Panduan Lengkap Cara Menanam Bayam Merah Dengan Sistem Microgreens Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Menanam Bayam Merah Dengan Sistem Microgreens Bagi Pemula – Salah satu metode menanam sayuran yang sedang digemari yaitu microgreens. Menanam sayuran atau tumbuhan dengan sistem microgreen ini gampang dipelajari, sayuran yang dihasilkan akan mempunyai kandungan gizi yang lebih banyak dibandingkan sayuran yang ditanam dengan sistem tanam biasa dan juga usia panennya yang singkat merupakan beberapa kelebihan dari budidaya microgreens ini, tak heran kalau sistem microgreen ini banyak dipakai bagi mereka yang memang ingin mendapat gizi maksimal dari sayuran yang mereka konsumsi. Namun, menanam microgreens mempunyai kekurangan yaitu balasannya hanya sanggup dipanen sekali dan tidak bisatumbuh kembali.


Harga microgreens di pasaran sanggup mencapai Rp. 850-2000 per gramnya. Untuk itu, budidaya microgreens sanggup menjadi sebuah prospek bisnis yang menguntungkan. Cara menanam microgreens sangat simpel dan efisien baik dari segi waktu, ruang dan tenaga. Menanam microgreens ini sanggup dilakukan di dalam rumah atau ruangan yang ternaungi baik dalam skala kecil maupun besar.


Nah kali ini kita akan membahas perihal cara menanam microgreens bayam merah. Berikut selengkapnya:


Cara Menanam Bayam Merah Dengan Sistem Microgreens


Pertama, siapkan alat dan materi menanam bayam merah menyerupai microtray, benih bayam merah, sekam bakar, kain kasa dan air secukupnya.


Setelah semua alat dan materi telah siap, tutup bab microtray yang mempunyai lubang terlalu besar. Seperti yang diketahui, pada bab bawah microtray ada lubang yang ukurannya terlalu besar. Lubang tersebut sanggup ditutup memakai kain kasa yang dilipat kemudian diletakkan pada bab bawah microtray tersebut.


Setelah itu, gunakan sekam bakar sebagai media tanam penanaman microgreen. Caranya, letakkan sekam bakar tersebut diatas microtray yang sudah diberi kain kasa tersebut. Jangan beri sekam bakar terlalu penuh alasannya ialah nantinya akan diberi sekam bakar lagi pada langkah berikutnya.


Selanjutnya, buka kemasan benih bayam merah, kemudian tebarkan secara merata pada sekam bakar yang telah siap. Setelah itu, tutup benih dengan memakai sekam bakar secara merata dengan ketebalan yang tipis saja.


Kemudian lakukan penyiraman pada persemaian tersebut dengan memakai air secukupnya biar sekam bakar menjadi lembap. Selain itu, isi microtray bab bawah dengan air penuh biar kelembapan media tanam sanggup tetap terjaga. Setelah selesai, tutup semaian tersebut dengan memakai epilog semaian yang berwarna hitam atau warna gelap.


Setelah benih pecah, segera buka epilog semaian dan letakkan semaian di bawah sinar matahari biar tumbuhan sanggup tumbuh dengan baik. Lakukan perawatan pada tumbuhan microgreen yang masih kecil tersebut dengan terus menjaga kelembapan media tanam yang berupa sekam bakar.


Segera siram sekam bakar dengan air secukupnya kalau dirasa dibutuhkan dan jangan lupa untuk mengenakan tumbuhan ke sinar matahari setiap hari. Microgreen bayam merah ini sanggup dipanen sehabis berumur 10-14 hari, dan selanjutnya microgreens bayam merah siap untuk dikonsumsi sendiri atau di jual.


Demikian artikel tentang”Panduan Lengkap Cara Menanam Bayam Merah Dengan Sistem Microgreens Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Menanam Bayam Merah Dengan Sistem Microgreens Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel