Panduan Lengkap Cara Budidaya Rumput Laut Eucheuma Cottonii Bagi Pemula Agar Sukses

Panduan Lengkap Cara Budidaya Rumput Laut Eucheuma Cottonii Bagi Pemula Agar Sukses – Eucheuma cottonii atau rumput bahari merah merupakan jenis rumput bahari yang sanggup kita jumpai dengan gampang di pesisir pantai terumbu. Habitat rumput bahari ini ialah tempat yang mempunyai pedoman bahari yang tetap dengan suhu harian kecil dan kerikil karang mati.


Rumput bahari Eucheuma cottonii sering dimanfaatkan sebagai penghasil ekstrak keragian. Kadar keragian pada tiap spesies Echeuma cottonii berkisar 54-73 % atau bergantung pada jenis dan lokasi tumbuhnya.


Teknik Budidaya Rumput Laut Eucheuma Cottonii


Pemilihan Lokasi Budidaya Rumput Laut Eucheuma Cottonii


Syarat lokasi budidaya rumput bahari Eucheuma cottonii, diantaranya yaitu:



  • Substratnya stabil dan terlindung dari hantaman ombak. Umumnya tempat yang paling ideal untuk budidaya ialah tempat yang erat dengan terumbu karang.

  • Kedalaman air pada dikala surut terendah sekitar 1-30 cm.

  • Perairan dilalui arus tetap dari bahari lepas di sepanjang pantai.

  • Kecepatan rat-rata arus airnya 20-40 m/menit.

  • Air jernih dan tidak mengandung lumpur. Utamakan jauh dari muara sungai.

    Suhu air berkisar antara 27-28°C, salinitas antara 30-37 ppt, dan pH antara 6,5-8,5.


Metode Budidaya Rumput Laut Eucheuma Cottonii


Terdapat 3 metode budidaya rumput bahari eucheuma cottonii ini, diantaranya yaitu:


Metode Lepas Dasar

Metode ini dipakai pada dasar perairan berpasir atau berlumpur pasir. Tujuannya untuk memudahkan menancapkan patok atau tiang pancang. Patok yang dipakai baiknya berukuran diameter 5 cm dan panjang 1 m dengan ujung bawah yang meruncing.


Metode Rakit Apung

Metode rakit apung sanggup diterapkan pada perairan yang berkarang, alasannya pergerakannya akan didorong ombak. Untuk itu, penanaman rumput bahari Eucheuma cottoni memakai rakit bambu atau kayu.


Metode Long Line

Metode ini memanfaatkan tali sepanjang 50-100 m yang dibentangkan pada permukaan air. Kedua sisinya dilengkapi dengan jangkar dan juga pelampung besar. Jarak pelampung yang disarankan ialah setiap 25 cm, dan usahakan memakai pelampung dari drum plastik.


Penanaman Rumput Laut Eucheuma Cottonii


Pilih bibit rumput bahari eucheuma cottonii yang berkualitas. Ciri bibit rumput bahari eucheuma cottonii yang berkualitas ialah mempunyai banyak cabang dan rimbun, tidak terdapat bercak pada batangnya, tidak terkelupas, warnanya cerah serta berumur sekitar 25-35 hari.


Sebaiknya dikumpulkan secara eksklusif dari lokasi perairan dengan jumlah yang diadaptasi dengan kebutuhan. Pada dikala proses pengangkutan dari habitat aslinya, bibit rumput bahari Eucheuma cottoni harus dalam keadaan terendam di dalam air dengan memakai kotak streofom atau karton berlapis plastik.


Susun bibit-bibit tersebut secara berlapis dan berselang antara pangkal tallus dan ujung tallus. Antara lapisan satu dengan yang lain diberi lapisan kain yang telah dibasahi dengan air laut. Hindarkan bibit dari hujan, kekeringan ataupun terkena minyak. Berikut ini proses penanaman rumput bahari eucheuma cottonii:



  • Siapkan tali ris polyethylen (PE) untuk menggantung bibit rumput bahari Eucheuma cottoni, ikat bibit tersebut pada tali penggantung.

  • Rentangkan tali ris yang telah berisi ikatan rumput laut. Pada tali utama, posisikan tumbuhan sekitar 30 cm di dasar perairan. Tali ris akan direntangkan pada patok dengan ukuran yang telah kami sampaikan di atas. Jarak ideal untuk setiap tali ris yang direntangkan ialah berkisar 20-25 cm.


Perawatan dan Pemeliharaan Rumput Laut Eucheuma Cottonii


Agar budidaya rumput bahari Eucheuma cottonii kita berjalan dengan baik dan sanggup menghasilkan panen melimpah, ada beberapa langkah perawatan yang wajib dilakukan.


Bersihkan talus dari tumbuhan liar dan lumpur yang melekat sehingga tidak menghalangi tumbuhan dari sinar matahari yang masuk. Bersihkan juga tali penggantung dari sampah atau pun tumbuhan liar lainnya.


Periksa keutuhan tali gantungan. Jika ada yang putus atau agak kendor segera perbaiki. Jika perlu, ganti dengan yang baru. Periksa juga tumbuhan dari gangguan banyak sekali hama dan penyakit.


Proses Panen Rumput Laut Eucheuma Cottonii


Waktu pemanenan rumput bahari eucheuma cottonii tergantung dari tujuan budidaya eucheuma cottonii yang dilakukan. Jika tujuannya untuk pembibitan, maka pemanenan sanggup dilakukan pada umur 25-35 hari.


Sementara untuk produksi berkualitas tinggi, dengan kandungan keragiannya yang banyak, panen gres sanggup dilakukan pada dikala umur 45 hari. Pemanenan rumput bahari sanggup dilakukan dengan cara mengangkat seluruh tumbuhan beserta tali penggantungnya.


Pelepasan tumbuhan dari tali penggantungnya eksklusif saja dilakukan dengan cara pemotongan. Rumput bahari yang sudah simpulan dipanen eksklusif dikeringkan dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari. Gantungkan rumput bahari tersebut pada para-para semoga tidak tercampur dengan pasir.


Sembari dijemur, lakukan pencucian rumput bahari dari benda-benda absurd menyerupai kerikil atau sampah lainnya. Jika kondisi cuaca cerah, penjemuran cukup dilakukan selama 3-4 hari atau hingga terlihat warna ungu keputihan dilapisi kristal garam.


Demikian artikel pembahasan perihal “Panduan Lengkap Cara Budidaya Rumput Laut Eucheuma Cottonii Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Rumput Laut Eucheuma Cottonii Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel