Panduan Lengkap Cara Budidaya Burung Nuri Kepala Hitam Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Budidaya Burung Nuri Kepala Hitam Bagi Pemula – Burung Nuri Kepala Hitam atau Lorius lory ialah salah satu habitat burung di Indonesia yang penyebarannya banyak di pulau Ambon, Ternate dan Papua. Burung nuri kepala hitam mempunyai kecerdasan yang baik dalam mengingat dan menirukan bunyi yang pernah mereka dengar.


Di habitatnya, burung nuri kepala hitam ini akan hidup bergerombol atau hidup dalam koloni secara berkelompok. Biasanya 7-10 ekor burung nuri hitam yang membentuk sebuah koloni di alam bebas. Namun, burung ini merupakan salah satu burung yang terancam punah akhir banyaknya pemburuan liar.


Cara Budidaya Burung Nuri Kepala Hitam


Ciri-Ciri Burung Nuri Kepala Hitam


Adapun ciri-ciri burung nuri kepala hitam, diantaranya yaitu:



  1. Burung nuri kepala hitam merupakan salah satu burung yang mempunyai ukuran panjang 30-33 cm dengan ukuran berat normalnya 200-240 gr.

  2. Memiliki ekor yang lebat.

  3. Memiliki warna merah di penggalan dada atas dan juga pada penggalan kepala.

  4. Mahkota atau kepala pada penggalan atas berwarna hitam dan bewarna ungu bau tanah pada penggalan bawah mantelnya.

  5. Memiliki panjang ekor sekitar 12 cm dan warna yang dimiliki burung ini pada penggalan ekor yaitu warna yang sama dengan penggalan paha yaitu biru.

  6. Memiliki panjang sayap 14 cm.


Cara Membedakan Jantan Dan Betina Nuri Kepala Hitam


Cara membedakan indukan jantan dan betina burung nuri kepala hitam sanggup dilihat dari fisiknya, berikut perbedaan keduanya:



  • Nuri kepala hitam jantan mempunyai bulu dada mengkilap dengan warna biru bau tanah dan seringkali mempunyai sikap menyerupai menaikkan atau menurunkan kepala serta tubuhnya dan sering mengepakkan sayapnya.

  • Sedangkan betina nuri kepala hitam mempunyai warna bulu dada berwarna biru pucat dan kurang mengkilap dan sikap betina lebih tidak gesit atau pasif dibandingkan nuri kepala hitam jantan.

  • Burung nuri kepala hitam jantan mempunyai iris mata berwarna orange dan betina mempunyai warna iris mata yang lebih muda yaitu orange muda atau kuning.

  • Jika dibandingkan dengan paruh betina, paruh jantan lebih besar dan lebar.


Persiapan Kandang Burung Nuri Kepala Hitam


Siapkan sangkar bertipe sangkar terbuka dengan sistem rantai atau sanggup juga gunakan sangkar tipe tertutup berdinding sangkar tersebut dibentuk daru strimin logam dan juga kerangka kayu dengan ukuran sangkar sekitar 1 m x 1,25 m serta tinggi 1,9 meter.


Letakkan sangkar di kawasan yang sering dilalui atau ramai semoga burung terbiasa dengan kehadiran manusia. Jika burung merasa takut, tempatkan sangkar di kawasan yang agak lebih tinggi tapi sedikit-sedikit turunkan ke ketinggian normal. Jangan lupa, selalu jaga kebersihan sangkar semoga burung tetap sehat.


Cara Memandikan Burung Nuri Kelapa Hitam


Biasanya burung nuri kepala hitam dimandikan dengan cara di semprot atau metode penyemprotan. Caranya yaitu:


Lakukan penyemprotan di luar sangkar dengan cara menyemprotkan burung dengan intensitas air yang sedang. Lalu biarkan burung nuri tersebut berada di kawasan terbuka semoga bulu dari burung nuri menjadi kering dan agak hitam.


Setelah itu, masukan lagi burung tersebut kembali kedalam sangkar mereka. Memandikan burung sampai berair kuyup akan menjadikan burung tersebut menjadi lapar, jadi harus perhatikan masakan yang tersedia dalam kandang. Kelaparan tersebut disebabkan lantaran energi mereka terkuras untuk memanaskan kembali badan mereka.


Pemberian Pakan dan Vitamin Pada Burung Nuri Kepala Hitam


Berikan pakan bergizi dan berprotein tinggi semoga menghasilkan budidaya nuri kepala hitam yang optimal. Pakan yang sanggup diberikan dan merupakan rekomendasi ialah biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran dan pakan buatan. Pemberian pakan pada burung ini dilakukan dengan proteksi lidi. Tapi coba selalu perpendek ukuran lidi setiap harinya sampai terakhir letak masakan ada di telapak tangan.


Nuri kepala hitam yang sudah berani dan terbiasa akan eksklusif mendekat dan eksklusif memakan masakan tersebut ke tangan. Ini berarti burung peliharaan tersebut sudah jinak dan tidak lagi liar. Biasanya hasil terbaik didapati sesudah sebulan kalau perawatan dilakukan dengan benar. Nuri yang dilatih dengan benar akan cepat jinak dan gacor.


Burung nuri yang berumur 0-16 hari sanggup diberi vitamin dengan cara mencampurkan pada pakan burung. Setelah burung nuri kepala hitam berumur 16-21 hari, maka sanggup mencampurkan vitamin ke dalam masakan atau minumannya.


Cara Melatih Burung Nuri Kepala Hitam


Selain perawatan dasar, tentunya burung peliharaan membutuhkan pembinaan semoga sanggup mendapat burung dengan kualitas prima yang menghasilkan bibit unggul. Latihan dasar sanggup berupa bermain dengan bermacam-macam atribut dan mendengarkan kicauan burung lain.


Demikian artikel ihwal “Panduan Lengkap Cara Budidaya Burung Nuri Kepala Hitam Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Burung Nuri Kepala Hitam Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel