Panduan Lengkap Cara Budidaya Burung Parkit Mata Merah Bagi Pemula Agar Sukses

Panduan Lengkap Cara Budidaya Burung Parkit Mata Merah Bagi Pemula Agar Sukses  – Parkit mata merah merupakan salah satu jenis burung parkit yang mempunyai ciri khas mata berwarna merah, jenis parkit ini agak sedikit langka sehingga cukup sulit ditemukan.


Nah kali ini kita akan membahas wacana cara budidaya ternak parkit mata merah, berikut selengkapnya:


Cara Budidaya Burung Parkit Mata Merah Bagi Pemula


Persiapan Kandang Budidaya Parkit Mata Merah


Kandang yang disiapkan untuk budidaya burung parkit mata merah ini harus diubahsuaikan dengan jumlah burung yang akan dibudidayakan. Semakin banyak burung yang akan dibudidayakan maka ukuran sangkar semakin besar.


Pemilihan Indukan Burung Parkit Mata Merah


Pilih indukan burung parkit mata merah yang telah berusia sekitar 5 bulan. Selain itu, pilih indukan yang sehat dan berkualitas biar nantinya juga anakan yang dihasilkan juga berkualitas. Karena tidak semua pasangan parkit bermata merah sanggup berjodoh dan mau berjodoh maka siapkan pasangan lebih dari satu pasang burung parkit mata merah.


Ciri indukan burung parkit mata merah yang siap kawin sanggup dilihat dari perubahan cerenya. Dimana warna cere indukan betina akan berubah warna sampai menjadi warna merah muda kecoklatan dimana warna aslinya dalah putih kebiruan.


Sedangkan indukan jantan sanggup di tandai dengan keaktifannya dimana indukan jantan akan terlihat lebih berenergi dan selalu mendekati yang betina.


Cara Menjodohkan Burung Parkit Mata Merah


Biasanya proses perjodohan burung parkit mata merah akan memakan waktu 7-10 hari. Cara menjodohkan burung parkit mata merah ini sanggup dilakukan dengan menyatukan burung jantan dan betia siap kawin di dalam koloni mereka, biasanya cara oni akan berlangsung selama 7 hari eksklusif berjodoh dan menghasilkan telur.


Selain itu, ada cara lain ialah dengan cara memisahkan burung jantan ke sangkar lain terlebih dahulu selama 3 hari. Biarkan burung jantan untuk melaksanakan pembiasaan pada sangkar gres tersebut. Kemudian sehabis hari ke 4 anda sanggup eksklusif memasukan indukan betina ke dalam sangkar tersebut.


Makanan Burung Parkit Mata Merah


Pakan yang diberikan pada burung parkit mata merah sanggup berupa sayur-sayuran, buah-buahan dan biji-bijian, menyerupai pir, pisang, biji milet, sayur bayam, sayur kol, pepaya, apel, wortel dan lain sebagainya. Selain pakan, berikan juga vitamin atau komplemen burung.


Merawat Burung Parkit Mata Merah


Agar tidak gampang terjangkit penyakit, maka jaga selalu kebersihan sangkar burung parkit mata merah dengan membersihkannya secara rutin setiap hari. Selain itu, ganti secara rutin air minumnya.


Demikian artikel wacana “Panduan Lengkap Cara Budidaya Burung Parkit Mata Merah Bagi Pemula Agar Sukses “, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Burung Parkit Mata Merah Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel