Cara Menanam dan Merawat Keji Beling, Tanaman Obat Yang Kaya Manfaat

Cara Menanam dan Merawat Keji Beling, Tanaman Obat Yang Kaya Manfaat – Keji Beling (Strobilanthes crispus) yaitu salah satu jenis tumbuhan yang berbatang berair dan sepintas mirip rumput berbatang tegak mirip mirip semak-semak. Tanaman ini banyak tumbuh liar dan sangat gampang dijumpai di seluruh wilayah Indonesia khususnya di kawasan tepi sungai dan tanah kosong.


Tanaman keji kaca ini berasal dari Madagaskar, tumbuhan ini ditemukan oleh Thomas Anderson (1832-1870). Tanaman keji kaca ini merupakan tumbuhan terna yang biasa ditanam masyarakat sebagai tumbuhan pagar. Tanaman ini juga tumbuhan herbal liar hidup menahun yang banyak keuntungannya bagi kesehatan dalam penyembuhan beberapa penyakit. Nama lain keji kaca diantaranya sambang geteh, remek daging, reundeu beureum, lire, kaca beling, ngikilo, keci beling, enyah kilo, picah beling.


Klasifikasi Keji Beling

Kingdom: Plantae

Sub Kingdom: Tracheobionta

Super Divisi: Spermatophyta

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Sub Kelas: Asteridae

Ordo: Scrophulariales

Famili: Acanthaceae

Genus: Strobilanthes

Spesies: Strobilanthes crispus


Tumbuhan keji kaca mempunyai banyak kandungan mineral mirip kalium, kalsium, dan natrium serta unsure mineral lainnya. Disamping itu juga terdapat asam silikat, tannin, dan glikosida.  Manfaat Keji Beling diantaranya yaitu sebagai obat disentri, diare (mencret) dan obat kerikil ginjal dan juga sebagai penurun kolesterol.


Cara Menanam Keji Beling


Persiapan Bibit Keji Beling


Bibit tumbuhan keji kaca sanggup diperoleh dengan cara vegetatif yaitu dengan cara stek batang. Pilih batang yang tidak terlalu bau tanah atau terlalu muda, kemudian potong batang keji kaca dengan ukuran 10-20 cm, sesudah dipotong ambil sebagaian daun yang sudah dipotong tadi untuk mengurangi oksidasi pada bibit keji kaca tadi.


Persiapan Tempat dan Media Tanam Keji Beling


Siapkan tempat tanam berupa pot tanah liat, siapkan pula media tanam berupa adonan pupuk organik, kemudian tanah dan pupuk organik dengan perbandingan komposisi 80:20 (80 tanah dan 20 pupuk organik).


Cara Menanam Keji Beling


Setelah semuanya siap, segera lakukan penanaman. masukkan bibit keji kaca tadi ke dalam pot yang sudah disiapkan tadi, kemudian letakkan di tempat yang teduh guna mengurangi oksidasi atau penguapan kadar air yang ada di dalam batang keji beling, kemudian lakukan penyiraman dengan air.


Perawatan Keji Beling


Lakukan perawatan berupa penyiraman setiap hari, biar akar pada batang keji kaca cepat tumbuh.


Demikian artikel pembahasan wacana “Cara Menanam dan Merawat Keji Beling, Tanaman Obat Yang Kaya Manfaat“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam dan Merawat Keji Beling, Tanaman Obat Yang Kaya Manfaat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel