Panduan Lengkap Cara Menanam Ketepeng China dari Biji dan Cangkok Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Menanam Ketepeng China dari Biji dan Cangkok Bagi Pemula – Tanaman Ketepeng atau Ketepeng Cina (Cassia alata) yakni salah satu jenis tumbuhan obat yang berasal dari daratan Amerika tropik. Ketepeng termasuk jenis tumbuhan perdu, Memiliki daun berbentuk lingkaran telur saling berhadapan. Mahkota bunganya berwarna kuning di bab bawah, serta mempunyai bentuk polong bersayap pipih berwarna hitam.


Ketepeng cina banyak tumbuh di beberapa daerah di Indonesia dan Tanaman Keteprng mempunyai banyak manfaat bahkah sudah banyak dipakai oleh nenek moyang kita untuk mengatasi bermacam-macam penyakit kulit dan beberapa penyakit lainnya.


Nama lain ketepeng China yaitu Seven golden candlestick (Inggris), Kupang-kupang (Ternate), Ketepeng Kebo (Jawa), Acon-aconan (Madura), Tabankun (Tidore), Ketepeng Badak (Sunda), dan Sajamara (Halmahera). Pada tumbuhan ketepeng bab daunlah yang mempunyai banyak manfaat alasannya yakni mengandung banyak senyawa kimia menyerupai Rein aloe emodina, rein, aloe emodina, rein aloe emodina diantron, asam krisofanat, tanin dan dihidroksimetilanthraquinone. Daun ketepeng mempunyai rasa pedas dan hangat sehingga sanggup difungsikan untuk insektisidal, sanggup mengatasi gatal-gatal, untuk obat cacing, hingga obat kelaianan kulit yang diakibatkan oleh benalu kulit.


Klasifikasi Ilmiah Tanaman Ketepeng

Kingdom : Plantae

Divisi : Magnoliophyta

Class : Magnoliopsida

Ordo : Fabales

Famili : Fabaceae

Genus : Cassia

Spesies : Cassia alata


Ciri-ciri tumbuhan ketepeng cina diantaranya yaitu berupa semak setinggi 3-4 meter dengan panjang daun antara 50-80 cm. Ciri daun akan menutup dalam kegelapan atau di malam hari dan perbungaan tampak menyerupai lilin berwarna kuning. Ciri-ciri buah ketepeng berbentuk menyerupai polong lurus, panjangnya mencapai 25 cm.


Tanaman ketepeng china ini berkembang dengan pertolongan binatang yang ikut membawa bijinya ke tempat lain. Setiap polong mengandung 50 hingga 60 biji. Ciri-ciri benih biji hampir lurus, berwarna coklat bau tanah atau hampir hitam. Ukuran biji sekitar 15 cm dan lebar 15 mm.


Cara Menanam Ketepeng China


Menanam ketepeng china sanggup dilakukan melalui penyemaian biji dan juga cangkok batang. Biji tersebut sanggup dikumpulkan sendiri dengan cara memanen polong di animo panas dan simpan di tempat yang kering. Biji tersebut sanggup disimpan dalam keadaan kering selama beberapa ahad untuk dipakai sebagai bibit. Untuk hasil terbaik, rendam biji ke dalam air hangat selama 24 jam sebelum ditanam, tujuannya untuk mempercepat perecambahan biji.


Selanjutnya benih tersebut ditanam sekitar tiga perempat inci ke dalam tanah atau humus yang dikeringkan. Kadar kisaran antara pH 5,5-6,5 dan tempatkan di daerah yang sebagian terkena sinar matahari. Setelah kecambah tumbuh, lakukan pemupukan denga pupuk seimbang sebulan sekali selama masa pertumbuhan. Setelah berumur enam bulan, pindahkan ke tanah ataupun pot yang berukuran besar. Selama masa pertumbuhan lakukan pemupukan dengan pupuk pertumbuhan menyerupai kompos organik.


Jika melalui cangkok batang, hal tersebut sanggup dilakukan menyerupai pencangkoan pada umumnya. Pilih batang tumbuhan ketepeng china yang tua, kemudian dikupas kulitnya. Media cangkok yang paling baik yaitu memakai cocopeat atau ampas sabut kelapa. Proses cangkok membutuhkan waktu selama sekitar 4-5 bulan untuk mendapat hasil yang maksimal.


Jika ingin mendapat cabang yang baik dan pertumbuhan yang indah, maka lakukan pemangkasan secara rutin. Pemangkasan dan penyiangan gulma akan membantu mempercepat merangsang perbungaan.


Demikian artikel pembahasan perihal “Panduan Lengkap Cara Menanam Ketepeng China dari Biji dan Cangkok Bagi Pemula“, biar bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Menanam Ketepeng China dari Biji dan Cangkok Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel