Panduan Lengkap Cara Budidaya Rumput Laut Gracilaria sp Bagi Pemula Agar Sukses

Panduan Lengkap Cara Budidaya Rumput Laut Gracilaria sp Bagi Pemula Agar Sukses – Rumput maritim Gracilaria sp merupakan materi baku utama pembuatan agar-agar. Rumput maritim Gracilaria sp ini sanggup dikembangbiakkan dengan gampang di tambak, alasannya sebab rumput maritim Gracilaria sp ini cukup adaptif terhadap lingkungan tambak dengan salinitas 15-30 ppt. Menariknya, rumput maritim Gracilaria sanggup dibudidayakan secara monokultur atau pun bersama dengan komoditi lainnya, salah satunya dengan udang.


Cara Budidaya Rumput Laut Gracilaria sp


Pemilihan Lokasi Budidaya Rumput Laut Gracilaria sp


Lokasi yang dipilih bisa dipilih yaitu kondisi tambak secara alami dan kondisi tambak yang bisa diakali.


Kondisi tambak alami


Yang dimaksud dengan kondisi alami tambak yaitu keadaan yang sudah ada pada tambak, diantaranya:



  • Usahakan tambak yang dipilih berjarak kurang lebih 300-1000 m dari laut. Karena pada jarak tersebut, tambak akan mengikuti pasang surut air laut, maka pergantian air juga akan berlangsung dengan baik. Sebaliknya, jarak yang terletak terlalu bersahabat dengan pantai akan menimbulkan salinitas yang terlalu tinggi.

  • Pilih lokasi tambak dengan struktur tanah berpasir dan berlumpur.

  • Salinitas air yang dibutuhkan rumput maritim Gracilaria sp yaitu sekitar 15-30 ppt.

  • Suhu airnya mencapai 20-28°C dengan pH 6-9.

  • Dekat dengan sumber air tawar supaya salinitas bisa dikurangi kalau kadar garam terlalu tinggi.


Kondisi tambak yang bisa diakali


Maksudnya, kondisi tambak yang harus diadaptasi dengan standar budidaya rumput maritim Gracilaria sp, diantaranya:



  • Kondisi kedalaman air yang baik yakni sekitar 0,5-1 meter.

  • Jauh dari polusi atau pencemaran.

  • Kondisi air tidak terlalu keruh supaya sinar matahari bisa menembus kedalaman air.

  • Mudah dibuatkan jalan masuk atau sirkulasi air sebagai pergantian pemikiran air.


Pembibitan Rumput Laut Gracilaria sp


Pembibitan rumput maritim Gracilaria sp cukup mudah. Carilah indukan yang tumbuh subur, mempunyai banyak cabang dan terlihat sehat. Pisahkan atau pecah rumput maritim tersebut menjadi 3-4 bagian. Hasil pemisahan tersebut bisa dipakai sebagai bibit gres yang akan ditanamkan, atau sebagai bibit pengganti tumbuhan yang gagal tumbuh. Kemudian, pada dua ahad berikutnya lakukan pemecahan lagi kemudian ulangi proses sebelumnya.


Perlu diperhatikan, sesudah pemecahan kedua maka tidak perlu dilakukan pemecahan lagi. Hal tersebut untuk menghindari pertumbuhan yang tidak serempak dalam satu tambak. Biarkan rumput maritim Gracilaria sp tumbuh selama 7-8 minggu.


Proses Penanaman Rumput Laut Gracilaria sp


Berikut ini proses penanaman rumput maritim Gracilaia sp, mulai dari persiapan lahan sampai penyebaran bibit.


Pertama, kuras habis air dai dalam tambak, kemudian taburkan pupuk sangkar (kotoran ayam) di atasnya. Setelah itu, bajak tanah supaya pupuk bisa tercampur dengan sempurna. Namun kalau kondisi tanah terlalu keras, maka bisa menebarkan pupuk TSP.


Ketebalan tanah pada dasar lahan budidaya Ggracilaria sp baiknya 10-15 cm. Setelah pupuk ditaburkan secara merata, biarkan tambak selama 3 hari supaya mengering. Semprotkan zat pembunuh patogen atau hama yang lainnya ke dalam tambak, menyerupai Saponin dengan takaran 40-50 kg/ha.


Setelah dilakukan penyemprotan, masukkan air setinggi 20 cm. Diamkan selama satu hari satu malam, kemudian diamkan kembali. Setelah tambak mengering, cek sekali lagi kebersihan tambak. Jauhkan bangkai, gulma, atau sampah lainnya yang bisa mengganggu pertumbuhan rumput maritim nantinya.


Masukkan kembali air setinggi 10 cm, kemudian tebarkan bibit rumput maritim Gracilaria so secara merata. Jangan terlalu rapat ataupun terlalu renggang. Jumlah idealnya yaitu 1 ton bibit rumput maritim untuk 1 ha tambak. Jika pertumbuhan rumput lautnya baik, bisa menambahkan 1 ton bibit lagi.


Penebaran bibit yang terbaik yaitu pada dikala sore hari supaya rumput maritim tidak mengalami stres. Setelah semua bibit tamat ditebar, tambahkan lagi volume air sampai mencapai ketinggian 50 cm.


Cara Pemeliharaan Rumput Laut Gracilaria sp


Lakukan pergantian air 1 ahad sekali dengan memanfaatkan pasang surut air laut. Kedalaman air harus berkisar 40-50 cm pada awal-awal penanaman. Setelah mendekati masa panen atau di ahad ke 8, kedalaman air bisa ditingkatkan menjadi 60-70 cm.


Perhatikan pertumbuhan Gracilaria sp pada ahad ke-2. Jika budidaya rumput maritim dirasa kurang subur, maka silahkan menambahkan pupuk dengan kandungan N menyerupai Urea. Jika rumput maritim sudah subur, lakukan pemecahan untuk ditanam pada lahan yang masih jarang.


Bersihkan area tambak dari lumpur, sampah, atau tumbuhan liar lainnya supaya unsur hara sanggup diserap secara optimal oleh Gracilaria sp.


Hindari tambak tercemari oleh air tawar yang berlebihan, sebab akan menurunkan salinitas di tambak dan akan mengganggu pertumbuhan rumput laut.


Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Rumput Laut Gracilaria sp Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Rumput Laut Gracilaria sp Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel