Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Jeruk Lemon Amerika Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Jeruk Lemon Amerika Bagi Pemula – Lemon yaitu salah satu jenis jeruk yang banyak tumbuh di kawasan beriklim tropis dan sub-tropis serta tidak tahan akan cuaca dingin, mempunyai pohon berukuran sedang dengan ketinggian mencapai 6 meter. Buah lemon biasa dipakai sebagai penyedap dan penyegar dalam seni tata boga, untuk dibentuk minuman dan masih banyak yang lainnya. Lemon mempunyai banyak kandungan ibarat vitamin C yang tinggi, kalium, natrium dan lainnya.


Klasifikasi Ilmiah Lemon

Kingdom: Plantae

Subkingdom: Tracheobionta

Super Divisi: Spermatophyta

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Sub Kelas: Rosidae

Ordo: Sapindales

Famili: Rutaceae

Genus: Citrus

Spesies: Citrus x limon


Salah satu jenis lemon yang populer yaitu lemon import ibarat lemon amerika. Jeruk lemon amerika mempunyai nilai harga sangat tinggi dibanding lemon biasa, sanggup mencapai 3 kali lipat harganya. Untuk itu, banyak orang yang ingin menanam atau budidaya lemon amaerika ini. Berikut cara menanam jeruk lemon amerika:


Cara Menanam Jeruk Lemon Amerika


Pemilihan Bibit Jeruk Lemon Amerika


Pilihlah bibit jeruk lemon amerika yang berkualitas, pilih bibit jeruk lemon amerika yang bebas dari hama dan penyakit serta remaja untuk di pindah tanam. Selain itu, ciri bibit jeruk lemon amerika yang baik yaitu bibit jeruk lemon amerika mempunyai batang kokoh, tidak keriput atau kurus, mempunyai daun yang hijau sehat dan tidak kuning kering.


Pemilihan Lokasi Penanaman Bibit Jeruk Lemon Amerika


Jeruk lemon sanggup ditanam di lahan perkebunan atau lahan pekarangan yang agak luas biar akar pohon jeruk lemon amerika berkembang dengan baik. Lokasi penanaman perlu tersinari matahari secara penuh, jangan ada pohon yang merindangi penanaman bibit jeruk lemon amerika.


Setelah menentukan lahan yang anggun untuk penanaman bibit lemon amerika, buatlah lubang tanam berukuran sekitar 50x50x50 cm dengan memakai cangkul. Kemudian, tanah untuk menutup lubang tanam dicampur dengan kompos atau pupuk sangkar yang telah difermentasi. Tutup adonan tanah dan kompos dengan plastik.


Kemudian, diamkan lubang tanam dan adonan tanah dan kompos selama 1 minggu, untuk menghilangkan panas pada adonan tanah dan kompos.


Cara Menanam Jeruk Lemon Amerika


Setelah siap, bibit jeruk lemon amerika siap untuk di tanam pada lubang tanam yang telah disiapkan dibuat. Jika bibit pada polybag, lepaskan polybag dengan hati-hati jangan hingga merusakan perakaran bibit. Letakkan bibit pada lubang, penanaman harus tegak lurus jangan miring.


Setelah bibit diletakkan di lubang tanam dengan baik, kemudian tutup dengan tanah adonan kompos yang sudah disiapkan dan sedikit padatkan. Setelah itu lakukan lakukan penyiraman dan pasang ajir bambu guna menopang tumbuhan biar tidak gampang roboh.


Cara Merawat Jeruk Lemon Amerika


Agar nutrisi yang diperlukan tumbuhan jeruk lemon amerika ini terpenuhi, maka lakukan pemupukan. Pemupukan ini sanggup dilakukan dengan pupuk organik cair, pupuk NPK, pupuk sangkar atau pupuk kompos. Pemupukan ini sanggup dilakukan secara rutin sebulan sekali.


Umumnya lemon amerika akan berbuah sekitar 1-2 tahunan. Untuk mempercepat munculnya bunga atau buah jeruk lemon amerika, maka perlu diberikan pupuk perangsang buah secara rutin setiap sebulan sekali.


Guna menunjang pertumbuhan jeruk lemon amerika tumbuh secara optimal maka lakukan pemangkasan cabang-cabang yang tidak perlu, lakukan penyiraman secara teratur, lakukan pula penyiangan rumput di sekitar tanaman.


Demikian artikel tentang”Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Jeruk Lemon Amerika Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Jeruk Lemon Amerika Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel