Cara Menanam Budidaya Pohon Dewandaru dari Biji Bagi Pemula

Cara Menanam Budidaya Pohon Dewandaru dari Biji Bagi Pemula – Ceremai belanda (Eugenia uniflora) atau biasa disebut dewandaru, sianto, asam selong, atau cerme belanda yaitu tumbuhan buah yang tergolong familiaa Myrtaceae yang berasal dari Brasil.


Ceremai belanda yaitu tumbuhan tahunan yang berbentuk pohon dan berukuran sedang, tingginya antara 2-5 m. Daunnya tunggal, pangkalnya meruncing, tepinya rata, pertulangannya menyirip, berlapiskan semacam lilin, dan berukuran panjang. Daun mudanya berwarna merah tua. Bunganya berwarna kuning susu, dan berukuran kecil-kecil. Buahnya yang sudah masak, berwarna merah tua-hitam, dan berbentuk lingkaran dan berlekuk-lekuk. Bijinya kecil, keras, dan berwarna coklat. Sementara itu, akarnya tunggang dan berwarna coklat.


Tanaman dewandaru ini dianggap keramat dan mempunyai kekuatan magis yang hidup di sebuah pulau yaitu pulau karimun, jepara, provinsi jawa tengah dan dianggap sebagai buahnya para dewa. Menurut mitos, pohon dewandaru ini berasal dari tongkat sunan nyamplungan (putra Sunan Muria), yang kemudian ditancapkan di daratan pulau karimun dan kesannya tumbuh menjadi sebatang pohon yang hingga kini diberi nama Dewandaru.


Cara Menanam Pohon Dewandaru dari Biji


Budidaya tumbuhan dewandaru ini dapat dilakukan melalui penyemaian bibit, pencangkokan, atau melalui stek batang. Nah kali ini kita akan membahas perihal cara menanam pohon dewandaru dari biji. Berikut selengkapnya:


Persiapan Biji Dewandaru


Kupas Biji Dewandaru dengan cara meremas-remasnya dalam wadah yang berisi air hingga biji higienis tanpa ada daging buah yang melekat dipermukaan biji dewadaru. Setelah biji dibersihkan, tiriskan selanjutnya jemur biji dewandaru hingga permukaan kulit biji kering. Hal tersebut dilakukan biar daya tumbuh biji lebih cepat dan maksimal selain itu penjemuran menciptakan biji dapat bertahan jikalau disimpan dalam waktu yang relatif lama.


Setelah dilakukan penjemuran rendam biji dewandaru ke dalam wadah yang berisi air yang telah dicampur dengan perangsang akar dalam takaran yang sesuai hukum pakai di kemasan obat perangsang akar tersebut. Perendaman ini dapat dilakukan 1-3 hari hingga terlihat penggalan biji mengalami pertumbuhan atau mengembang.


Setelah proses perendaman selesai, lakukan sortir terhadap biji yang tidak berkembang atau mengalami pembusukan kemudian biji dewandaru sudah siap ditanam.


Persiapan Tempat Dan Media Tanam Dewandaru


Campurkan Tanah dengan pupuk sangkar dengan perbandingan 3:1 hingga merata. Usahakan pupuk sangkar memakai kotoran kambing alasannya yaitu kualitas kotoran kambing lebih baik dibanding kotoran sapi. Sebelum memasukkan media tanam ke polybag, lakukan pelubangan pada penggalan bawah polybag. Hal ini bertujuan untuk menciptakan tanah dalam polybag mempunyai suhu dan kelembaban normal dengan tujuan biar sirkulasi air dan udara dalam tanah tidak terganggu dan teratur.


Setelah media tanam dan polybag siap, masukan media tanah ke dalam polybag hingga penuh dan lakukan pementingan memakai ibu jari atau jempol. Hal yang harus diperhatikan yaitu kepadatan tanah mempunyai ukuran sedang artinya tidak terlalu padat atau tidak terlalu gembur. Setelah itu, lakukan penyiraman pada media tanam.


Penanaman Pohon Dewandaru


Jika semua sudah siap, segera lakukan penanaman. Buatlah permukaan media tanah didalam dipolybag dengan kedalaman kurang lebih 2-3 cm.


Masukkan biji dewandaru yang telah siap kemudian tutup kembali dengan media tanam. Setelah semua biji sudah tertanam dalam polybag lakukan penyiraman memakai siraman gerimis hujan.


Selanjutnya, letakkan biji di daerah yang teduh atau dibawah jaring paranet. Lakukan penyiraman setiap hari hingga tumbuh sesudah biji tumbuh dengan akar yang lengkap dan berpengaruh maka bibit dewandaru sudah dapat dipindahkan ke lahan tanam eksklusif atau polybag yang lebih besar.


Demikian artikel pembahasan perihal “Cara Menanam Budidaya Pohon Dewandaru dari Biji Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Budidaya Pohon Dewandaru dari Biji Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel