Cara Menanam Delima Dalam Pot (Tabulampot Delima) Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula

Cara Menanam Delima Dalam Pot (Tabulampot Delima) Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula – Delima (Punica granatum) yakni salah satu jenis tumbuhan buah yang berasal dari famili Lythraceae. Tanaman buah ini yakni tumbuhan perdu atau kecil dengan ketinggian hanya sekitar 2-5 meter. Batangnya berkayu, rantingnya berbentuk persegi dan mempunyai banyak cabang, daunnya berbentuk lonjong sampai lanset berwarna hijau, berpangkal lancip berujung tumpul dengan panjang sekitar 1-9 cm dan lebar sekitar 0,5-2,5.


Buah Delima berupa buah buni, berbentuk bundar berdiameter 5-12 cm. Kulit buahnya mempunyai warna bermacam-macam ada yang putih, hijau keunguan, ungu kehitaman, sampai cokelat kemerahan dengan bercak berwarna lebih bau tanah yang agak menonjol. Biji pada buah mempunyai jumlah yang banyak, berukuran kecil, berbentuk bundar panjang bersegi agak pipih berwarna merah, putih, atau merah jambu.


Klasifikasi Delima

Kerajaan: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Upakelas: Rosidae

Ordo: Myrtales

Famili: Lythraceae

Genus: Punica

Spesies: P. granatum


Terdapat 3 jenis buah delima yaitu delima putih, delima ungu, dan delima merah. Manfaat delima diantaranya membantu membersihkan kulit, membantu mengurangi peradangan pada kulit, membantu mengurangi radang tenggorokan, sanggup mencegah oksidasi kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh, sanggup mencegah berkembangnya radikal bebas dalam tubuh, sanggup membantu memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh, sanggup mencegah penyakit jantung, kanker prostat dan kanker kulit, sanggup mencegah penyumbatan arteri oleh kolesterol dan lain sebagainya.


Cara Menanam Delima Dalam Pot (Tabulampot Delima)


Persiapan Bibit Delima


Perbanyakan bibit pohon delima sanggup dilakukan melalui biji, stek batang, tunas, dan juga cangkok. Tapi jikalau ingin memanen buah lebih cepat, maka disarankan memakai teknik cangkok batang.


Jika anda ingin menanam delima dari biji, berikut cara selegkapnya:


Ambil biji delima dari buah delima yang berkualitas baik sudah bau tanah dan sehat biar benih yang dihasilkan juga berkualitas. Jika tidak ingin repot, benihnya sanggup dii dapatkan di toko benih tanaman.


Selanjutnya, belah buahnya dan bersihkan biji dari sisa-sisa daging buah yang menempel. Keringkan biji tersebut di bawah sinar matahari selama satu hari. Jika sudah kering, diamkan biji pada daerah yang teduh.


Sebelum disemai sebaiknya, biji direndam terlebih dahulu selama 4 jam kemudian tiriskan. Siapkan media semai berupa adonan tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 2:1. Jika sudah, semai biji pada media tanam yang sudah disiapkan.


Jika sudah muncul beberapa daun, bibit siap dipindahkan pada polybag yang lebih besar.


Selain menyemai dari biji, bibit buah delima juga sanggup diperoleh di toko penjualan bibit tumbuhan atau toko bibit online.


Persiapan Media Tanam dan Pot


Media tanam yang sanggup dipakai diantaranya adonan tanah dan kompos dengan perbandingan 2:1; atau adonan tanah, pupuk kandang, dan pasir dengan perbandingan 2:2:1; atau sanggup juga memakai adonan tanah, serbuk gergaji, sekam bakar dan pupuk sangkar dengan perbandingan 2:1:1:1.


Siapkan pot berukuran cukup besar dengan dasar pot yang berlubang atau sanggup juga memakai planter bag yang sekarang terkenal dipakai sebagai pengganti pot untuk tumbuhan buah.


Penanaman Delima Dalam Pot


Jika bibit delima sudah mencapai tinggi 20 cm, maka bibit sudah sanggup dipindahkan pada pot yang telah disiapkan sebelumnya. Keluarkan bibit bersama dengan tanahnya biar akar tumbuhan tetap utuh.


Tanam bibit delima pada lubang tanam yang dibentuk tepat ditengah-tengah pot, timbun dengan tanam dengan sedikit ditekan atau dipadatkan.


Letakkan pada daerah yang terkena sinar matahari terutama sinar matahari pagi dan siram tiap pagi dan sore hari.


Perawatan Tanaman Delima Dalam Pot


Lakukan pemangkasan secara rutin pada cabang-cabang tumbuhan sehingga nutrisi sanggup terserap dengan sempurna. Lakukan pula pemupukan secara rutin setiap 6 bulan sekali, pupuk yang diberikan sanggup berupa pupuk NPK tablet khusus buah (optional, sanggup juga dengan pupuk buah jenis lain). Atau sanggup juga menunjukkan pupuk daun tiap 10-15 hari sekali.


Lakukan penyiraman secara rutin, setiap pagi dan sore hari alasannya yakni intinya tumbuhan delima menyukai sinar matahari dengan tingkat kelembaban tinggi.


Masa Panen Buah Delima


Pemanenan buah delima sanggup dilakukan sehabis tumbuhan berumur 2-3 tahun. Pemanenan ini sanggup dilakukan jikalau buah delima telah matang dengan ditandai keretakan kulit buah atau pangkal buahnya sudah berwarna kuning. Pemanenan delima sebaiknya dilakukan dengan memakai gunting.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Delima Dalam Pot (Tabulampot Delima) Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Delima Dalam Pot (Tabulampot Delima) Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel