Panduan Lengkap Cara Ternak dan Memelihara Kalajengking Untuk Dijual Racunnya Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Ternak dan Memelihara Kalajengking Untuk Dijual Racunnya Bagi Pemula – Kalajengking ialah sekelompok binatang beruas dengan delapan kaki (oktopoda) yang termasuk dalam ordo Scorpiones dalam kelas Arachnida. Ada sekitar 2000 jenis kalajengking.


Tubuh kalajengking dibagi menjadi dua segmen yaitu cephalothorax dan abdomen. Abdomen terdiri dari mesosoma dan metasoma. Semua spesies kalajengking mempunyai bisa. Pada umumnya, sanggup kalajengking termasuk sebagai neurotoksin (racun saraf), kecuali Hemiscorpius lepturus yang mempunyai sanggup sitotoksik (racun sel).


Belum usang ini, publik dihebohkan dengan pidato presiden jokowi, wacana sanggup atau racun kalajengking yang menjadi komoditas termahal dunia jauh mengalahkan emas, dan bila anda ingin cepat kaya, maka carilah racun kalajengking.


Dengan adanya pernyataan tersebut banyak masyarakat yang berfikir atau mencari tahu bagaimana cara budidaya kalajengking.


Sebenarnya di Indonesia sendiri sudah banyak para pecinta serangga salah satunya ialah kalajengking, dan mungkin sudah ada peternak kalajengking, tapi tidak untuk dimanfaatkan atau diambil racunnya, hanya dijadikan sebagai hobi atau koleksi.


Cara Ternak dan Memelihara Kalajengking


Persiapkan Kandang Kalajengking


Kandang atau adah yang dipakai untuk memelihara kalajengking dapa berupa akuarium atau konteiner plastik berukuran sedang dan ada tutupnya.


Letakkan sangkar atau wadah di kawasan yang aman, teduh, jauh dari jangkauan dari belum dewasa serta tidak terkena sinar matahari secara langsung.


Persiapan Media Ternak Kalajengking


Media yang sanggup dipakai untuk menernak kalajengking sanggup berupa serbuk sabut kelapa atau serbuk kayu semoga kelembaban sangkar terjaga, sebab kalajengking lebih suka kawasan yang lembab.


Bersama dengan media tanam, letakkan aksesoris lain ibarat kawasan persembunyian, sanggup dari kayu atau daun kering.


Memilih bibit kalajengking


Jika sangkar dan media ternak sudah siap, anda sanggup memasukkan bibit kalajengking remaja sekitar 5-7 ekor pada sangkar atau media tersebut.


Disarankan bila ingin memelihara kalajengking, pilih kalajengking berjenis Scorpion kaisar (Pandinus imperator), sebab kalajengking jenis ini mempunyai postur tubuh besar, cenderung lebih tenang, bersih, serta lebih gampang untuk dirawat dan lebih jinak dibanding jenis lain, selain itu sengatan kalajengking jenis ini juga tidak terlalu sakit, atau hanya ibarat sengatan lebah.


Makanan Kalajengking


Makanan yang sanggup diberikan pada kalajengking, diantaranya ibarat serangga berukuran lebih kecil dari badannya ibarat jangkrik, belatung, atau belalang, sedangkan untuk masakan kalajengking remaja sanggup diberi pakan berupa cicak, ulat hongkong, dan serangga lainnya.


Makanan kalajengking sanggup diberikan pada sore/malam hari, sebab kalajengking ialah binatang noktural, yaitu binatang yang aktif pada malam hari.


Sediakan juga kawasan air minum dan berendam dengan memakai wadah yang ceper atau tidak terlalu dalam, yang penting kalajengking tidak karam ketika berada didalamnya, serta letakkan kerikil diwadah tersebut. Ganti air minum setiap dua hari sekali semoga kebersihan air dan kesehatan kalajengking selalu terjaga.


Cara Berkembangbiak Kalajengking


Kalajengking berkembangbiak dengan cara Ovovivipar, dimana telur kalajengking disimpan dan berkembang di dalam tubuh kalajengking betina sampai menetas.


Janin kalajengking mendapat asupan nutrisi dari sang induk, dan bila sudah saatnya maka sang induk akan melahirkan anak-anaknya dari tubuhnya.


Seekor Kalajengking betina sanggup melahirkan 12 ekor anak kalajengking bahkan lebih, dan belum dewasa kalajengking akan lahir satu persatu. Saat semuanya sudah lahir, anak-anaknya akan diletakkan di atas punggung induknya sampai mereka cukup besar dan sanggup mencari makan untuk hidupnya sendiri.


Cara Memegang Kalajengking Yang Benar


Jangan pernah mengangkat atau memegang kalajengking dari depan atau atas punggungnya. Sebaiknya angkat kalajengking dari belakang atau dari bawah sengatnya secara perlahan-lahan dan eksklusif letakan di tangan. Dengan begitu, kalajengking tidak akan menyengat dan mencapit bila sudah berada ditangan, sebab kalajengking menganggap tangan ialah pijakan atau tanah.


Demikian artikel pembahasan tentang” Panduan Lengkap Cara Ternak dan Memelihara Kalajengking Untuk Dijual Racunnya Bagi Pemula “, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Ternak dan Memelihara Kalajengking Untuk Dijual Racunnya Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel