Panduan Lengkap Cara Budidaya Lobster Hias di Akuarium Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Budidaya Lobster Hias di Akuarium Bagi Pemula – Ada berbagai jenis lobster hias dengan warna dan bentuk yang menari. Berikut jenis-jenis lobster hias diantaranya yaitu Yabby (Cherax Destructor), Marron (Cherax Tenuimanus), Red Claw (Cherax Quardricaritanius), Red Lobster (Procambarus Clarkii), Astacopsis Gouldi, Rainbow Papua (Cherax pulcher), Dark Rainbow (Cherax Boesemani), Zebra Lobster, White Lobster, Dark Blue Yabby Lobster dan lain sebagainya.


Banyak pecinta binatang hias yang melaksanakan budidaya terhadap lobster hias ini. Berikut cara budidaya lobster hias:


Cara Budidaya Lobster Hias di Akuarium


Pemilihan Induk Lobster Hias


Pilih indukan lobster hias dengan kualitas terbaik semoga nantinya anakan yang dihasilkan terbaik juga. Indukan lobster yang berkualitas yaitu indukan yang berusia kurang lebih tujuh bulan. Jika anda indukan yang usianya lebih muda dikhawatirkan perkembangbiakan yang terbaik malah kurang tepat sehingga kesannya pun juga akan kurang maksimal.


Ciri indukan lobster jantan yaitu mempunyai tonjolan pada kaki ke lima bila dihitung dari capit dan juga pada bab capit biasanya adanya warna berupa merah. Sementara itu, ciri indukan betina unggul yaitu mempunyai bulatan pada pangkal kaki ke tiga.


Pemberian Pakan Lobster Hias


Pakan yang sanggup diberikan pada lobster hias sanggup berupa pelet, kacang-kacangan, umbi-umbian atau sayuran lainnya. Pemberian pakan ini dilakukan sebanyak dua kali sehari yaitu pagi dan sore hari. Disarankan untuk memberi pakan lebih sedikit di pagi hari dan sedikit lebih banyak pada sore hari.


Perawatan Lobster Hias


Pastikan pasokan oksigen yang ada di akuarium cukup, alasannya ialah ini merupakan salah satu faktor ayang memilih pertumbuhan lobster hias ini, untuk itu sanggup dipakai alat ibarat aerator.


Pada ketika proses mounting atau proses pergantian cangkang lobster pastikan tidak ada kanibalisme. Proses mouting ini terjadi alasannya ialah ukurannya yang sudah semakin besar sehingga cangkang yang usang tidak muat lagi. Pada tahap ini, lobster akan mengeluarkan kedaluwarsa bau yang sanggup menjadi pemicu lobster lainnya untuk memakan lobster yang berganti cangkang tersebut.


Untuk itu, disarankan untuk menyediakan akuarium khusus ketika proses ini terjadi. Sehingga hal ini akan mencegah lobster untuk memakan lobster lainnya.


Proses Pemijahan Lobster Hias


Pemijahan ialah suatu proses dimana lobster jantan dan juga betina dikelompokkan semoga mereka sanggup mendapat pasangannya dan masukkan mereka di akuarium yang berbeda.


Hal ini akan memperlihatkan lobster tersebut untuk melaksanakan perkawinan sehingga nantinya akan menghasilkan banyak telur. Selain itu, disarankan untuk menyediakan kawasan persembunyian di setiap akuarium yang akan dipakai sebagai kawasan budidaya lobster. Dalam satu akuarium sanggup dimasukkan sebanyak 3 ekor lobster betina dan 5 ekor lobster betina.


Proses Pengeraman Telur Lobster Hias


Setelah semua lobster tersebut melaksanakan perkawinan, maka akan menghasilkan telur-telur yang banyak yang nantinya akan dibawa dan ditaruh di sebelah sirip renang lobster betina. Pastikan telur-telur tersebut dierami dengan baik dan tidak ada hal-hal yang mengganggu proses pengeraman yang dilakukan lobster betina.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Lobster Hias di Akuarium Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Lobster Hias di Akuarium Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel