Cara Budidaya dan Merawat Lobster Hias Merah Bagi Pemula Agar Sukses

Cara Budidaya dan Merawat Lobster Hias Merah Bagi Pemula Agar Sukses – Lobster hias merah yaitu salah satu jenis lobster hias yang banyak diincar oleh banyak orang. Seperti namanya, jenis lobster ini mempunyai warna badan yang merah dari ujung kepala sampai ekor.


Karena keindahan warna dan banyak peminatnya, budidaya lobster hias merah ini dapa dijadikan sebagai salah satu peluang perjuangan yang menjanjikan. Berikut cara budidaya dan merawat lobster hias merah:


Cara Budidaya dan Merawat Lobster Hias Merah


Perlu diketahui bahwa membudidayakan lobster hias merah membutuhkan perlakuan khusus supaya warna merah pada lobster tetap terjaga dan lebih indah.


Persiapan Budidaya Lobster Hias Merah


Pertama, lakukan observasi lokasi budidaya terlebih dahulu. Pastikan lokasi tidak terkontaminasi oleh limbah dan polusi menyerupai asap kendaraan bermotor ataupun asap dapur. Selain itu, pastikan juga lokasi bersahabat dengan sumber air dan jauh dari gangguan binatang ataupun predator menyerupai kucing.


Setelah itu, siapkan beberapa alat menyerupai aerator, jaring dan beberapa akuarium dengan ukuran yang berbeda.


Persiapan Media Pemijahan Lobster Hias Merah


Media yang sanggup dipakai untuk pemjahan sanggup berupa memakai media bak semen ataupun akuarium. Namun akan lebih mudah kalau memakai akuarium. Gunakan akuarium yang berukuran sedang, lengkapi akuarium dengan pipa paralon ataupun kerikil bata berlubang sebagai kawasan berlindungnya lobster, aerator dan lampu penghangat untuk menjaga supaya suhu tetap hangat.


Selanjutnya, masukkan air higienis dan usahakan tidak memakai air PDAM, apabila terpaksa maka air tersebut harus diendapkan terlebih dahulu selama 1-2 hari. Ukur pH air, pH yang baik yaitu sekitar 7-8 dengan suhu sekitar 22°C-25°C


Pemilihan Indukan Lobster Hias Merah


Pilih indukan losbter hias merah yang berkualitas dan siap budidaya dengan ciri indukan betina mempunyai kantung telur yang mulai berisi.


Dalam 1 media sanggup diisi 5 indukan yang terdiri dari 3 indukan betina dan 2 indukan jantan. Ciri-ciri indukan berkualitas baik yaitu kalau dimasukkan indukan lobster hias merah ke dalam air yang diaduk maka lobster akan berenang melawan arus; pilih juga indukan yang sehat, tidak terkena hama ataupun penyakit dan tidak cacat.


Setelah itu, masukkan indukan ke dalam media pemijahan dan beri pakan tinggi protein menyerupai cincangan ikan rucah dan siput secara teratur sebanyak 3 kali sehari.


Penetasan Telur dan Pemeliharaan Larva Lobster Hias Merah


Pertama, lakukan pemisahan telur yang sudah sanggup ditetaskan dengan induknya terlebih dahulu dan masukkan telur ke dalam akuarium khusus yang dilengkapi dengan aerator dan juga lampu penghangat. Biarkan selama kurang lebih 3-5 hari, sesudah larva muncul mulai lakukan perawatan.


Perawatan yang dilakukan sampai larva lobster menjadi bibit siap tebar diantaranya bersihkan air kalau air sudah mulai berubah warna dan ada lemak yang mengapung ke atas. Pakan yang sanggup diberikan pada larva lobster hias merah sanggup berupa plankton cair setiap hari sebanyak 3 kali.


Pemeliharaan Lobster Hias Merah


Apabila larva sudah menjadi bibit siap tebar dengan ukuran sekitar 1-2 cm, maka siapkan wadah budidaya yang layak dan lakukan pemeliharaan.


Siapkan akuarium khusus sebagai media budidaya dengan ukuran diubahsuaikan dengan banyaknya lobster merah yang ingin dibudidayakan. Lengkapi media dengan aerator dan penyaringnya lengkap, dan tambahkan penggalan paralon serta tanaman air sebagai kawasan persembunyian lobster.


Tebar bibit lobster perlahan ke media dengan menghindari penebaran secara bersamaan. Setelah penebaran bibit selesai, selanjutnya lakukan pemeliharaan. Berikan losters hias merah makanan berprotein tinggi dan materi makanan yang mempunyai betakaroten menyerupai wortel untuk menjaga dan memperindah warna lobster hias merah. Selain itu, jaga kebersihan media dengan mengganti airnya setiap ahad sekali dan lakukan pemeliharaan sampai panen tiba.


Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya dan Merawat Lobster Hias Merah Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya dan Merawat Lobster Hias Merah Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel