Panduan Lengkap Cara Ternak Bebek Pedaging atau Bebek Potong Bagi Pemula Agar Sukses

Panduan Lengkap Cara Ternak Bebek Pedaging atau Bebek Potong Bagi Pemula Agar Sukses – Bebek atau Itik ialah salah salah satu nama spesies burung yang ada dalam famili Anatidae. Bebek mempunyai tubuh yang berlekuk dan lebar, mempunyai leher yang cukup panjang, mempunyai bentuk tubuh yang bervariasi tapi umumnya membulat. Paruh angsa lebar dan terdapat lamelae yang yang mempunyai kegunaan sebagai penyaring makanan.


Klasifikasi ilmiah bebek

Kingdom: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Aves

Ordo: Anseriformes

Famili: Anatidae

Subfamilia:

Dendrocygninae

Oxyurinae

Anatinae

Merginae


Bebek sanggup diternakan sebagai angsa petelur untuk menghasilkan telur dan angsa pedaging untuk menghasilkan daging. Nah kali ini kita akan membahas wacana cara ternak angsa pedaging, berikut selengkapnya:


Cara Ternak Bebek Pedaging atau Bebek Potong Bagi Pemula


Persiapan Kandang Ternak Bebek Pedaging


Lokasi yang akan dipakai untuk ternak angsa pedaging ini diusahakan jauh dari kebisingan, sejuk, erat dengan sumber air dan pakan dan gampang dilewati alat transportasi.


Ada 3 jenis sangkar yang perlu disiapkan yaitu pertama, sangkar berupa box khusus berukuran 1-2 meter untuk anak itik, dengan ukuran tersebut sanggup menampung sebanyak 50 ekor anakan itik. Kedua, jenis sangkar browser yang dipakai untuk daerah memelihara angsa remaja, jenis sangkar ini sanggup menampung sampai 16-100 ekor angsa remaja. Ketiga, jenis sangkar layar yang dipakai untuk memelihara angsa pedaging dewasa, dimana jenis sangkar ini sanggup menampung 4-5 ekor angsa dewasa.


Bebek membutuhkan ruang gerak yang cukup besar, alasannya ialah angsa gampang stres dengan sangkar yang sempit, setidaknya ada ruang biar angsa sanggup berlari. 1 meter persegi berisi 2 ekor bebek, jadi untuk 100 ekor angsa pedaging sangkar sanggup dibentuk 50 meter persegi dengan tinggi sangkar minimal 2 meter, biar sirkulasi udara cukup dan tidak susah untuk membersihkan kandang.


Kandang tersebut harus dibentuk nyaman dan kokoh. Kandang tersebut sanggup dibentuk dari materi bambu, dinding sangkar sanggup dibentuk dari kayu, sedangkan atapnya memakai genteng atau asbes. Kandang angsa membujur dengan arah timur-barat untuk mencegah masuknya sinar matahari sepanjang hari yang akan menjadikan suhu sangkar menjadi panas. Selain itu, biar sangkar tidak lembab maka kepingan bawah sangkar diberi bantalan berupa jerami.


Pemilihan Bibit Bebek Pedaging yang Baik


Ciri-ciri DOD angsa pedaging yang baik diantaranya yaitu mempunyai bulu bersih, anggun dan kering;

memiliki mata jernih, kedua matanya terbuka dan tidak buta; mempunyai gerakan yang lincah; mempunyai kaki kokoh dan tidak pincang; mempunyai bobot minimal 40 gram, tubuh tegap, nafsu makan besar dan bebas dari penyakit.


Memilih DOD berjenis kelamin jantan alasannya ialah laju pertumbuhannya lebih cepat dibandingkan betina. Ciri-ciri DOD jantan yaitu mempunyai paruh lebih mengkilap dibandingkan paruh DOD betina, ukuran tubuh lebih besar, suaranya lebih serak (parau), mempunyai leher yang lebih pendek, dan ekornya lebih naik dibandingkan DOD betina.


Selain itu, disarankan untuk menentukan DOD berjenis kelamin jantan alasannya ialah laju pertumbuhannya lebih cepat dibandingkan betina. Ciri-ciri DOD jantan yaitu mempunyai paruh lebih mengkilap dibandingkan paruh DOD betina, ukuran tubuh lebih besar, suaranya lebih serak (parau), mempunyai leher yang lebih pendek dan ekornya lebih naik dibandingkan DOD betina.


Pemberian Pakan Bebek Pedaging


Bebek pedaging yang berumur 0-16 hari diberi pakan dalam wadah biar angsa gampang memakannya. Setelah berumur 16-21, angsa sanggup diberi pakan dengan memakai wadah dan juga di sebar dilantai kandang. Jika sudah berumur 21 hari sampai 18 ahad maka donasi pakan sanggup dilakukan dengan menyebarkannya di lantai kandang. Selain pakan berikan juga vitamin menyerupai tepung ikan atau jagung.


Pemeliharaan Bebek Pedaging


Agar angsa terhindar dari hama dan penyakit, maka perlu memperhatikan kebersihan dan sanitasi sangkar bebek. Selain itu lakukan pula vaksinasi.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Ternak Bebek Pedaging atau Bebek Potong Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Ternak Bebek Pedaging atau Bebek Potong Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel