Panduan Lengkap Cara Budidaya Burung Gelatik Belong atau Gelatik Jawa Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Budidaya Burung Gelatik Belong atau Gelatik Jawa Bagi Pemula – Burung gelatik belong atau gelatik jawa (Padda Oryzivora) yakni salah satu jenis burung pengicau yang mempunyai ukuran kecil dan berasal dari keluarga finch atau pipit atau emprit.


Ciri-ciri burung gelatik belong diantaranya yaitu mempunyai panjang badan kurang lebih 15 cm, mempunyai kepala hitam, pipi putih dan mempunyai paruh merah berukuran besar. Burung cendekia balig cukup akal mempunyai bulu berwarna abu-abu, dengan perut berwarna coklat kemerahan, kakinya berwarna merah muda dan juga mempunyai bundar merah di sekeliling mata. Burung jantan dan betina tidak mempunyai perbedaan, ketika burung gelatik belong masih muda berwarna coklat. Pakan utama burung gelatik belong atau gelatik jawa ini yakni biji-bijian, buah, dan serangga.


Burung gelatik belong berhabitat orisinil di Pulau Jawa dan Bali. Burung satu ini sangat bahagia berkoloni atau berkelompok serta sangat cepat berpindah-pindah. Saat ini, burung gelatik belong dievaluasi rentan pada IUCN Red List serta di daftarkan dalam CITES Appendiks II, atau sanggup diartikan sebagai binatang yang terancam punah di habitat aslinya.


Cara Budidaya Burung Gelatik Belong


Persiapan Lokasi dan Kandang Budidaya Burung Gelatik Belong


Pastikan lokasi sangkar budidaya burung gelatik belong ini jauh dari pemukiman warga supaya burung tidak gampang stress yang nantinya akan berakibat pada burung enggan bertelur.


Ukuran sangkar yang ideal untuk sangkar burung gelatik belong ini yaitu kurang lebih berdiameter 30 cm x 40 cm. Kandang sanggup terbuat dari kerangka besi ataupun sanggup dari kerangka kayu. Buatlah tutup sangkar dengan memakai kawat kasa berdiameter 1 cm x 1 cm, bab atap sanggup memakai asbes, seng, tripleks atau sanggup juga genting. Tutup sangkar berfungsi sebagai penangkal sinar matahari masuk sangkar secara maksimal


Jenis sangkar yang sanggup dipakai untuk membudidayakan burung ini yaitu sistem soliter (satu sangkar untuk sepasang indukan), atau sanggup memakai sangkar koloni atau ombyokan (satu sangkar untuk beberapa pasang indukan), atau pun sanggup memakai jenis sangkar aviary atau umbaran terbuka.


Persiapan Kotak Sarang Burung Gelatik Belong


Kotak salang atau glodok berfungsi sebagai daerah bertelur serta mengerami telur bagi sang indukan. Kotak sarang ini sanggup dibentuk dari kayu, kemudian didalamnya diberi sabut atau serabut kelapa, rumput kering, sanggup juga memakai materi lainnya.


Pemilihan Indukan Burung Gelatik Belong


Pilih indukan burung gelatik belong yang berkualitas, berumur cendekia balig cukup akal dan siap kawin. Usia burung betina yang siap kawin disarankan lebih dari 1 tahun.


Ciri-ciri indukan yang siap kawin terlihat dari perilakunya, Indukan jantan akan sering berkicau serta lebih aktif dalam kandang; merobek kertas koran yang terkadang disiapkan di lantai kandang, serta mempunyai penampilan yang rapi, bulu-bulu menjadi rapat serta mulus.


Cara membedakan jenis kelamin Burung Gelatik Belong diamati pada bab perut, bab mata serta suaranya. Umumnya burung gelatik jantan mempunyai pangkal paruh lebih tebal, mempunyai warna lebih tajam dan terlihat cantik, matanya terlihat sangat cerah dan bersinar, kicauannya bertenaga dan umumnya burung jantan sering berkicau dibandingkan burung gelatik belong betina.


Ciri gelatik betina diantaranya memilki paruh yang cukup tipis, mempunyai warna lebih muda, matanya berwarna sedikit pudar, ukuran tubuhnya relatif lebih kecil dibandingkan jantan, bunyi kicaunya terbilang monoton dan jarang terdengar.


Pemberian Pakan Burung Gelatik Belong


Beri burung gelatik belong pakan dalam kondisi yang masih segar serta bervariasi. Disarankan berikan pakan alami, selain itu berikan vitamin supaya perkembangbiakkan burung menjadi baik dan sistem kekebalan badan burung meningkat.


Proses Bertelur Burung Gelatik Belong


Pada umumnya, indukan akan bertelur sesudah 7-14 hari dijodohkan. Proses penetasan telur akan berlansung sesudah 18 hari masa pengeraman. Jika dirawat oleh indukan, anakan burung gelatik belong akan mulai keluar sarang sesudah berumur 28 hari. Pada usia itu, burung gelatik belong sudah sanggup dipasangi ring untuk dipasarkan atau dirawat sampai dewasa.


Demikian artikel wacana “Panduan Lengkap Cara Budidaya Burung Gelatik Belong atau Gelatik Jawa Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Burung Gelatik Belong atau Gelatik Jawa Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel