Panduan Lengkap Cara Ternak dan Merawat Burung Kolibri Bagi Pemula Agar Sukses

Panduan Lengkap Cara Ternak dan Merawat Burung Kolibri Bagi Pemula Agar Sukses – Kolibri (Trochilidae) yaitu burung kecil dengan panjang 6,4 cm dan berwarna cerah yang sebagian besar hidup di Amerika Utara dan Amerika Selatan. Kolibri merupakan burung terkecil di dunia, beratnya sekitar 6 gram dan panjangnya 6,35 cm.


Terdapat lebih dari 300 spesies burung kolibri hidup di dalam wilayah hutan Amazon, Amerika Selatan. Sedangkan, kolibri jenis Sword Billed, ensifera ensifera hidup di bab barat hutan pegunungan Andes.


Kolibri merupakan penerbang yang ulung dengan gerakan sayap yang sangat cepat yaitu dalam satu detik sanggup mencapai 12-80 kepakan.


Cara Ternak dan Merawat Burung Kolibri Bagi Pemula


Pemilihan Bibit Burung kolibri


Terdapat beberapa jenis burung kolibri di Indonesia diantaranya kolibri ninja, kolibri gunung, kolibri jawa, kolibri sepah raja, kolibri hitam, kolibri tasik, kolibri kelapa dan kolibri wulung.


Pilih jenis kolibri yang akan kalian ternak dan pelihara. Pilih burung kolibri yang sehat, tidak cacat dan mempunyai bentuk badan yang baik; mempunyai bulu yang cerah dan halus; bermata cerah dan sangat gesit. Selain itu pilih burung kolibri yang mempunyai badan berisi dan tidak terlalu kecil.


Pilih burung kolibri jantan yang mempunyai ekor yang rapat ke tengah, kalau ingin memelihara burung kolibri betina disarankan untuk menentukan jenis kolibri ninja.


Umur Burung Kolibri


Usahakan burung kolibri yang akan di ternak telah berumur matang, minimal burung kolibri jantan berumur 2 tahun dan burung kolibri betina berumur sekitar 1, 5 tahun.


Persiapan Kandang dan Sarang Burung Kolibri


Buatlah sangkar burung kolibri dengan memakai kawat ram berukuran 1 x 2 m. Usahakan tempatkan dalam ruangan yang bersirkulasi udara cantik dan mendapat sinar matahari maksimal.


Sarang burung kolibri sanggup dibentuk dari serabut kulit kelapa dan kapas secukupnya atau sanggup juga rambut jagung yang kering atau sanggup juga serat nanas.


Kemudian sediakan daun mangga supaya sarang burung sanggup lebih nyaman dan berpengaruh ketika ditopang. Bisa juga dengan menggantungkan daun mangga yang ujungnya sudah kering ke ranting pohon yang ada di dalam sangkar dengan memakai serabut sumbu kompor. Tempelkan kapas-kapas yang telah dilumuri kuning telur, maka kolibri jantan akan segera tiba dan menciptakan sarang.


Perawatan Burung Kolibri


Agar sanggup berkembang biak dengan baik, maka berikan pakan dan minum yang baik. Pakan dan minuman yang diberikan sanggup berupa kroto, air gula, susu dan air putih matang. Ganti secara rutin pakan dan minum setiap hari pada malam hari supaya tidak mengganggu perkawinan burung kolibri.


Demikian artikel perihal “Panduan Lengkap Cara Ternak dan Merawat Burung Kolibri Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Ternak dan Merawat Burung Kolibri Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel