Panduan Lengkap Cara Ternak dan Merawat Burung Cililin Bagi Pemula Agar Sukses

Panduan Lengkap Cara Ternak dan Merawat Burung Cililin Bagi Pemula Agar Sukses – Burung Cililin (Platylophus Galericulatus) merupakan salah satu jenis burung kicau yang mempunyai bunyi panjang dan keras. Burung yang masih berkerabat dengan burung gagak ini, sering dijadikan sebagai burung pemasteran pada burung kicau lainnya menyerupai burung kacer, burung cucak ijo sampai burung murai batu.


Ada 2 jenis burung cililin adalah burung cililin cokelat (banyak ditemukan di hutan sumatera) dan burung cililin hitam (banyak ditemuka di hutan jawa). Ciri-ciri burung cililin ini diantaranya mempunyai bentuk tubuh yang besar, terdapat jambul pada bab kepalanya serta bab tengkuk berwarna putih kombinasi hitam dan juga bulu pada bab ekor panjang dan agak lebar.


Cara Ternak Budidaya Burung Cililin Bagi Pemula


Persiapan Kandang Ternak Burung Cililin


Kandang yang perlu disiapkan untuk burung cililin sanggup berupa sangkar atau sangkar permanen. Pastikan sangkar tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil biar burung lebih nyaman.


Proses Pendekatan dan Penjinakan Burung Cililin


Lakukan pendekatan dan penjinakan burung cililin ini dengan baik, alasannya tanpa adanya pendekatan yang baik, sanggup saja burung cililin yang sedang dipelihara justru akan menjadi stres dan pada hasilnya akan mati.


Makanan Burung Cililin


Pakan yang diberikan pada burung cililin sanggup berupa voer, jangkrik dan kroto. Selain itu, sanggup juga diberi pakan buah-buahan menyerupai pepaya atau pisang. Selain diberi pakan, berikan pula vitamin bagi burung biar burung mempunyai daya tahan tubuh yang baik.


Cara Merawat Burung Cililin


Pasokan oksigen yang baik akan membantu pertumbuhan dan perkembangan burung cililin menjadi lebih cepat, untuk itu lakukan pengembunan atau angin-anginkan burung pada pukul 05.00-05.30 seusai subuh.


Jaga kebersihan burung dengan memandikannya, cara memandikan burung cililin sanggup dilakukan dengan menyemprotkan air dari luar sangkar atau mengusapkan air secara perlahan ke tubuhnya. Setelah dimandikan, jemur burung dibawah sinar matahari selama 15-40 menit.


Selain itu, lakukan pencucian sangkar secara rutin biar burung cililin tidak gampang terjangkit penyakit, ganti pula pakan dan air minumnya setiap hari.


Demikian artikel wacana “Panduan Lengkap Cara Ternak dan Merawat Burung Cililin Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Ternak dan Merawat Burung Cililin Bagi Pemula Agar Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel