diberikan merupakan kombinasi pupuk sangkar sapi atau kambing, sekam bakar, dan cocopeat dengan perbandingan 1:1:1. “Hasilnya buah naga merah menjadi sangat manis,” kata Asroful yang mengelola kebun seluas 3 hektar serta menjalin kawan bersama sejumlah pekebun buah naga di desanya.


Penghilangan salah satu materi pupuk itu berdasarkan Asroful memperlihatkan dampak signifikan terhadap kadar kemanisan buah, terutama cocopeat. “Tanpa cocopeat, rasa manisnya sangat jauh berkurang,” katanya. Pada melon hidroponik, penanaman menggunakan substrat arang sekam dan cocopeat juga memperlihatkan kadar kemanisan tinggi pada buah.


Unsur kalium yang tinggi pada cocopeat yang membikin buah itu menjadi lebih manis. Selain diharapkan ketika pembungaan dan pembuahan, sejumlah riset memperlihatkan kemampuan unsur kalium dalam mensugesti citarasa buah.


Belum ada Komentar untuk "Bebeja 12th Agrinex Expo 2018 (3): Buah Naga Merah Supermanis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel