Panduan Lengkap Cara Budidaya Madu Kelulut atau Madu Klanceng Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Budidaya Madu Kelulut atau Madu Klanceng Bagi Pemula – Lebah Klanceng atau Lebah Kelulut (Trigona bee) merupakan lebah penghasil madu. Banyak orang ingin mencoba membudidayakan lebah ini alasannya yaitu harga madunya cukup mahal yaitu sekitar Rp 600 ribu per liter. Nah kali kita akan membahas wacana cara budidaya madu kelulut, berikut selengkapnya:


Cara Budidaya Madu Kelulut Bagi Pemula


Syarat Lokasi Budidaya Lebah Kelulut


Lokasi yang akan dipakai untuk budidaya lebah kelulut dilarang sembarangan, lokasi budidaya minimal mempunyai suhu 26 derajat celcius dan jauh dari keramaian; bersahabat dengan sumber air bersih; lokasi mempunyai banyak tumbuhan bunga dengan jarak tidak lebih dari 2 km alasannya yaitu madu kelulut membutuhkan nektar untuk makan dan menciptakan madu kelulut serta daerah budidaya harus jauh dari angin kencang.


Alat dan Bahan Budidaya Lebah Kelulut


Alat untuk menciptakan sarang dan memanen madu kelulut diantaranya yaitu garpu lebah madu kelulut, gergaji kayu, pisau lebah, gunting, seng, palu, pengasap, dan masker untuk keamanan. Bentuk kayu menjadi kotak dan tempatkan menghadap timur semoga tetap teduh di siang hari. Beri obat pelumas semoga tidak diganggu semut dan serangga.


Mencari Kelompok Lebah Kelulut


Cari kelompok madu kelulut untuk sanggup dibudidayakan, biasanya kelompok lebah kelulut sanggup ditemukan di atap rumah di area pegunungan, lubang atau pohon, dan lain sebagainya. Satu kelompok sanggup dimasukkan ke dalam kotak yang sudah diisi sisiran kosong dan larutan gula kental yang didekatkan bersahabat kelompok madu kelulut yang telah ditangkap.


Agar menjadi lebih jinak dan tidak agresif, asapi kelompok madu kelulut secukupnya, irislah sisiran sarang dan ikat pada bingkai sarang perlahan kemudian cari ratu madu kelulutnya. Masukkan ratu madu kelulut ke dalam kandang kemudian tempelkan di dalam kotak lebah. Sisiran yang dipindah yaitu yang penuh larva muda, madu kelulut dan pollen, warnanya putih.


Letakkan kotak pada daerah yang agak terbuka semoga anggota kelompok madu kelulut yang lain sanggup masuk ke dalam kotak tersebut. Sehari sesudah penangkapan, kurungan untuk ratu madu kelulut dibuka, semoga ratu madu kelulut tidak terbang, sayap sanggup dipotong sedikit sehingga lebah pekerja lainnya akan merasa hening dan sekitar 3 hari kemudian akan aktif mencari makan, menciptakan sarang, dan lain sebagainya.


Periksa Perkembangan Kelompok Lebah Kelulut


Pemeriksaan perkembangan kelompok lebah kelulut sanggup dilakukan seminggu sekali dengan cara berdiri di samping kanan semoga tidak menutupi jalur terbang madu kelulut dan tidak disengat. Angkat kotak secara perlahan, periksa keadaan ratu madu kelulut mulai dari larva, telur, madu kelulut, dan tepung sarinya, pastikan semuanya ada perkembangan. Setelah selesai, tutup kembali menyerupai semula.


Cara meningkatkan daya kerja kelompok madu kelulut dalam membangun sarangnya yaitu dengan melaksanakan pengaturan sarang. Pindah sisiran sarang dengan urutan daerah madu kelulut dan tepungsari, telur dan larva, dan kosong semoga dipakai untuk membangun sarang di bab tersebut, hal ini biasanya dilakukan pada ekspresi dominan menjelang panen madu kelulut.


Pemindahan Kelompok Lebah Kelulut


Lakukan pemindahan kelompok lebah kelulut alasannya yaitu lebah kelulut membutuhkan jenis bunga tertentu dalam jumlah yang besar, sehingga perlu didekatkan dari satu bunga ke bunga lainnya. Lakukan pada waktu senja, sesudah semua madu kelulut masuk ke dalam kotak, tutup pintu masuknya, bingkai sarang yang berisi madu kelulut diambil dan diganti dengan fondasi sarang. Selah hingga di daerah baru, esok harinya pintu kotak buka secara sedikit demi sedikit semoga madu kelulut pekerja sanggup bekerja mencari makan.


Mengembangkan Kelompok Madu kelulut


Kelompok madu kelulut harus kuat, yaitu mempunyai 8 sisiran yang penuh madu kelulut, ratu madu kelulut juga dalam keadaan aktif bertelur, madu kelulut pekerja ulet mencari makan, dan kelompok bebas hama serta penyakit. Cara untuk memenuhinya maka harus pastikan lingkungan sekitar mempunyai pakan yang cukup yaitu bunga bunga yang segar.


Persiapan Masa Panen Madu Kelulut


Persiapan pemanenan madu kelulut yaitu isi kotak madu kelulut dengan sisiran kosong, letakkan di atas kotak eram, diantara kedua kotak tersebut pasang penyekat untuk ratu madu kelulut. Sisiran kotak yang telah berisi madu kelulut dan tertutup lilin merupakan sisiran madu yang siap untuk dipanen, sedangkan sisiran yang belum terdapat lapisan lilin atau belum genap 7 hari dan masih banyak kadar airnya maka itu belum siap untuk dipanen.


Demikian artikel pembahasan wacana “Panduan Lengkap Cara Budidaya Madu Kelulut atau Madu Klanceng Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Budidaya Madu Kelulut atau Madu Klanceng Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel