Panduan Lengkap Cara Menanam Pohon Kelor atau Merunggai (Moringa oleifera) Dengan Benar

Panduan Lengkap Cara Menanam Pohon Kelor atau Merunggai (Moringa oleifera) Dengan Benar – Kelor atau merunggai (Moringa oleifera) ialah sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Tumbuhan ini mempunyai ketinggian batang mencapai 7-11 meter. Daun kelor berbentuk lingkaran telur dengan ukuran kecil-kecil bersusun beragam dalam satu tangkai, sanggup dibentuk sayur atau obat. Bunganya berwarna putih kekuning-kuningan dan tudung pelepah bunganya berwarna hijau; bunga ini keluar sepanjang tahun dengan aroma bacin semerbak. Buah kelor berbentuk segitiga memanjang yang disebut kelentang, juga sanggup di sayur.


Klasifikasi ilmiah kelor

Kingdom: Plantae

Ordo: Brassicales

Famili: Moringaceae

Genus: Moringa

Spesies: M. oleifera


Daun kelor mempunyai banyak manfaat, adapun manfaat daun kelor diantaranya yaitu:



  • Meningkatkan ketahanan alamiah tubuh

  • Menyegarkan mata dan otak

  • Meningkatkan metabolisme tubuh

  • Meningkatkan stuktur sel tubuh

  • Meningkatkan serum kolesterol alamiah

  • Mengurangi kerutan dan garis-garis pada kulit

  • Meningkatkan fungsi normal hati dan ginjal

  • Memperindah kulit

  • Meningkatkan energi

  • Memudahkan pencernaan

  • Antioksidan

  • Memelihara sistem imunitas tubuh

  • Meningkatkan sistem sirkulasi yang menyehatkan

  • Bersifat anti-peradangan

  • Memberi perasaan sehat secara menyeluruh

  • Mendukung kadar gula normal tubuh


Cara Menanam Pohon Kelor Dari Biji dan Batang


Persiapan Bibit Kelor


Apabila menentukan menanam kelor dari biji, maka pilih biji kelor dengan kualitas yang baik dibanding dengan polong yang telah tua. Buka kulit polong dan ambil biji kelor tersebut kemudian jemur di bawah terik matahari selama kurang lebih 1 hari, angkat kemudian letakkan di area yang teduh.


Siapkan kawasan penyemaian sanggup nampan semaian, polybag atau juga penyemaian ditanah dengan menciptakan bedengan. Media semai yang perlu disiapkan yaitu adonan tanah dan pupuk kandang. Namun sebelum disemai, biji direndam di dalam air hangat, pilihlah biji yang tenggelam. Setelah biji dipilih, semaikan biji di media penyemaian ditempat yang teduh, lakukan penyiraman dengan teratur dalam menjaga kelembaban dari persemaian sampai tidak terlalu basah. Biji akan mulai berkecambah ketika berumur 7-12 hari. Setelah tumbuh mencapai 15 cm, pindahkan bibit ke dalam polybag yang berukuran lebih besar sampai bibit siap dipindahkan ke dalam tanam permanen.


Selain dengan memakai biji, perbanyakan bibit kelor sanggup dilakukan teknik stek batang dengan cara potong satu tangkai dari batang Kelor dengan memakai pisau yang sangat tajam dengan panjang antara 30-50 cm. Tangkai yang akan dipilih untuk menjadi bibit ialah tangkai yang tidak bau tanah dan juga tidak muda dengan mempunyai diameter sekitar 3-5 cm. Pemotongan dilakukan dengan datar semoga area akar yang akan tumbuh menjadi semakin banyak. Masukkan hasil portongan tangkai yang akan dijadikan bibit ke dalam polybag dan meletakkannya di area yang teduh, jangan lupa lakukan penyiraman pada bibit kelor tersebut.


Persiapan Lubang Tanam


Buatlah lubang tanam dengan ukuran sekitar 40 x 40 dan mempunyai kedalaman 30-40 cm kemudian isi dengan memakai pupuk kandang, sesudah itu biarkan lubang tanam selama 1 ahad sebelum melaksanakan penanaman.


Penanaman Kelor


Setelah bibit pohon kelor yang telah mencapai ketinggian 30-50 cm untuk hasil dari persemaian biji sanggup dipindahkan ke lahan yang telah disiapkan, robek polybag bibit dengan cara perlahan kemudian masukkan bibit ke lubang tanam. Tutup kembali lubang dengan memakai tanah sisa yang ada di sekitar lubang dan padatkan. Setelah itu, lakukan penyiraman.


Bibit dari hasil stek sendiri sanggup dipindahkan kalau bibit Kelor telah mengeluarkan daun yang segar dan juga akar telah tumbuh dari batang.


Merawat Pohon Kelor


Perawatan pohon Kelor tidak sulit, lakukan penyiraman yang rutin serta pemangkasan dari batang ketika dibutuhkan.


Demikian artikel pembahasan perihal “Panduan Lengkap Cara Menanam Pohon Kelor atau Merunggai (Moringa oleifera) Dengan Benar“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Menanam Pohon Kelor atau Merunggai (Moringa oleifera) Dengan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel