Panduan Lengkap Cara Budidaya Udang Dalam Drum Bagi Pemula Agar Sukses

Panduan Lengkap Cara Budidaya Udang Dalam Drum Bagi Pemula Agar Sukses – Budidaya udang tidak hanya sanggup dilakukan di bak yang berukuran besar, tapi juga sanggup memanfaatkan wadah lain yang berukuran lebih kecil ibarat drum. Keuntungan budidaya udang memakai drum diantaranya adalah lebih murah dan simpel terkait dengan peralatan dan materi yang sederhana; tidak membutuhkan lokasi yang luas dan khusus; pemeliharaan lebih mudah; pembuatan media yang lebih praktis; panen lebih gampang dan menguntungkan alasannya sanggup meminimalisir tingkat janjkematian udang.


Cara Budidaya Udang Dalam Drum


Pembuatan Media Budidaya Udang dalam Drum


Siapkan beberapa peralatan dan tentukan pula jenis udang yang ingin dibudidayakan. Alat yang perlu disiapkan diantaranya adalah alat pemotong atau gergaji kecil, aerator, baskom, seser, dan jaring sebagai alat penebar benur nantinya.


Selanjutnya, pilih drum berukuran besar berbahan dasar plastik untuk mempermudah proses pemotongan. Bersihkan dan basuh drum terlebih dahulu memakai sabun hingga higienis dan jemur hingga kering. Setelah itu, lekatkan tutup drum dengan rapat dan lubangi sebagai daerah keluarnya air dikala drum dikuras nantinya. Buatlah lubang dengan diameter 5 cm dan beri epilog kecil, buatlah dari tutup bekas botol plastik.


Setelah itu, letakkan drum dengan posisi tertidur kemudian buatlah contoh persegi panjang pada setengah bab atas drum dengan ukuran sekitar 30 x 10 cm. Potong contoh tersebut, kemudian buatlah epilog sebagai epilog lubang untuk menjaga udang dari predator ibarat kucing. Penutup berukuran 40 x 20 cm yang diletakkan di atas lubang. Penutup tersebut sanggup dibentuk dengan materi dasar triplek yang diberi kawat. Pasang aerator pada drum dan letakkan drum di daerah yang terbebas dari limbah maupun sampah. Kemudian, masukkan air sumur atau air sungai, hindari memakai air PDAM dan masukkan materi pakan alami udang berupa plankton cair.


Persiapan Benur Udang


Benur udang sanggup didapatkan dengan membelinya secara online maupun offline. Jika membelinya secara online, maka harus bertanya terlebih dahulu mengenai kelayakkan budidaya benur tersebut.


Apabila membelinya secara offline, maka sanggup memilihnya secara leluasa. Ciri benur udang berkualitas baik adalah benur tidak terkena hama ataupun penyakit. Benur dihasilkan dari indukan yang baik dan tidak terkena hama ataupun penyakit. Selain itu, perhatikan juga bab badan benur, pastikan benur yang dipilih tidak cacat dan kalau disentuh maka ia akan bergerak aktif.


Penebaran Benur Udang Budidaya Udang dalam Drum


Pertama sebelum membuka ikatan pada plastik pembungkus benur, letakkan bungkusan ke dalam air media budidaya selama 15-30 menit. Setelah itu, secara perlahan buka ikatan pada plastik dan buka lebar-lebar plastik pembungkus benur. Kemudian, masukkan air yang ada dalam drum media budidaya ke dalam plastik pembungkus benur sedikit demi sedikit. Lakukan hal tersebut selama 15 menit dan biarkan hingga benur keluar dengan sendirinya. Setelah benur tidak bersisa, buang plastik dan tutup bab atas drum.


Pemeliharaan Udang Budidaya Udang dalam Drum


Jagalah pH dan suhu air, pH harus berada diantara 6,8-8 jangan hingga kurang atau melebihi. Sedangkan untuk suhu yang baik adalah berkisar antara 22°C hingga 25°C.


Lakukan pergantian air secara rutin adalah setiap sebulan sekali sebelum masa panen. Untuk pakan, pakan yang sanggup diberikan sanggup berupa cincangan ikan rucah dan pelet yang diberikan setiap hari sebanyak 3 kali sehari. Atasi hama dan penyakit yang menyerang udang dengan cara memberi pengobatan khusus dan memisahkan udang yang terkena penyakit.


Pemanenan Udang dalam Drum


Cara panen udang dalah drum sanggup dilakukan dengan cara membuka epilog atas bab media budidaya dan epilog kecil yang dipasang di bab samping epilog drum. Setelah air terkuras habis, gunakan jaring untuk memanen dan letakkan udang ke dalam ember. Kemudian, lakukan penyortiran pada udang, mana udang yang akan dijual dan dikonsumsi sendiri.


Demikian artikel pembahasan perihal “Panduan Lengkap Cara Budidaya Udang Dalam Drum Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Udang Dalam Drum Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel