Panduan Lengkap Cara Budidaya Entok Bagi Pemula Agar Cepat Besar dan Sukses

Panduan Lengkap Cara Budidaya Entok Bagi Pemula Agar Cepat Besar dan Sukses – Entok atau Mentok (Cairina moschata) yaitu salah satu jenis unggas yang masuk dalam famili Anatidae. Entok atau mentok ini mempunyai ukuran sedang sampai agak besar, mempunyai dominasi warna bulu hitam dan putih, mempunyai tonjolan kulit dengan warna merah dan hitam dibagian sekitar wajah dan mata, mempunyai kaki pendek berselaput renang yang gemuk berwarna bubuk kehitaman, mempunyai ekor yang memipih datar dan agak lebar. Entok atau mentok liar, jantan mempunyai ukuran panjang sekitar 86 cm dengan bobot sampai 3 kg dan betina mempunyai panjang 64 cm dengan bobot 1,3 kg Sedangkan untuk entok atau mentok peliharaan mempunyai ukuran yang lebih besar dengan bobot sampai 7 kg untuk jantan dan sekitar 5 kg untuk betina. Entok bisa terbang namun tak pernah jauh, ketika berjalan entok akan perlahan dan ekornya akan digoyangkan ke kanan ke kiri untuk mengimbangi tubuhnya. Nama lain entok yaitu itik serati, itik surati, itik manila, basur dan dalam bahasa inggris disebut Barbary duck atau Muscovy duck.


Klasifikasi Ilmiah Entok

Kerajaan: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Aves

Ordo: Anseriformes

Famili: Anatidae

Genus: Cairina

Spesies: C. moschata


Cara Budidaya Ternak Entok


Persiapan Kandang Ternak Entok


Cari lokasi yang akan dijadikan sangkar entok yang bersahabat dengan air atau kubangan. Buatlah sangkar yang dilengkapi dengan kawasan makan dengan ketinggian sangkar yang cukup tinggi dan dibentuk dari jaring dipadukan dengan bambu. Ketinggian sangkar tersebut bertujuanagar angsa tidak terbang dan lari dari kandang. Kemudian, sangkar yang terbaik untuk anak entok yaitu jenis sangkar battery. Selain kawasan makan, sediakan juga kawasan mengeram di dalam kandang.


Pemilihan Indukan Entok


Pilih indukan entok yang berkualitas semoga telur atau daging yang dihasilkan manis serta bisa cepat. Jika ingin melaksanakan budidaya entok secara modern sebaiknya beli indukan daripada anakan atau biasa dikenal DOE, apabila mempunyai indukan 20 dan semuanya rata-rata bertelur 10 maka anda dalam waktu 40 haru sudah mempunya 200 DOE.


Pemberian Pakan Entok


Pakan yang sanggup diberikan pada entok sanggup berupa dedak, bekatul, sayuran, jagung, dan lain sebagainya.


Dalam sangkar battery, tempatkan meri (anakan entok) bersama induknya selama 1-2 hari. Tujuannya semoga anakan bisa mengikuti keadaan dengan cara memakan pakan yang disiapkan. Indukan akan secara alami mengajari anaknya. Jangan lupa lengkapi sangkar battery dengan lampu 5-10 watt. Kemudian dalam sangkar diberi wadah minum sebab mereka bahagia dengan nyosor atau makan.


Perawatan Entok


Pada usia 1-2 ahad diberi pakan berupa konsentrat starter dan minuman berupa air higienis yang bisa dicampur dengan vitamin. Pada ahad selanjutnya, campurkan konsentrat starter dengan pakan induk.


Pada usia 1 bulan anakan entok sudah bisa dilepas bermain di pekarangan dan bak budidaya entok. Pada usia ini meski entok telah lebih besar lengan berkuasa namun udara cuek bisa menciptakan perut mereka kembung dan pencernaannya terganggu. Untuk itu, pastikan perut mereka telah terisi sebelum malam hari dan bila angin bertiup kencang dan pada malam hari suhu udara menjadi lebih cuek tutup dinding sangkar dengan terpal untuk menjaga kehangatan di dalam kandang.


Indukan entok akan bertelur kembali sehabis 1 bulan dipisahkan dari anaknya (disapih). Setelah berumur 2,5 bulan entok telah mencapai bobot 2,5 kilogram. Saat itu, badan entok telah ditumbuhi oleh bulu berwarna putih, bulu ekor telah memanjang, dan bulu-bulu di belahan sayap mulai tumbuh. Pada periode ini entok semakin lahap menyantap pakan.


Entok sendiri sanggup bertelur sehabis masa pengeraman 35 hari dan 2-3 minggu. Agar nafsu makan entok stabil, disarankan untuk menyediakan pakan tanpa air.


Pembudidaya entok sudah bisa memanen entok beberapa ahad lagi. apabila entok disiapkan sebagai indukan maka masa pemeliharaan masih akan terus berlangsung sampai usia 6 bulan.


Vaksinasi Entok


Meski kebal terhadap penyakit, tapi bukan berarti entok tidak bisa terjangkit penyakit sama sekali. Untuk itu, perlu juga dilakukan vaksinasi sebab satu-satunya virus yang gampang terjangkit yaitu virus flu dan pilek, vaksin Vitachicks bisa menjadi pilihan.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Entok Bagi Pemula Agar Cepat Besar dan Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikui postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Entok Bagi Pemula Agar Cepat Besar dan Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel