Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Sawi Manis Caisim Agar Sukses Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Sawi Manis Caisim Agar Sukses Bagi Pemula – Sawi bagus ialah salah satu jenis sawi yang banyak diminati banyak orang. Sawi bagus ini sering juga disebut sawi bakso, caisim atau caisin. Sawi ini dimanfaatkan daunnya sebagai materi pangan(sayuran) dan sering dijumpai pada mie ayam atau mie bakso. Sawi bagus dibudidayakan dengan biji dan mempunyai penyesuaian yang tinggi terhadap lingkungan. Konon tumbuhan ini bukan tumbuhan orisinil Indonesia, tapi berasal dari wilayah asia.


Sawi bagus merupakan jenis sawi yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Agar menghasilkan tumbuhan yang sehat dan berkualitas sebaiknya budidaya sawi bagus dilakukan secara organik.


Cara Budidaya Sawi Manis Caisim


Syarat Tumbuh Sawi Manis Caisim


Tanaman sawi bagus sanggup tumbuh dengan baik pada dataran rendah, menengah maupun dataran tinggi. Sawi bagus menyukai tanah yang gembur dan subur. Tanaman sawi bagus tahan terhadap air hujan dan tetap tumbuh dengan baik pada isu terkini kemarau, asalkan pengairannya cukup. Namun, tumbuhan ini tidak menyukai tanah dengan air yang menggenang dan becek. pH ideal untuk sawi bagus antara 6.0-7.0. Tanaman sawi bagus membutuhkan cahaya matahari penuh dalam pertumbuhannya, untuk itu tumbuhan ini tidak cocok ditanam pada lahan yang ternaungi.


Persiapan Bibit Sawi Manis


Agar hasil maksimal, sebaiknya benih sawi bagus disemai terlebih dahulu. Siapkan bedengan semai dengan cara dicangkul semoga gembur, selanjutnya taburkan pupuk sangkar dan pupuk ZA kemudian aduk sampai tercampur rata dengan tanah, biarkan selama kurang lebih satu minggu.


Taburkan benih sawi pada bedengan kemudian tutup tipis dengan tanah halus. Selanjutnya lakukan penyiraman, , semoga benih tidak rusak penyiraman lakukan penyiraman dengan sprayer. Biasanya benih sawi bagus akan tumbuh sesudah 3-4 hari sesudah semai. Setelah 3-4 ahad semai, bibit sawi bagus sanggup dipindah tanamkan.


Persiapan Lahan Tanam Sawi Manis


Lahan yang akan dipakai untuk menanam sawi bagus digemburkan terlebih dahulu dengan cara dicangkul. Selanjutnya, buatlah bedengan dengan ketinggian 10-20 cm dengan lebar 1 meter dan panjang diadaptasi dengan lahan. Jika pH dibawah 6, maka lakukan pengapuran dengan memakai dolomit secara merata diatas bedengan. Pengapuran ini sanggup dilakukan 7-10 hari sebelum pemupukan dasar.


Pemupukan dasar sanggup dilakukan sesudah 7-10 hari sesudah pengapuran. Pemupukan tersebut sanggup memakai pupuk sangkar atau kompos, sanggup juga ditambahkan pupuk ZA/Urea pada dikala penaburan pupuk kandang. Aduk pupuk sangkar dan tanah semoga tercampur rata dengan tanah. Biarkan selama 2-3 ahad sebelum penanaman benih.


Cara Menanam Bibit Sawi Manis


Setelah bibit sawi bagus berusia 3-4 minggu, segera lakukan penanaman. Sebelum penanaman bedengan disiram terlebih dahulu kalau tidak turun hujan.


Buat lubang tanam pada bedengan dengan cara ditugal dengan jarak 20 x 20 cm. Sebelum dicabut, semaian harus disiram terlebih dahulu semoga akar tidak rusak. Tanam satu bibit pada setiap lubang. Lakukan penanaman pada sore hari. Setelah penanaman selesai, segera lakukan penyiraman.


Perawatan dan Pemeliharaan Sawi Manis


Lakukan penyiangan pada gulma yang tumbuh disekitar tumbuhan sawi manis, penyiangan ini sanggup dilakukan 2 -4 kali sampai panen atau diadaptasi dengan kondisi gulma.


Lakukan pemupukan susulan dengan cara dikocor atau dilakukan bersamaan dengan penyiraman. Pemupukan susulan dilakukan sesudah tumbuhan berusia 2 ahad sesudah tanam. Pemupukan sanggup dilakukan dengan memakai pupuk urea dan KCL dengan perbandingan 2:1.


Sebaiknya, pemupukan dilakukan pada sore hari dengan interval 5 hari sekali atau diadaptasi dengan kesuburan tanaman.


Masa Panen Sawi Manis


Sawi bagus sanggup dipanen pada usia 40-50 hari sesudah tanam. Pemanenan sawi bagus sanggup dilakukan dengan mencabut tumbuhan beserta akarnya atau dengan memotong pangkal batang tanaman.


Demikian artikel pembahasan tentang” Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Sawi Manis Caisim Agar Sukses Bagi Pemula “, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kali berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Sawi Manis Caisim Agar Sukses Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel