Panduan Cara Menanam Paprika Dari Biji Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah

Panduan Cara Menanam Paprika Dari Biji Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah – Paprika (Capsicum annuum L.) yaitu tumbuhan penghasil buah yang berasa cantik dan sedikit pedas dari suku terong-terongan atau Solanaceae. Buahnya berwarna hijau, kuning, merah, atau ungu dan sering dipakai sebagai gabungan salad.


Tanaman paprika ini berasal dari Amerika Selatan, kini tersebar luas dan dibudidayakan di hampir semua tempat tropika dan subtropika. Tanaman paprika umumnya tumbuh setinggi 50-150 cm. Tanaman ini sanggup cocok di aneka macam iklim dan sanggup tumbuh di aneka macam penggalan dunia.


Klasifikasi Paprika

Kingdom: Plantae

(tidak termasuk): Angiospermae

(tidak termasuk): Eudikotil

(tidak termasuk): Asteridae

Ordo: Solanales

Famili: Solanaceae

Genus: Capsicum

Spesies: C. annuum


Buah paprika mengandung banyak antioksidan dan vitamin C (150-250 mg/100 g). Kandungan karoten (seperti lycopene) pada paprika merah sembilan kali lebih banyak. Selain itu, paprika merah juga mempunyai kandungan vitamin C dua kali lipat dari paprika hijau.


Cara Menanam Paprika Dari Biji


Persiapan Bibit Paprika


Biji benih yang telah disiapkan, disemaikan terlebih dahulu. Penyemaian ini disarankan memakai rockwool sebagai media semainya alasannya yaitu akan lebih mudah. Caranya yaitu basahi rockwool terlebih dahulu, kemudian tiriskan hingga rockwool dalam keadaan lembap. Selanjutnya, buatlah lubang tanam pada rockwool dan letakkan benih paprika pada lubang tanam tersebut. Tunggu hingga 3-4 hari hingga pecah benih dan letakkan persemaian di tempat yang terkena sinar matahari semoga sanggup tumbuh optimal.


Proses Pindah Tanam Paprika


Jika bibit paprika telah muncul daun sejati, maka bibit sanggup dipindahtanamkan. Pertama, cukup siapkan polybag ukuran diameter minimal 20 cm, kemudian isi dengan media tanam berupa sekam bakar yang ringan dan gampang menyerap air.


Setelah itu, buatlah lubang tanam pada sekam bakar tersebut, kemudian pindahkan tumbuhan paprika yang siap pindah tanam ke lubang tanam yang telah dibentuk tersebut bersamaan dengan rockwoolnya. Kemudian, tutup kembali lubang tanam tersebut.


Perawatan dan Panen Paprika


Cara menanam paprika dengan sistem hidroponik ini, perawatannya cukup gampang yaitu hanya perlu secara rutin menyirami tumbuhan dengan larutan nutrisi hidroponik sayuran buah dengan kadar kepekatan 1.260-1.540 ppm. Penyiraman tumbuhan paprika dengan larutan nutrisi tersebut minimal dilakukan 2 kali sehari yaitu setiap pagi dan sore semoga tumbuhan sanggup tumbuh maksimal.


Pemanenan paprika sanggup dilakukan bila buah paprika yang berwarna hijau sudah menjelma warna merah. Tapi sanggup juga pemanenan dilakukan ketika paprika masih berwarna hijau, kuning atau jingga.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Cara Menanam Paprika Dari Biji Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Cara Menanam Paprika Dari Biji Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel